Hayao Miyazaki Dianugerahi Penghargaan Kawakita Award

Naufal Alfarizy
Hayao Miyazaki Kawakita Award
Hayao Miyazaki saat konferensi pers pengumuman film anime The Wind Rises | FOTO: Animation Magazine

Tahun ini, Institut Film Memorial Kawakita atau Kawakita Memorial Film Institute menganugerahkan penghargaan tahunan Kawakita Award ke-38 kepada pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki pada hari Rabu (28/8) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Hayao Miyazaki sebab ia telah banyak berjasa dalam mengembangkan dunia perfilman, seni, dan budaya di negeri sakura tersebut. Ia turut membuka gerbang bagi film Jepang untuk dapat melakukan pertukaran budaya di kancah Internasional.

Mengutip Asahi Shimbunpenghargaan Kawakita Award diberikan kepada sutradara film Spirited Away tersebut karena kesuksesan film-film yang ia buat, yang turut memberikan impian sekaligus inspirasi bagi banyak kalangan, tak hanya Jepang namun juga Internasional.

Penghargaan Kawakita Award yang diterima oleh Hayao Miyazaki bukanlah penghargaan semata. Penerima penghargaan Kawakita telah diseleksi secara ketat oleh komite berdasarkan sumbangsihnya dalam dunia seni, serta perfilman Jepang.

Hayao Miyazaki
Sutradara Film sekaligus Founder Studio Ghibli, Hayao Miyazaki | FOTO: Istimewa

Tak hanya itu, melalui rilis pers, Asosiasi Konsep Seni California atau Concept Art Association berencana untuk memberikan penghargaan Lifetime Achievement tahunan kepada Hayao Miyazaki. Penghargaan itu diberikan sebab Miyazaki telah mendorong dunia concept art semakin jauh dan lebih baik untuk para artist.

Penghargaan dari asosiasi asal Amerika Serikat tersebut nantinya akan diberikan pada tanggal 12 September mendatang, bersamaan dengan gelaran daring LightBox Expo Online.

Saat ini, sutradara Hayao Miyazaki tengah menggarap film anime Studio Ghibli berikutnya yakni How Do You Live? atau Kimi-tachi wa Dou Ikiru ka. Bahkan, film tersebut telah rampung hingga 36 menit pertama, ujar produser Toshio Suzuki.

Kabar Hayao Miyazaki kembali memproduksi film anime sempat menghebohkan warganet pada Januari 2019 silam. Kabar tersebut mencuat saat salah satu warganet asal Prancis, yang dekat dengan Goro Miyazaki, mengungkap bahwa Bapak-Anak ini tengah menggarap suatu film yang sangat keren.

Goro Miyazaki akhirnya mengungkap film apa yang ia produksi saat itu, yakni Earwig and The Witch, yang merupakan film 3DCG perdana buatan Studio Ghibli pada Juni 2020. Sementara itu, ayahnya masih terus menggarap film buatannya hingga saat ini.