Beranda » Daftar Anime, Majalah, Film, Event Jepang yang Tertunda Akibat COVID-19

Daftar Anime, Majalah, Film, Event Jepang yang Tertunda Akibat COVID-19

Nawala Karsa merangkum data terkini mengenai Film, Anime, dan Majalah Jepang yang ditunda perilisan/penerbitannya akibat COVID-19

Kondisi dunia pop kultur Jepang tengah terpuruk lantaran wabah COVID-19 yang semakin merebak di negeri matahari terbit itu. Dalam artikel ini, Nawala Karsa akan merilis daftar film, anime, serta majalah Jepang yang ditunda perilisannya akibat pandemi tersebut.

Ringkasan Tampilkan

Manga The Promised Neverland Ditunda ke WSJ Edisi 23

The Promised Neverland

Mengutip pada artikel sebelumnya, edisi terbaru manga Yakusoku no Neverland atau The Promised Neverland telah ditunda perilisannya akibat COVID-19. Majalah Weekly Shonen Jump menyebut bahwa manga ini akan kembali terbit pada 11 Mei 2020.

Hal tersebut dikarenakan majalah milik Shueisha tersebut terbentur akibat wabah COVID-19, dan mesti menerbitkan majalah tersebut secara double-issue. Hal tersebut membuat manga karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu terpaksa terbit di edisi ke-23 majalah Weekly Shonen Jump itu.

Majalah Weekly Shonen Jump Tidak Terbit Sementara

Penerbit Shueisha mengumumkan dalam Twitter editor Weekly Shonen Jump-nya bahwa majalah tersebut akan menunda penerbitannya minggu depan.

Hal ini berkaitan dengan salah satu karyawan di divisi editorialnya terkonfirmasi positif virus corona seminggu lalu. Pihak penerbit mengatakan bahwa karyawan tersebut tidak diletakkan pada jabatan posisi yang mengharuskan kontak dengan para mangaka Jump disana.

Atas insiden tersebut, Shueisha memerintahkan untuk melakukan kerja remote mulai Senin lalu. Divisi editorial majalah tersebut menghentikan pekerjaannya untuk sementara waktu agar menekan resiko tertular virus corona di lingkungan kantor Jump sendiri.

Weekly Shonen Jump akan terbit lagi dengan format double-issue, untuk jilid ke-21 dan 22 sekaligus pada 27 April dua minggu kedepan.

AnimeJapan 2020 Dibatalkan!

AnimeJapan 2020 Dibatalkan

Pagelaran AnimeJapan 2020 terpaksa dibatalkan oleh pihak penyelenggara. Hal tersebut diumumkan langsung oleh pihak official AnimeJapan 2020, yang menyatakan akan membatalkan event AnimeJapan 2020 dan Family Anime Festa 2020 yang semestinya diselenggarakan 23-26 Maret lalu.

Hal ini sebagai bentuk tanggapan resmi untuk mengikuti prosedur keselamatan pengunjungnya sejak virus corona menyerang beberapa kota di Jepang, khususnya ibukota Tokyo. Mereka pun meminta maaf atas pembatalan secara mendadak ini dalam situsnya.

Bagi para pelawat yang telah terlanjur membeli tiket, pihak resmi menawarkan pengembalian tiket mulai dari 6 Maret. Pengembalian tiket AnimeJapan ini berlaku bagi seluruh tipe tiket yang telah dipesan sebelum event itu digelar.

Dua Event Zombie Land Saga Dibatalkan

zombie land saga dibatalkan

Konser dan stage play Zombie Land Saga yang sedianya digelar pada bulan Maret lalu terpaksa dibatalkan untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. Melalui laman resmi seri anime Zombie Land Saga, diumumkan bahwa pihaknya telah membatalkan dua acara mereka terkait wabah tersebut.

Dua acara penting tersebut yaitu acara konser ketiga Zombie Land Saga bertajuk “Zombie Land Saga LIVE  ~ Franchouchou LIVE OF THE DEAD ~” yang sedianya digelar pada 8 Maret 2020 mendatang di Makuhari Messe Event Hall.

