Meramaikan peluncuran Playstation 5, beberapa game sudah direncanakan untuk rilis pada kuartal keempat tahun ini. Tepatnya pada liburan Natal yang jatuh di hari 25 Desember. Nawala Karsa membuat daftar dibawah yang sudah disajikan dari masing-masing pengembang gim saat siaran langsungnya malam Jumat kemarin!

Judul-judul dibawah akan dirilis hanya untuk konsol PS5, dan beberapa diantaranya masih dalam tahap pengembangan hingga kabar lanjut dari tiap developer gimnya.

Horizon: Forbidden West

Merupakan sekuel dari Horizon: Zero Dawn, gim yang menceritakan zaman postmodernisme akan diumumkan tanggal rilisnya oleh pengembangnya nanti.

Gran Turismo 7

Seri ketujuh simulasi otomotif ini juga akan dihadirkan eksklusif untuk PS5, yang belum dipastikan akan keluar tahun ini atau tidak.

Ratchet & Clank: Rift Apart

Seri selanjutnya Ratchet & Clank ini akan mengangkat tema menyeberang antar dimensi, yang belum diumumkan kapan akan dirilisnya.

Demon’s Souls

Gim yang menjadi pencetus genre survival action dari franchise Dark Souls, Bloodborne dan lain sebagainya mendapatkan kesempatan untuk hadir kembali oleh Bluepoint Studios dan Japan Studio. Gim ini akan memiliki banyak peningkatan dan tentu saja graphic yang berbeda dari sebelumnya!

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

Gim Spider-Man eksklusif PlayStation 5 ini tidak berkaitan dengan keluaran judul sebelumnya yang dirilis khusus PS4. Miles Morales akan hadir di gim tersebut pada akhir 2020.

Project Athia

Square Enix mengeluarkan trailer proyek mereka berjudul Project Athia, yang masih dalam proses pengembangan. Akankah ini jadi gim Final Fantasy selanjutnya?

Returnal

Sebuah gim survival dengan berformat third-person shooting ini dikembangkan khusus oleh Sony Interactive Entertainment, yang informasinya masih menyusul pengembangan gimnya.

Destruction AllStars

Gim yang memadukan konsep dua gim populer, Twisted Metal dan Fortnite ini, akan hadir khusus bagi konsol PS5. Belum jelas kapan tanggal rilisnya gim tersebut.

Godfall

Datang dari pengembang gim metaserial Borderlands dan Battleborn, gim yang memiliki kesamaan konsep dengan For Honor dari Ubisoft akan dirilis nanti khusus PS5.

Sackboy: A Big Adventure

Sebuah judul spin-off dari Little Big Planet, gim yang mengutamakan mode co-op ini akan dirilis kepada pengguna PS5 tahun ini.

Astro’s Playroom

Selain Sackboy, gim komunitas ini juga akan dirilis khusus pengguna PlayStation 5, yang akan keluar tahun ini.


Beberapa gim dibawah ini tidak melulu eksklusif hanya tersedia di konsol PS5 saja. Namun, dikabarkan bahwa judul-judul dibawah ini akan hadir ke dalam platform konsol rivalnya, bahkan untuk PC sekalipun!

Resident Evil VII: Village

Dirumorkan menjadi seri terakhir yang menutup saga petualangan Chris Redfield, RE 8 ini akan dikeluarkan pada tahun 2021.

Pragmata

Dikembangkan oleh Capcom Jepang, gim yang belum diketahui plot awal maupun gameplay-nya akan direncanakan rilis untuk semua platform gaming terkini pada 2022.

Deathloop

Datang dari pengembang yang juga sukses memproduksi gim Dishonored, gim ini akan direncanakan untuk keluar pada tahun ini

Ghostwire: Tokyo

Mengangkat tema supranatural di kota Tokyo, judul gim ini akan dirilis oleh Tango Gameworks besutan Shinji Mikami (Resident Evil 1-4, Vanquish), yang dirilis di PC dan PS5 eksklusif pada 2021.

Little Devil Inside

Merupakan gim hasil pendanaan dari Kickstarter sejak 2015, Little Devil Inside telah melalui masa produksi dan belum dipastikan kapan gim ini akan dirilis.

NBA 2K21

Belum ada video gameplay dari pengembang 2K Games, Visual Concepts, gim basket NBA ini akan dirilis dalam waktu dekat tepatnya pada akhir 2020.

Solar Ash

Annapurna Interactive, pengembang gim legendaris di PS3, Journey, tengah mengembangkan gim 3D platformer ini dan akan direncanakan rilis 2021.

Bugsnax

Developer yang mengangkat gim Octodad mengeluarkan trailer untuk serial baru mereka, yang akan dirilis sekitar akhir tahun ini. Vokalis Kero Kero Bonito dan Sarah Bonito akan menyanyikan lagu tema gim tersebut.

Kena: Bridge of Spirits

Gim bergenre action-adventure ini mengambil tema fantasi bercampur mode platformer, yang akan dirilis untuk regional Amerika dan Eropa tahun ini.

Goodbye Volcano High

Goodbye Volcano High adalah gim bergenre visual novel yang akan dirilis oleh pengembang KO_OP tahun depan.

Oddworld: Soulstorm

Serial terkini dari pengembang metaserial Oddworld, gim ini akan meramaikan lini peluncuran untuk PlayStation 5 ke semua platform nantinya.

Stray

Selain Solar Ash, Stray, yang menceritakan petualangan seekor kucing di jalanan kota ini, akan dijual ke publik mulai tahun 2021.

Jett: The Far Shore

Gim eksplorasi luar angkasa ini akan tersedia khusus untuk PS4 dan PS5 mulai akhir 2020 ini.

Hitman III bakal hadir di PS5

Terakhir, sekuel ketiga serial Hitman akan tersedia untuk berbagai platform gaming tidak hanya PS5 saja. IO Interactive akan merilis gim tersebut pada Januari 2021 nanti.

Setidaknya ada banyak lagi judul game yang bejibun akan direncanakan rilis khusus maupun non-eksklusif PlayStation 5. Adakah lagi gim favoritmu yang bakal rilis? Jangan lupa untuk berikan komentarmu lewat fanpage NawalaKarsa kita, ya!

Nawala Karsa NK Kurio