Toshio Hayakawa, alias Ichirou Mizuki, dan lebih akrab disapa dengan nama panggung Aniki, mengumumkan informasi mengenai penyakit pita suara yang tengah ia derita. Dalam konser live Super Robot Spirit 2021 ia menceritakan tentang gejala yang ia alami, dimana gejala-gejala tersebut mengarah pada penyakit bernama partial vocal cord paralysis.

Lewat cuitan Twitter nya, Aniki mengucapkan terima kasih kepada para fans, serta penonton konser live nya. Kondisi pita suaranya perlu diperiksa lebih lanjut, namun ia akan berusaha untuk merawatnya agar tidak merepotkan pihak-pihak lain. Kejadian ini merupakan pertama kali ia alami selama 50 tahun karirnya sebagai penyanyi, dan ditutup dengan kata-kata penyemangat.

Tweet milik Aniki dengan mendapat berbagai balasan dari para fans, yang mengutarakan dukungan untuk kesehatannya.

Bagaimana karir Ichirou Mizuki bermula?

Ichirou Mizuki memulai debutnya dengan merilis single Kimi ni sasageru, Boku no Uta pada tahun 1948. Karya musik pertamanya yang berkaitan dengan dunia popkultur Jepang merupakan Genshi Shonen Ryu ga Yuku, lagu tema untuk anime Genshi Shonen Ryu. Setelahnya, Ichirou Mizuki semakin aktif mengisi lagu-lagu pembuka untuk judul anime, maupun tokusatsu.

Beliau menciptakan lagu untuk seri-seri legendaris seperti Kamen Rider, Mazinger, Ganbarre! Robocon, Tekkaman, dan masih banyak lagi. Ichirou telah menulis sebanyak 1200 lagu, baik untuk seri anime dan tokusatsu. Pada tahun 1970-an, ia dinobatkan sebagai ‘Raja Lagu-Lagu Anime (Aniking)’, bersama dengan Mitsuko Horie sebagai ‘ratu’, dan Hironobu Kageyama sebagai ‘pangeran’.

Aniki pernah datang di Indonesia pada ajang Anime Festival Asia 2012. Waktu itu, ia tampil dalam konser bertajuk Super Anisong Stage bersama LiSA, KOTOKO, dan STEREOPONY.

Penyebab Kelumpuhan Pita Suara

Paralisis, alias kelumpuhan pada pita suara terjadi ketika saraf di sekitar kotak suara (larynx) terganggu, sehingga menyebabkan kelumpuhan otot di sekitar pita suara. Penyakit ini dapat mempengaruhi bicara seseorang, serta kelancaran bernafasnya. Penyebab dari penyakit ini bisa jadi karena operasi, infeksi, kanker, maupun faktor-faktor lainnya.

Tergantung pada seberapa parahnya penyakit pita suara ini, pasien seperti Ichirou Mizuki masih dapat pulih dengan perawatan tepat. Butuh beberapa bulan observasi untuk kemudian bisa diambil tindakan bagi penderita kelumpuhan pita suara.

Nawala Karsa NK Kurio