Dan acara drama panggung (stage play) yang diadaptasi dari seri anime Zombie Land Saga bertajuk “Zombie Land Saga – Stage de DON!” yang sedianya digelar pada 11 – 14 Maret 2020 mendatang di Sogetsu Hall.

Berkaitan dengan pembatalan kedua acara tersebut, pihaknya menyatakan akan menyediakan layanan pengembalian uang (refund) untuk seluruh calon penonton yang telah membeli tiket. Layanan refund tiket acara konser dan tiket acara stage play dibuka mulai 5 Maret 2020 pukul 10:00 waktu Jepang sampai 22 Maret 2020 pukul 23:59 waktu Jepang.

Film Anime Terbaru Crayon Shinchan Ditunda Perilisannya

Crayon Shin-chan: Crash! Rakuga Kingdom and Almost Four Heroes

Shinosuke Nohara beserta kawan-kawannya harus menahan semangat mereka untuk saat ini. Sebab, perilisan film terbaru Crayon Shinchan resmi ditunda perilisannya. Film dengan judul Crayon Shin-chan: Crash! Rakuga Kingdom and Almost Four Heroes tersebut sejatinya rilis pada 24 April mendatang.

TOHO memastikan bahwa tiket untuk film Crayon Shinchan terbaru ini akan tetap berlaku meski penayangannya ditunda sementara waktu.

Detective Conan: The Scarlet Bullet Batal Tayang!

detective conan scarlet bullet

Penayangan film keduapuluh empat – sekaligus film pertama Detective Conan di era Reiwa ini terpaksa diundur dari jadwal resminya pada 17 April 2020. Jadwal baru untuk film ini belum diumumkan sembari menunggu pandemi COVID-19 mereda.

Film terbaru Detective Conan bertajuk Detective Conan: The Scarlet Bullet. Berlatar suasana jelang World Sports Games (WSG) – setara Olimpiade di kehidupan nyata – sebuah kejadian janggal terjadi di sebuah pesta. Pesta yang dihelat oleh sejumlah sponsor besar itu berujung penyekapan sejumlah eksekutif.

Conan Edogawa pun mencoba mengaitkan kejadian tersebut dengan penculikan berantai yang terjadi saat WSG 15 tahun lalu di Boston. Mampukah ia mengungkap misteri di balik penyekapan itu?

Layaknya film Crayon Shinchan diatas, TOHO turut memastikan bahwa tiket yang telah dibeli untuk film ini masih berlaku kendati jadwal film tersebut dibatalkan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Anime Oregairu / SNAFU Musim Ketiga Ditunda

Akun Twitter resmi dari anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (My Youth Romantic Comedy is Wrong, As I Expected, OreGaIru) mengumumkan akan menunda penyiarannya di Jepang.

Dari pernyataan resmi tertulis dalam cuitannya, pihak produksi memilih untuk meningkatkan kualitas animenya ketimbang ditayang pada musim semi ini. Pengumuman serupa juga dikeluarkan oleh Wataru Watari, penulis novelnya sendiri. Belum dipastikan kapan pemindahan jadwal ini terungkap kepada publik terhadap musim ketiga ini.

No Guns Life Musim Kedua Turut Ditunda

Situs resmi anime No Guns Life mengumumkan penundaan penayangan anime musim keduanya menyusul pandemi COVID-19 di Jepang. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi tentang jadwal baru untuk penayangan perdana musim keduanya. Anime ini seharusnya ditayangkan pada hari ini pukul 01:58 pagi waktu Jepang di beberapa stasiun TV Jepang.

Penjualan Blu-ray untuk anime No Guns Life juga terkendala pada volume ketiga dan keempat. Staf resmi mengemukakan bahwa jadwal rilis Blu-ray terkini akan diumumkan bersamaan dengan jadwal baru musim keduanya. Penundaan ini juga mempengaruhi jadwal streaming dari Muse Asia, yang memegang hak lisensi dari anime tersebut.

Acara Tahunan Seiyuu Kouhaku Uta Gassen Ditunda

Senin lalu, pihak resmi Seiyuu Kouhaku Uta Gassen membatalkan acara tahunan tersebut. Acara ini seharusnya digelar pada 2 Mei ini di Pacifico Yokohama National Convention Hall, kemudian dibatalkan secara sepihak atas alasan mengikuti himbauan dari pemerintah Jepang seiring pandemi virus corona.

