Rayakan Anniversary, Pokemon Kerjasama dengan Asosiasi Sumo Jepang

Wahyu Nurramadan Widayanto
Pokemon Sumo Asosiasi Jepang

Memperingati anniversary ke-25, Pokemon menjalin kerja sama dengan salah satu olahraga khas Jepang, sumo. Dalam kerja sama ini, Pokemon akan terlibat dalam turnamen Grand Sumo yang diadakan di Fukuoka Bulan November dan turnamen Tokyo yang akan diadakan Bulan Januari tahun depan.

Keterlibatan Pokemon dalam turnamen sumo, akan terlihat dari spanduk bertema Pokemon yang dipasang di venue acara. Bahkan, rumornya akan dipajang gambar lebih dari 200 Pokemon yang berbeda, setelah sebelumnya diperlihatkan spanduk bergambar Pikachu dan Makuhita, sebagai ikon dari Pokemon.

Selain itu, pakaian bertema Pokemon juga akan dijumpai selama turnamen sumo berlangsung, karena wasit akan menggunakan Gyoji Shozoku bertema Pokemon dan para pegulat juga akan menggunakan Keshomawashi dengan tema serupa.

Mengenalkan Sumo Pada Dunia melalui Pokemon

Sebagai olahraga klasik khas Jepang, sumo menggabungkan kemampuan atletis yang dipadukan dengan tradisi agama serta budaya Jepang. Namun, apabila dilihat dari perpektif yang lebih luas, banyak pihak yang menyebutkan bahwa Pokemon memiliki kemiripan dengan sumo, karena sama-sama mengusung pertarungan satu lawan satu. Tidak hanya sekedar mirip, kini kedua hal tersebut dipadukan dalam kerja sama yang dijalin keduanya.

Terkait kerja sama yang terjalin antara Pokemon dengan Asosiasi Sumo Jepang, presiden Tsunekazu Ishihara, menyampaikan bahwa dirinya merasa senang dan terhormat karena bisa menjalin kerja sama dengan asosiasi tersebut.

Dirinya juga berharap, dengan adanya kerja sama ini, para penggemar Pokemon di seluruh dunia, baik itu anak-anak atau pun orang dewasa, dapat belajar banyak hal tentang budaya dan tradisi sumo di Jepang, dengan balutan nuansa Pokemon di dalamnya.

Rangkaian Kerjasama dalam Anniversary ke-25

Selain menjalin kerja sama dengan sumo dalam peringatan anniversary ke-25, brand tersebut sudah lebih dulu menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, seperti Katy Perry dan Universal Studio Jepang yang berlokasi di Osaka.

Dalam kerja sama yang dijalin dengan Katy Perry, dapat dilihat dari video musik “electric” yang dirilis oleh penyanyi asal Amerika Serikat tersebut. Dalam klip video itu, terlihat Katy Perry tampil bersama dua Pokemon, Pikachu dan Pichu.

Untuk kerja sama antara Pokemon dengan Universal Studio Jepang, disebutkan akan terealisasi tahun depan. Meskipun belum banyak informasi yang disampaikan, namun Universal Studio Jepang disebut akan menciptakan dunia Pokemon dalam taman hiburan mereka. Sayangnya, belum diungkapkan detail dari atraksi serta hiburan bertema Pokemon yang akan disajikan kepada pengunjung yang datang.


Penulis: Wahyu Nurramadan