Film, Musik  

Soundtrack Film Shang-Chi Rilis, Hadirkan Hoshino Gen dan 88Rising!

Nadia Theresa Johari

Film terbaru dalam serial franchise Marvel Cinematic Universe, Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings, telah dirilis 3 September 2021. Bersamaan dengan perilisan global film tersebut, sebuah album soundtrack berjudul Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings: The Album juga telah diluncurkan.

Ada yang spesial dalam album ini. Dalam pembuatan musik yang muncul dalam film tersebut beserta dengan albumnya, pihak Marvel menggaet 88Rising, agensi terkemuka yang terdiri dari musisi Asia dan Asia-Amerika, sebagai produser eksekutif.

Album soundtrack dari film Shang-Chi ini juga menampilkan berbagai penyanyi dari berbagai negara, seperti Anderson .Paak, Rich Brian, NIKI, Swae Lee, Gen Hoshino, dan lainnya.

Proses kreatif

film shang-chi marvel

Dalam pengerjaan album ini, 88Rising bekerja sama sebagai produser eksekutif bersama dengan sutradara film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings, Destin Daniel Cretton. Sebagai bagian dari proses kreatifnya, 88Rising menggunakan inspirasi dari San Francisco, sebuah kota di Amerika Serikat yang menjadi latar film tersebut, untuk mengungkap kisah dan pengalaman sebagai orang Asia-Amerika secara lebih mendalam.

Proses penyampaian kisah dan pengalaman tersebut juga berkaitan erat dengan tema yang ada dalam film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings, yaitu tentang keluarga, bagaimana seseorang melihat hubungan keluarga mereka di masa lalu, kini, dan nanti.

88Rising juga membahas tentang kehidupan sehari-hari, persahabatan, dan kisah cinta pertama melalui lagu-lagu dalam Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings: The Album.

Pendiri 88Rising, Sean Miyashiro, mengungkapkan lebih lengkap mengenai proses kreatif ini. Melalui album ini, ia ingin membawa para penyanyi untuk bersatu dan menceritakan kisah tentang cinta sejati dan kenangan saat seseorang tumbuh dewasa.

Ia juga mengatakan bahwa album ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pengorbanan dan dedikasi keluarga yang senantiasa memberikan kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik.

“Kami ingin membuat musik dan menulis lagu untuk merayakan hal-hal tersebut, menghubungkannya dengan tema dari film itu sendiri, yaitu tentang keluarga, keberanian, dan menjalani takdir kita,” kata Sean.

Sementara itu, Cretton mengatakan bahwa musik dalam album ini merupakan “hati dari film Shang-Chi.” Saat memproduksi film ini, Cretton dan segenap kru sering teringat dan terinspirasi dari momen-momen awal proses rekaman album ini.

“Ketika saya pertama kali berbicara dengan Sean tentang ide untuk album ini, kami tahu kami ingin menjadikan album ini sebuah karya tunggal, namun tetap diliputi dengan tema film kami, yaitu nilai kekeluargaan, warisan turun temurun, luka, hingga akhirnya pulih,” kata Cretton.

Sutradara film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings ini juga menambahkan bahwa mereka ingin membuat sebuah album luar biasa yang memberikan alasan lain untuk merayakannya. “Saya senang dapat berbagi musik dan karya dari para penyanyi ini dengan para penggemar di seluruh dunia,” tutupnya.

Daftar lagu

Seperti yang telah disebutkan di atas, Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings: The Album menampilkan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh berbagai musisi Asia dan Asia-Amerika. Beberapa di antaranya adalah sejumlah musisi dari Amerika, Korea, dan Jepang. Ada pula tiga musisi asal Indonesia di album ini, yaitu Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue.

Berikut adalah daftar lagu dalam album Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings: The Album.

1. Always Rising – NIKI, Rich Brian, Warren Hue
2. Diamond + and Pearls – DPR LIVE, DPR IAN, peace.
3. In The Dark – Swae Lee, Jhene Aiko
4. Lazy Susan – 21 Savage, Rich Brian, Masiwei, Warren Hue
5. Nomad – Zion.T, Gen Hoshino
6. Fire in the Sky – Anderson .Paak
7. Lose Control – JJ Lin
8. Every Summertime – NIKI
9. Never Gonna Come Down – Mark Tuan, BIBI
10. Foolish – Rich Brian, Warren Hue, Guapdad 4000
11. Clocked Out! – Audrey Nuna, NIKI
12. Act Up – Rich Brian, Earthgang
13. Baba Says – Various Artists
14. Run It – DJ Snake, Rick Ross, Rich Brian
15. Swan Song – Saweetie, NIKI
16. War With Heaven – keshi
17. Hot Soup – 88rising, Simu Liu
18. Warriors – Warren Hue, Seori

Beberapa lagu yang muncul dalam album soundtrack film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings ini dapat didengarkan dan dilihat video musiknya di situs berbagi video YouTube. Klik di sini untuk mendengarkan seluruh lagu dalam album ini.

Tentang Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings

film shang-chi marvel

Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings adalah sebuah film terbaru dalam Marvel Cinematic Universe yang diproduksi oleh Marvel Studios. Film ini bercerita tentang Shang-Chi yang harus kembali berhadapan dengan masa lalu yang telah ditinggalkannya setelah terjebak dalam organisasi Ten Rings yang misterius.

Film ini dibintangi oleh Simu Liu sebagai Shang-Chi, Awkwafina sebagai Katy, sahabat Shang-Chi, dan Michelle Yeoh sebagai Jiang Nan. Hadir juga sejumlah aktor dan aktris lainnya, seperti Fala Chen, Meng’er Zhang, Florian Munteanu, dan Ronny Chieng.

Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings disutradarai oleh Destin Daniel Cretton. Seperti film Marvel lainnya, Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings juga diproduseri oleh Kevin Feige dan Jonathan Schwartz. Louis D’Esposito, Victoria Alonso, dan Charles Newirth menjadi produser eksekutif. Bersama dengan David Callaham dan Andrew Lanham, Cretton juga menjadi penulis naskah untuk film ini.