Jika kalian mendengar kata mumi, kalian pasti membayangkan sosok makhluk menyeramkan yang ada dibalik balutan perban ditubuhnya. Baru-baru ini sekelompok ilmuwan berhasil memproduksi suara dari sebuah mumi yang berumur 3000 tahun.

Loh, kok bisa?! Daripada bingung dan penasaran, yuk kita cari tahu bersama! Semoga saja mumi tersebut tidak mengeluarkan suara WRYYYYY.

Mumi Berumur 3000 Tahun Dapat Mengeluarkan Suara

Dilansir dari BBC, para ilmuwan dari Royal Holloway, Universitas London, Universitas York dan Museum Leeds berhasil memproduksi sebuah suara yang berasal dari mumi berumur 3000 tahun. Berdasarkan dari hasil penelitian, mumi tersebut merupakan tubuh dari pendeta Mesir bernama Nesyamun. Para peneliti tersebut menyebutkan bahwa suara yang dihasilkan dari mayat yang dibaluti tersebut terdengar seperti suara domba.

Asak Usul Mumi Nesyamun

Menurut hasil penelitian, Nesyamun merupakan seorang pendeta Mesir di masa pemerintahan Firaun Ramses XI antara tahun 1099 dan 1069 SM. Sebagai sosok pendeta yang dihormati di Temet, Nesyamun membutuhkan suara yang keras dalam proses ritualnya.

Meskipun Nesyamun telah mati dan diawetkan, dengan teknologi canggih di masa ini, para peneliti berhasil menghidupkan kembali suara yang dimiliki Nesyamun. Hingga saat ini, para peneliti tersebut berusaha menghidupkan kembali suara asli dari Nesyamun.

Arkeolog Mesir Membuka Peti Mati Berumur 2500 Tahun

Arkeolog Mesir The Pillar Men Dio Brando JoJo

Berbicara mengenai mumi, kami ada berita menarik hanya untuk para pembaca setia Nawala Karsa. Pada bulan Oktober 2020, sekelompok arkeolog dari Mesir baru saja menemukan sebuah penemuan besar. Mereka menemukan sebuah sarkofagus atau peti mati yang diperkirakan berumur 2500 tahun. Penemuan ini ditemukan di daerah Saqqara Necropolis di Giza.

Para peneliti juga membuka peti mati secara publik dan memperbolehkan para wartawan media untuk mengambil foto momen langka tersebut. Isi peti mati tersebut berupa manusia yang telah diawetkan dengan banyak perban atau biasa disebut dengan mummy. Selain mumi mereka juga menemukan penemuan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penemuan sarkofagus atau peti berumur 2500 tahun oleh arkeolog Mesir, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio