Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022
Musik  

Bisa Diputar Tiap Hari, Ini 8 Rekomendasi Lagu Vocaloid Terbaik dan Enak Didengar

Mudahnya Vocaloid diakses semua orang membuat banyaknya lagu versi Vocaloid yang ada. Nah, berikut rekomendasi lagu Vocaloid yang cocok buat kamu hari ini!

Pasthiko Pramudhito P
Lagu vocaloid terbaik
Para ikon vocaloid sedang manggung | FOTO: yahhoooi.net | EDIT: Pasthiko Pramudhito

Lagu Vocaloid merupakan suatu jenis lagu yang unik dimana penyanyinya bukan manusia. Vocaloid sendiri merupakan software musik yang diproduksi Yamaha Corporation pada awal 2000an silam. 

Hal yang menarik dari Vocaloid adalah kita bisa membuat lagu tanpa harus bisa bernyanyi. Itu karena Vocaloid menyediakan sejumlah sampel suara yang bisa kita kreasikan sesuka hati. 

Sampel suara yang terkenal dari Vocaloid ini tentunya adalah Hatsune Miku. Siapa yang tak kenal dengan karakter berambut biru muda tersebut? 

Selain Miku, beberapa sampel suara lain yang terkenal antara lain adalah Kagamine Rin dan Len, Meiko, IA, dan lain-lain. Setiap sampel suara Vocaloid itu juga punya desain karakter yang mewakilkan sampel suaranya. 

Vocaloid Punya Penikmat yang Besar di Indonesia

Konser Hatsune Miku
Suasana kemeriahan konser vocaloid | FOTO: crypton.co.jp | EDIT: Pasthiko Pramudhito

Lagu Vocaloid memang punya fenomenanya sendiri di kalangan para penggemar musik. 

Bahkan, salah satu karakter Vocaloid, Hatsune Miku sudah manggung di mancanegara termasuk Indonesia beberapa tahun silam. 

Di Indonesia sendiri juga sudah banyak bertebaran di Youtube lagu-lagu Indonesia yang dijadikan versi vocaloid. 

Vocaloid memang bisa dibilang mudah digunakan sehingga banyak pembuat musik baik yang hebat maupun amatir bisa membuat musik dari vocaloid ini.

Dari banyaknya lagu-lagu Vocaloid yang ada, Nawala Karsa punya rekomendasi lagu Vocaloid terbaik yang bisa Nawareaders dengarkan setiap harinya di tiap suasana.

Tanpa perlu lama-lama berikut lagu-lagu vocaloid terbaik versi Nawala Karsa.

1. “Dramaturgy” – EVE featuring Hatsune Miku

Fans anime Jujutsu Kaisen pasti tak asing dengan nama EVE. Ia adalah penyanyi lagu opening pertama dalam anime Jujutsu Kaisen dengan tajuk “Kaikan Kitan”. 

Lagu lainnya yang terkenal dari EVE adalah “Dramaturgy”. Lagu ini cocok didengarkan pada setiap suasana.

Lagunya menghentak dan irama yang cepat dibawakan oleh suara lucu dari Miku jadi perpaduan yang menarik untuk didengarkan.

2. “Levan Polkka” oleh Otomania feat Hatsune Miku

Lagu Vocaloid terbaik Levan Polka
Hatsune Miku dalam musik video “Levan Polka” | FOTO: youtube PlayerMiku | EDIT: Pasthiko Pramudhito

Ada yang familiar dengan lagu ini? Yap, lagu “Levan Polkka” biasanya menjadi lagu pengiring senam di sekolah-sekolah di Indonesia. Lagu aslinya berasal dari Finlandia yang rilis tahun 1930-an. Namun yang terkenal adalah versi Vocaloid-nya dari Hatsune Miku. 

Nyatanya lagu “Levan Polkka” versi Vocaloid  ini emang enak buat di jogetin. Makanya, tak heran lagu ini cocok untuk menjadi pengantar senam, khususnya senam pinguin yang viral beberapa tahun yang lalu.

Pada musik videonya terdapat adegan ikonik dari Hatsune Miku yang menjadikannya populer, yakni Miku mengibas-ngibas daun bawang.

3. “Yang Terdalam” oleh Aurelio feat Hatsune Miku

Di dalam negeri ada lagu ciptaan band kenamaan, Peterpan atau Noah yang dibuat versi vocaloid-nya.

Mendengar lagu “Yang Terdalam” versi Vocaloid ini terbilang akan merasakan sensasi yang berbeda. Bagaimana Miku menyanyikan lagu ini dengan aksen Jepang yang nagih buat dengar terus. 

4. “Fire Flower” oleh halyosy feat Kagamine Len

Fire Flower” jadi salah satu lagu vocaloid andalan Kagamine Len. Lagu ini jadi salah satu lagu hits di awal kemunculan Kagamine Len. 

Lagu “Fire Flower” pernah dibawakan Kagamine Len saat konser di Indonesia pada 2014 lalu dalam Miku Expo Indonesia

Bercerita tentang perasaan Kagamine Len pada seorang perempuan pada musim panas, “Fire Flower” menghadirkan nuansa ceria dalam lagunya layaknya musim panas yang bergelora. 

Namun bagi NawaReaders yang ingin mendengar “Fire Flower” versi yang lebih santai dapat mendengar yang “Sparkler version”-nya. 

5. Lagu Vocaloid Terbaik di Indonesia, “Venus di Ujung Jari” oleh Mohax 2000 feat Hatsune Miku

Lagu Vocaloid Venus di Ujung Jari Terbaik
Penampilan Hatsune Miku di Jakarta saat menyanyikan lagu “Venus di Ujung Jari” | FOTO: SEGA/Crypton Future Media Inc/ Piapro via Binus TV

Lagi-lagi dari Hatsune Miku, mau bagaimana lagi Miku ini memang sudah menjadi ikon dari vocaloid itu sendiri. Lagu Vocaloid dari Miku yang berjudul “Venus di Ujung Jari” punya tempat spesial bagi penggemarnya di Indonesia. 

Lagu “Venus di Ujung Jari” mendapatkan sambutan meriah dari para penggemarnya Indonesia saat Miku membawakannya dalam Miku Expo 2014 silam. 

Selain itu lagu “Venus di Ujung Jari” juga menjadi lagu ending dari series animasi Indonesia berjudul Garuda Riders yang tayang di tahun 2013.

NawaReaders bisa mendengarkan lagu “Venus di Ujung Jari” garapan Mohax 2000 lewat pranala berikut.

6. Lagu Vocaloid Paling Fenomenal, “World is Mine” oleh Ryo Supercell ft Hatsune Miku

Lagu World is Mine Hatsune Miku
Hatsune Miku dalam Miku no Hi Kanshasai 39’s Giving Day | FOTO: SEGA/Crypton Future Media Inc

Lagu Vocaloid rekomendasi kami berikutnya adalah “World is Mine” yang digarap oleh Ryo Supercell dengan voicebank Hatsune Miku.

Lagu ini menjadi yang sangat populer dan paling banyak dikenal oleh khalayak otaku. Tak ayal, dalam kanal YouTube resmi Hatsune Miku, musik tersebut telah ditontoh hampir lebih dari 13 juta penonton.

Lagu “World is Mine” mengisahkan tentang seorang gadis manja yang berkhayal bahwa dirinya merupakan seorang “putri”, dan meyakini bahwa dunia berputar di sekelilingnya.

Kamu bisa mendengarkan lagu “World is Mine” lewat pranala berikut ini.

7. “Goodbye to A World” oleh Porter Robinson ft AVANNA

Lagu Goodbye to A World Porter Robinson AVANNA
Cover art untuk album “Worlds” karya Porter Robinson | FOTO: Teahub

Berbeda dari daftar yang ada diatas, lagu garapan musisi Porter Robinson untuk albumnya yang bertajuk “Worlds” ini menggunakan voicebank Vocaloid berbahasa Inggris.

Bertajuk “Goodbye to A World”, musisi Porter Robinson menggunakan voicebank AVANNA yang sampel suaranya diambil dari penyanyi asal Irlandia bernama Rachel.

Secara ringkas, lagu “Goodbye to A World” mengisahkan tentang seorang gadis yang berpisah dengan seseorang dan hendak mengucapkan salam perpisahannya jelang kiamat.

Lagu dengan lantunan nada yang tak terduga ini bisa kamu dengarkan lewat pranala berikut.

8. “Whatever Whatever Whateveroleh Neru & z’5 feat Kagamine Rin & Len

Lagu “Whatever Whatever Whatever” dari Neru dan z’5 menjadi penutup dalam rekomendasi lagu Vocaloid kali ini. Lagu ini dibuat dengan menggunakan voicebank Kagamine Rin & Len.

Lagu Vocaloid ini pertama kali diunggah di situs Bilibili pada tahun 2017 silam dan dengan cepat menjadi lagu paling populer di situs itu.

Tercatat setidaknya terdapat 14 juta viewers di platform YouTube yang telah mendengarkan musik ini. Meski demikian, lagu dengan nada yang funky ini ternyata punya sedikit rahasia tersembunyi.

Dalam lirik lagu tersebut dinyatakan bahwa kedua karakter dalam lagu tersebut merasa depresi akibat tidak beruntungnya mereka dalam hidup. Bahkan, lirik lagu ini juga menyinggung perihal bunuh diri.

Meski demikian, kedua karakter tetap bersemangat menjalani hidup mereka di hari esok dengan gaya mereka yang bebas serta riang alias carefree.

Itulah 8 rekomendasi lagu vocaloid terbaik pilihan Nawala Karsa. Dari rekomendasi lagu tersebut tadi, NawaReaders paling suka lagu yang mana, nih?