Tahukah kalian, kalau selain dijadikan film animasi, Tenki no Ko juga diadaptasi menjadi sebuah serial manga? Bulan ini, ada pengumuman penting terkait kelanjutan perilisan serial manga tersebut.

Setelah terbit di majalah manga Afternoon milik penerbitan Kodansha sejak Juli 2019 lalu, diumumkan pada Rabu kemarin (22/7) bahwa manga Tenki no Ko yang digarap oleh Wataru Kubota akan berakhir pada edisi selanjutnya, yaitu edisi bulan Agustus, dari majalah tersebut.

Volume tankobon ketiga dan terakhir dari adaptasi manga Tenki no Ko ini juga akan mulai dijual pada bulan Oktober 2020 nanti. Sementara itu, di Amerika Utara, serial manga ini telah dilisensi dan akan diterjemahkan oleh penerbit Vertical. Volume tankobon pertama versi bahasa Inggrisnya akan mulai dijual pada tanggal 1 September mendatang.

Tentang Tenki no Ko

Tenki no Ko, atau Weathering with You, merupakan film animasi Jepang garapan sutradara Makoto Shinkai yang dirilis pada musim panas tahun 2019. Berkisah tentang seorang pemuda perantauan dan seorang gadis yang dapat mengendalikan cuaca serta dapat membuat langit cerah kembali, film ini telah sukses menarik hati banyak kalangan.

Film Tenki no Ko juga telah diadaptasi menjadi sebuah novel yang juga digarap oleh Makoto Shinkai dan telah diterbitkan secara  pada 18 Juli 2019, buku anak-anak untuk para pembaca muda yang masih duduk di bangku sekolah, dan juga manga berjudul sama yang digarap oleh Wataru Kubota sejak Juli 2019.

Selain meraup keuntungan yang besar dalam tiga hari pertama penayangannya di bioskop-bioskop di Jepang, film ini juga menuai banyak apresiasi dan penghargaan dari sejumlah ajang penghargaan film di seluruh dunia. Sebut saja Audience Award dari ajang Animation Is Film Festival di Los Angeles, Amerika Serikat, lalu penghargaan Best Animated Feature Film dari Asia Pacific Screen Awards.

Film Tenki no Ko juga mendapatkan penayangan khusus sebagai bagian dari film-film yang ditampilkan dalam sebuah ajang festival film ternama di dunia, Toronto International Film Festival (TIFF).

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio