Perlahan tapi pasti, agensi Virtual Youtuber multinasional Hololive akan berhenti beroperasi di Tiongkok. Hal tersebut dipastikan dari pengumuman agensi asal Jepang tersebut, terkait anggota mereka yang akan graduate dalam waktu dekat.

Graduate secara perlahan mulai November

Hololive China pengumuman
FOTO: Cover Corp

Dalam pengumuman yang diunggah melalui akun Twitter cabang Inggris, Hololive menyatakan bahwa lima anggota asal China tersebut akan mengakhiri siarannya, paling awal pada tanggal 18 November 2020, dan paling lambat pada tanggal 27 Desember 2020.

Daftar graduation anggota Hololive China adalah sebagai berikut:

  • Civia: Rabu, 18 November 2020
  • Artia: Sabtu, 19 Desember 2020
  • Yogiri: Minggu, 20 Desember 2020
  • Doris: Sabtu, 26 Desember 2020
  • Rosalyn: Minggu, 27 Desember 2020

Jadwal tersebut belum dapat dipastikan, akankah dimulai pada waktu Tiongkok, atau waktu standar Jepang. Tanggal graduation, ungkap Hololive, dapat saja berubah sewaktu-waktu.

Sempat digosipkan bergerak independen

Hololive CN Bubar
Gambar: bilibili (https://www.bilibili.com/video/av541024922/)

Sebelum konsensus untuk menutup dan men-graduate seluruh anggota Hololive China, terungkap bahwa anggota yang berada dalam naungan divisi Tiongkok tersebut akan bergerak secara independen.

Pada Oktober lalu, anggota-anggota Hololive China langsung melakukan sejumlah tindakan agar terlihat independen. Seperti misalnya Artia, talenta virtual yang digosipkan menjadi ‘dalang’ dalam permasalahan Antis versus Fans Hololive ini langsung mengubah username Twitter-nya menjadi @Artia_OW, menandakan lepasnya Artia dari agensi VTuber terbesar di Jepang tersebut.

Doris melalui live podcast via Bilibili menyatakan bahwa akan melanjutkan kegiatan VTuber-nya secara independen. Ia mengatakan akan investasi penghasilan dari aktivitas tersebut dari bulan Oktober ini untuk membawakan model 3D-nya dalam waktu dekat.

Sementara itu, talenta virtual Civia juga akan berjalan independen dalam kegiatan VTuber-nya. Pada awalnya, Ia mengaku telah menyiapkan livestream spesial untuk memamerkan model 3D-nya pada November nanti, bertepatan dengan ulang tahunnya.

Tentang Hololive

hololive english debut
Anggota dalam Hololive English | FOTO: Cover Corp

hololive Production merupakan agensi Vtuber dari Jepang yang berada di bawah naungan Cover Corporation. hololive sendiri sudah terkenal sampai mancanegara terutama di Tiongkok dan di Indonesia.

hololive sudah memiliki 2.7 juta lebih subscriber di Youtube dan 3,5 juta penggemar di Bilibili. Sebelumnya hololive telah melebarkan sayapnya ke negara China dan sampai akhirnya berkesempatan untuk memulai debut pertamanya di Indonesia.

hololive sudah mempunyai 4 generasi dan itu belum termasuk generasi lainnya seperti Inonaka Music, Holostars. hololive GAMERS (ホロライブゲーマーズ), Holoive China dan Hololive Indonesia sendiri yang akan memulai debut pertamanya 

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio