Apa yang biasanya NawaReaders ingat tentang Turnamen eSports? Biasanya pasti akan terlintas di pikiran mengenai game seperti Mobile Legends, PUBG dan lain-lain. Namun bagaimana jadinya kalau turnamen Kementerian Keuangan tersebut mempertandingkan game klasik Onet dan Zuma?

Kami tidak sedang bercanda. Dalam memperingati Hari Oeang ke-73, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Ministry Of Finance E-Sport Challenge 2019. Acara tersebut mempertandingkan kedua game klasik tersebut.

Pengumuman ini viral berkat cuitan di Twitter. Salah satunya diviralkan oleh @_Rezka. Ia mencuit bahwa ada turnamen berskala nasional yang mempertandingkan kedua game klasik tersebut.

Keberanian Kementerian Keuangan dalam menggelar turnamen ini ditanggapi positif oleh warganet. Tidak hanya terhibur, sejumlah warganet ingin mendaftarkan diri maupun keluarganya – yang berusia dewasa tentunya- ke dalam turnamen ini.

Zuma dan Onet: Game Klasik Untuk Semua Umur

Zuma merupakan game klasik dimana pemain berperan menjadi seekor kodok yang memuntahkan bola berwarna demi menghapus barisan bola tersebut. Game ini hanya hadir dalam 12 level dengan 5 sublevel di dalamnya.

Setiap pemain diberikan 3 nyawa di awal permainan, yang akan berkurang jika bola mencapai lubang yang menganga. Namun jika pemain mampu meraih nilai tertentu, nyawanya akan bertambah. Permainan akan berakhir jika seluruh nyawa telah habis.

Sementara Onet merupakan game dimana setiap pemain ditugaskan menghubungkan dua ubin bergambar sama. Setiap pasangan hanya dapat dihubungkan dengan batas maksimal 2 kali belokan.

Berbeda dengan Zuma, Onet tidak memiliki batasan level dan memiliki opsi untuk bermain dalam batas waktu tertentu. Game ini memiliki 9 pola pergeseran ubin yang dilakukan bergantian setiap levelnya.

Sifat kedua game ini yang ringan dan dapat dimainkan secara offline menjadikannya mudah dinikmati berbagai kalangan. Tak jarang kalangan dewasa – termasuk sejumlah PNS – terlihat menghabiskan waktu dengan memainkan kedua game tersebut.

NawaReaders tertarik mengikuti Turnamen Onet dan Zuma dari Kementerian Keuangan ini?


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Nawala Karsa NK Kurio