Acara adu nyanyi Kouhaku Uta Gassen ini terbilang istimewa setelah salah satu seiyuu veteran, Jouji Nakata, mengusulkan adanya konten bakat menyanyi mengadu dengan para pengisi suara Jepang. Pertama kali digelar pada 2019, Seiyuu Kouhaku Uta Gassen menghadirkan jajaran seiyuu papan atas terkenal di dalam pop kultur jejepangan.

Kinerja Staf Granblue Fantasy Terkendala

Manga 4koma Guraburu Granblue Fantasy Anime

Selain film dan anime yang ditunda, berikutnya adalah game. Cygames, selaku pengembang utama dari gim browser Granblue Fantasy, menyatakan akan meningkatkan protokol keselamatan dan merombak pengoperasian seiring dengan darurat COVID-19 di Jepang.

Beberapa event dalam gim akan terkena reschedule, atau pemindahan jadwal, dan berpotensi akan tertunda nantinya. Tanggal event terbaru akan tetap diumumkan di Twitter resmi mereka, bersamaan dengan informasi lainnya yang berkaitan.

Event Penayangan OVA OreSuki Dibatalkan

covid-19 darurat jepang oresuki

Event spesial dan penayangan khusus OVA Ore wo Suki Nano wa Omae Dake ka yo (OreSuki, Are you the only one who loves me?) dibatalkan, tulis situs resmi dari anime tersebut. OVA dari OreSuki seharusnya ditayangkan pada 23 Mei mendatang setelah diumumkan pada anime musim pertamanya yang berakhir tahun lalu.

Pihak penyelenggara event tersebut mengatakan akan pentingnya kesehatan pengunjung di kala pandemi virus corona berlangsung. Mereka juga menanggalkan periode refund bagi mereka yang terlanjut membeli tiketnya, mulai 11 April hingga 17 Mei mendatang.

Anime The Millionaire Detective – Balance: Unlimited Ditunda

The Millionaire Detective Balance UNLIMITED

Hari Jumat (17/4) lalu, Aniplex mengumumkan bahwa anime The Millionaire Detective – Balance: Unlimited akan ditunda penayangannya hingga waktu yang ditentukan mulai episode 3 mendatang. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mengikuti anjuran pemerintah Jepang dalam menanggulangi wabah COVID-19.

Mulai Episode 4, IDOLiSH7 Second BEAT Ditunda

idolish 7 second beat

Musim kedua anime IDOLiSH7 harus dihentikan sementara akibat wabah COVID-19 yang mengganas. Komite produksi anime IDOLiSH7 melalui rilis pers-nya menyebutkan bahwa pengumuman darurat nasional Jepang mempengaruhi jadwal produksi mereka.

Seri anime idol ini akan berhenti tayang untuk sementara waktu setelah penayangan episode keempat pada 26 April nanti. Nantinya, episode pertama dari musim pertama anime tersebut akan menggantikan episode kelima musim ini dan seterusnya.

Film Live-Action Eizouken Ditunda Penayangannya

Sempat dijadwalkan tayang di bioskop pada 15 Mei 2020, film live-action Eizouken ditunda penayangannya hingga waktu yang belum dapat ditentukan, serta, pembelian tiket untuk film tersebut turut serta ditunda. Hal tersebut diumumkan pihak produksi melalui akun Twitter mereka.

Kendati demikian, drama live-action Eizouken di MBS dan TBS yang dibintangi anggota idol Nogizaka46 tersebut tetap akan ditayangkan hingga tamat. Review serta berita mengenai Eizouken dapat kamu baca melalui link berikut.

Film Anime Antologi Dounika Naru Hibi Ditunda!

dounika naru hibi happy go lucky days

Daftar film anime yang turut ditunda di Nawala Karsa ialah Dounika Naru Hibi. Mengutip dari Ota-suke, perilisan film manga antologi Happy-go-Lucky Days atau Dounika Naru Hibi adaptasi karya mangaka Takako Shimura telah ditunda akibat COVID-19. Manga dengan judul yang sama diterbitkan oleh Penerbit Ohta dalam majalah Manga Erotics F.

Film manga antologi tersebut awalnya direncanakan untuk dirilis pada 8 Mei 2020. Kini, belum ada kejelasan mengenai tanggal perilisannya yang baru.

Episode 13 Anime To Aru Railgun T Tayang 1 Mei!

to aru railgun t episode 13

Melalui laman Toaru Projectkomite produksi anime To Aru Railgun T mengumumkan bahwa penayangan episode ke-13 anime tersebut akan ditunda selama satu minggu, yaitu pada tanggal 24 April.

Sebagai gantinya, komite akan mengubah jadwal tayang anime tersebut, dengan menayangkan kembali episode ke-12 dari To Aru Railgun T yang sudah tayang minggu lalu.

Update: Penayangan Railgun T Episode ke-13 bakal dimulai pada tanggal 1 Mei mendatang.

Film Anime Evangelion Terbaru Turut Ditunda

evangelion tamagotchi evatchi
Nawala Karsa – Tamagotchi kolaborasi dengan Evangelion, Evatchi.

Melalui laman Evangelion, Studio Khara mengumumkan pada hari Jumat (17/4) lalu bahwa film anime Evangelion 3.0+1.0 bakal ditunda penayangannya dari jadwal yang direncanakan.

Film garapan Hideaki Anno dan kru Studio Khara tersebut awalnya akan dirilis pada 27 Juni mendatang, namun, kondisi wabah yang memburuk membuat film tersebut tertunda penayangannya. Tiket yang telah dijual sebelum perilisan masih dapat digunakan untuk penayangan mendatang.

Film Anime Omoi, Omoware, Furi, Furare Ditunda

omoi omoware furi furare love me love me not

Daftar film anime yang ditunda di Jepang adalah Love Me, Love Me Not.

Sempat direncanakan rilis pada 29 Mei mendatang, film anime adaptasi dari manga shojo karya Io Sakisaka ini turut ditunda penayangannya akibat wabah COVID-19. Film anime tersebut diproduksi oleh A-1 Pictures dengan Toshimasa Kuroyanagi sebagai sutradara.

Jadwal Terbit Majalah dari Hakusensha Dirubah!

Selain daftar anime, film, dan manga Jepang yang ditunda, berikut informasi mengenai majalah Jepang.

Penerbit Hakusensha pada Rabu (14/4) lalu mengumumkan bahwa mereka akan melakukan perubahan pada jadwal penerbitan majalah produksi mereka. Hal tersebut guna menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh COVID-19.

Berikut adalah jadwalnya:

Majalah Hana to Yume

Edisi Majalah Tanggal Terbit Awal Keputusan
10/11 (double-issued) 20 April 2020 Terbit sesuai tanggal
12 20 Mei 2020 Terbit sesuai tanggal
13 5 Juni 2020 Digabung dengan Edisi 12
14 20 Juni 2020 Terbit sesuai tanggal
15 4 Juli 2020 Digabung dengan Edisi 14

Majalah Young Animal

Edisi Majalah Tanggal Terbit Awal Keputusan
9/10 (double-issued) 24 April Terbit sesuai tanggal
11 22 Mei Terbit sesuai tanggal
12 12 Juni Digabung dengan Edisi 11
13 26 Juni Terbit sesuai tanggal
14 10 Juli Digabung dengan Edisi 13

Majalah MOE

Edisi Majalah Tanggal Terbit Awal Keputusan
Juli 3 Juni Digabung dengan Edisi Agustus
Agustus 3 Juli Terbit sesuai tanggal

Major Season 2 Ditunda

NHK-E mengumumkan bahwa penayangan musim kedua serial anime bertemakan Baseball, Major ditunda penayangannya. Anime yang tayang perdana pada 4 April lalu itu akan ditayangkan ulang dari episode pertama.

Anime Black Clover Ditunda

Mengutip dari Mantanwebkomite produksi Black Clover mengumumkan pada Senin (27/4) bahwa penayangan episode ke-133 dan seterusnya akan ditunda hingga waktu yang belum dapat diumumkan.

Diumumkan oleh majalah Weekly Shonen Jump, pada 5 Mei mendatang pihak komite akan menayangkan kembali Black Clover dari episode pertamanya. Episode ke-132 yang akan tayang pada 28 April tidak terkendala kejadian ini.

