Broadcasted by Galau Jikan FM

Tsukumo Sana Umumkan Graduate, Ini Pernyataan Resminya!

Selasa pagi (12/7), VTuber Hololive EN Tsukumo Sana konfirmasikan untuk lulus dari agensi talenta virtual tersebut.

Seno Triadi
tsukumo sana graduate
Gambar: Sanada Ryuuko (https://www.pixiv.net/en/artworks/92464726)

Virtual YouTuber Hololive EN Tsukumo Sana akan segera graduate (lulus) pada siniar langsungnya Selasa pagi (12/7/2022).

Lewat siaran langsungnya, rencananya ia akan berpisah dari grup Hololive EN generasi kedua pada Minggu (31/7/2022) mendatang.

Tsukumo Sana sendiri belum dapat ungkapkan alasan mengapa ia graduate dari Hololive, dikarenakan alasan yang tak bisa ia sebutkan.

Pernyataan dari Cover Corp resmi mengungkapkan alasan di balik lulusnya Sana. Pihaknya telah berdiskusi beberapa kali dengan Tsukumo Sana mengenai arah kegiatannya.

“Namun, seiring berjalannya waktu, menjadi sulit baginya untuk melanjutkan aktivitas VTuber-nya,” tulis pernyataan tersebut.

Setelah banyak pertimbangan antara keduanya, Cover telah memutuskan untuk menghormati permintaan dari Sana untuk graduate dalam waktu dekat.

Dengan pengumuman tersebut, Tsukumo Sana akan menjadi talenta virtual pertama yang akan berpisah dengan agensi Hololive Production untuk divisi Inggris.

Jadwal Sebelum Graduate

Sebuah gambar teaser untuk siaran kolaborasi bersama Hololive EN 2 sebelum Sana lulus. | Gambar: [email protected]

Di tengah livestream tersebut, Tsukumo Sana juga umumkan sejumlah kegiatan sebelum graduate Minggu (31/7) tersebut.

Pertama, mulai Rabu (13/7) hingga Rabu (20/7), Sana akan berkolaborasi dengan sejumlah VTuber Hololive lainnya.

VTuber yang memiliki fanbase bernama Sanallite itu tidak ungkapkan lebih lanjut soal jenis siniar yang akan Ia partisipasi nantinya.

Untuk Kamis (21/7) nanti, Sana juga akan melakukan siniar lagi bersama anggota konsil HoloEN lainnya dalam bentuk chibi.

Sana mengatakan bahwa acara ini akan seru dan bagi para Sanallite pasti terjamin terhibur dengan livestream tersebut.

Tsukumo Sana juga menyebutkan bahwa Ia masih akan hadir untuk livestream mabar Super Smash Bros bersama VTuber lainnya, sebelum benar-benar lulus.

Tsukumo Sana, Sang Angkasa Anggota Hololive Council

Virtual YouTuber Tsukumo Sana merupakan salah satu talenta virtual di dalam generasi kedua Hololive Inggris, atau terkelompokkan sebagai Hololive Council. Sana debut pertama kali pada Senin (26/7/2021).

Sejak debut awal di Hololive EN sebagai generasi kedua bersama Ouro Kronii dan kawan-kawan, ia telah mendapatkan sebanyak 346.000 subscribers dari 94 siaran yang telah ia lakukan setelah setaun di Hololive.

Sejauh ini, Sana telah merilis single atas namanya sendiri berjudul Astrogirl, dengan komposer dan aransemen musisi Ujico*/Snail’s House, dan lirik oleh WUNDER RiKU.

Single Astrogirl bisa NawaReaders dengarkan melalui sejumlah platform musik resmi, termasuk tautan Spotify ini.

Tsukumo Sana merupakan anggota dari Hololive Council dengan figur tertinggi. | ©2016 Cover Corp.

Berikut ini cerita singkat tentang Tsukumo Sana, terjemahan oleh penulis:

“Umat manusia masih terlalu dini untuk mengerti.”

Anggota dewan pertama mewakili “Angkasa”. Ia mulai menggeluti astrologi setelah “terlahir” dalam dunia manusia. Jangan tertipu dengan penampilannya, karena keperawakannya yang sebenarnya adalah seorang wanita dengan paras masih muda.

Suatu hari, Ia menemukan sebuah Kebenaran Terlarang yang menjelmanya menjadi salah satu dari jurubicara Ancient Ones, sebuah bangsa dari peradaban terdahulu.

“Angkasa” sendiri tidak cuma sebuah tempat tinggal bagi manusia, namun merupakan suatu zat dan dimensi berada. Ruang tersebut masih dapat berkembang lebih luas lagi, yang memotivasi manusia untuk mengeksplorasinya lebih jauh. Tetap saja, bagi Sana, pemahaman manusia akan angkasa masih terlalu dangkal dan jauh untuk ditelusuri.

Bagaimanapun demikian, sebagai pecinta VTuber NawaReaders perlu memaklumi dengan keputusan yang Sana ambil. Semoga Tsukumo Sana bisa melangkah lebih jauh di semesta selanjutnya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.