Melalui rilis persnya, aplikasi baca manga berbayar Mangamo mengumumkan bahwa mereka akan merilis manga Japan Sinks 2020. Manga tersebut diadaptasi dari anime yang sama, yang akan dirilis di Netflix.

Bakal dirilis secara mingguan

Mangamo menyebutkan bahwa manga yang diadaptasi dari novel thriller dengan judul yang sama ini bakal diterbitkan secara mingguan pada awal bulan Juli ini. Penerbitannya setelah minggu pertama debut akan dijadwalkan ulang yakni secara dwi-mingguan.

Manga Japan Sinks 2020 sendiri dibuat atas kolaborasi antara Mangamo, Comicsmart, serta Avex. Co-Founder Mangamo, Sasano Yusuke menyebut bahwa manga tersebut dapat menggambarkan versi animenya (pada rilisan Netflix) dengan pandangan yang berbeda.

“(Hal ini yang) kami harapkan dapat memicu imajinasi orang-orang di seluruh dunia,” ujar Sasano. Di sisi lain, produser manga tersebut, Nori Ueki menyebut bahwa guna memproduksi manga yang serupa dengan versi Anime, ia harus mengambil inspirasi dari novel orisinil Japan Sinks guna mengeksplorasi cerita, karakter, sekaligus arcs yang baru dan berbeda.

Sinopsis Japan Sinks 2020

Japan Sinks 2020
FOTO: Netflix

Berikut adalah sinopsis dari anime Japan Sinks 2020, diterjemahkan dari Yahoo Japan:

Tokyo tahun 2020, tepat beberapa bulan sebelum Olimpiade Musim Panas akan dimulai. Sebuah gempabumi menguncang Jepang sangat keras dan mengakibatkan sebagian besar wilayah kepulauannya tenggelam termasuk Tokyo dan kota-kota besar lainnya.

Adalah Ayumu Muto, bersama adiknya Go, yang terpisah dari keluarganya semenjak peristiwa naas terjadi. Ia dan keluarga tinggal di suatu permukiman suburban Tokyo tidak jauh dari pusat kota. Ketika gempa terjadi, hanya keduanya yang selamat sedangkan anggota keluarga lainnya tidak diketahui nasibnya.

Cerita dari anime ini menggambarkan pentingnya bertahan hidup pasca gempa ketika tidak memiliki harta lagi selain hanya tinggal sanak saudara seorang. Disinilah Muto bersaudara mengerahkan segala kemampuannya agar bisa tetap hidup dan dapat menyongsong masa depan setelah tragedi ini…

Tentang Japan Sinks 2020 dan Masaaki Yuasa

Japan Sinks 2020 (Nihon Chinbotsu/Jepang Tenggelam) adalah novel thriller bertemakan bencana alam hasil karya Sakyo Komatsu tahun 1973. Novel ini diadaptasi beberapa kali di Jepang, diantaranya dua film yang dirilis tahun 1973 dan 2006.

Novel ini pernah diadaptasi dalam format manga, dan digambar oleh Tokihiko Ishiki yang juga terbit di Indonesia oleh penerbit Level Comics. Novel ini menginspirasi banyak tema bencana alam, terutama gempa bumi, yang sudah lumrah dijadikan sebagai plot point di pelbagai anime, manga dan banyak format entertainment lainnya di Jepang.

Adapun sutradara Masaaki Yuasa sendiri sudah berkecimpung di dunia anime Jepang sejak lama dan membuahkan karya-karya yang dikenal oleh semua fansnya. Diantaranya, The Tatami Galaxy, kemudian serial animasi Ping-Pong yang diadaptasi dari manga yang berjudul sama dan Devilman: Crybaby yang juga telah diangkat di Netflix setahun silam.

Mangamo, aplikasi baca dan langganan manga khusus iOS

Mangamo sendiri menggunakan sistem berlangganan, berbeda dari Mangamon yang menggunakan sistem pembelian per-volume buku ataupun Manga Plus milik Shueisha yang tidak dipungut biaya. Biaya berlangganannya sendiri sekitar $4.99 Dollar Amerika Serikat perbulannya.

Aplikasi baca manga ini sendiri tentunya bebas iklan, memudahkan para penggunanya untuk membaca dengan nyaman. Selain itu, aplikasi ini legal dan menghadirkan judul-judul manga terbaru yang diterjemahkan secara profesional oleh para ahlinya.

Mangamo sendiri mengklaim bahwa app mereka akan memiliki 300 judul manga serta 1000 volume manga dalam tiga bulan kedepan, serta beberapa judul bahkan ada yang belum terjemahan bahasa Inggrisnya sekalipun.

Manga yang telah tersedia di Mangamo sendiri adalah Attack on Titan, Somali & The Forest Spirit, Fire Force, Arte, Dropkick my Devil, Akatsuki Babies, Reset Game, dan Daily Meteor Strike. Aplikasi tersebut juga akan diperbaharui secara rutin.

Bagi kalian yang berminat untuk menggunakan Mangamo, kalian bakal mendapatkan akses free trial selama dua bulan apabila kalian mendaftar dalam app tersebut dalam waktu yang terbatas. Aplikasi baca manga yang legal itu dapat diunduh dan digunakan pada sistem operasi iOS untuk iPhone serta iPad di Link Berikut.

Nawala Karsa NK Kurio