Episode Terbaru Chibi Maruko-chan Ditunda

Situs resmi Chibi Maruko-chan mengumumkan bahwa penayangan episode terbaru pada hari Sabtu mendatang akan ditunda. Hal ini berkaitan dengan keselamatan para pekerja selama masa pandemi COVID-19 ini.

Mulai 3 Mei mendatang, Chibi Maruko-chan akan ditayangkan ulang selama 3 minggu kedepan. Salah satu cerita yang akan di tayangkan ulang adalah Haru no Sakura Momoko Matsuri.

Film Anime Nakitai Watashi wa, Neko wo Kaburu Ditunda

Pada Senin (27/4), pihak produksi dari film anime Nakitai Watashi wa, Neko wo Kaburu menngumumkan melalui situs dan akun resminya di media sosial Twitter bahwa perilisan film tersebut akan ditunda. Adapun perilisan ini ditunda karena merebaknya COVID-19 di Jepang.

Melalui pengumuman tersebut, pihak produksi menyatakan bahwa mereka meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua orang yang telah menanti rilisnya film ini. Pihak produksi juga menyatakan bahwa jadwal rilis yang baru akan diumumkan melalui situs resmi mereka ketika sudah diputuskan nantinya.

Awalnya film anime ini dijadwalkan akan tayang pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang. Namun, karena situasi yang tidak menentu akibat merebaknya pandemi COVID-19, perilisan film ini akan ditunda dan jadwal rilis yang baru akan diberitahu lebih lanjut. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran semakin meluas.

Live Action Whisper of The Heart Ditunda

Pada Selasa (21/4), Sony Pictures Entertainment mengumumkan bahwa penayangan film live action yang akan menjadi sekuel dari film rilisan Studio Ghibli Whisper of The Heart di bioskop-bioskop Jepang akan ditunda.

Sebelumnya, telah diumumkan bahwa tanggal rilis film ini adalah pada tanggal 18 September mendatang. Namun, karena wabah COVID-19 yang kini tengah merebak di banyak negara, termasuk Jepang, penayangannya ditunda dan akan dipindahkan ke tanggal lain.

Dalam pengumumannya tersebut, Sony Pictures Entertainment juga menyatakan bahwa pengambilan gambar di luar negeri merupakan bagian dari produksi film sekuel Whisper of The Heart. Tetapi, karena berlakunya pembatasan perjalanan ke luar negeri yang disebabkan oleh merebaknya COVID-19, untuk sementara proses pengambilan gambar tidak dilakukan.

Episode 4 Bungo to Alchemist Ditunda ke 8 Mei

Bungo to Alchemist ditunda anime

Komite produksi anime Bungo to Alchemist mengumumkan bahwa episode ke-4 anime tersebut akan ditunda penayangannya hingga tanggal 8 Mei mendatang. Sebagai gantinya, episode kedua dan ketiga akan ditayangkan ulang.

Pihak komite Bungo to Alchemist, dalam rilis persnya, tidak menjabarkan alasan penundaan sekaligus perubahan jadwal penayangan anime tersebut. Namun, kemungkinan terbesar tertundanya penayangan anime tersebut adalah akibat wabah COVID-19 yang merebak di Jepang.

Episode Musim Terbaru Kingdom Ditunda

Komite produksi Kingdom mengumumkan pada hari Minggu (26/4) lalu, bahwa penayangan episode ke-5 dari musim ketiga anime tersebut akan ditunda. Episode ke-4 musim tersebut akan tayang sesuai jadwal, tetapi tidak untuk episode ke-5 yang akan tayang 3 Mei nanti.

NHK sendiri mengumumkan bahwa anime Conan, The Boy in Future akan ditayangkan ulang guna menggantikan slot penayangan anime Kingdom.

Anime Kingdom merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama, yang dibuat oleh mangaka Yasuhisa Hara. Anime tersebut tayang di NHK General atau NHK-E.

Episode Terbaru Boruto Tertunda

Situs resmi produksi Boruto mengumumkan pada hari Selasa (21/4) bahwa penayangan beberapa episode Boruto mulai 3 Mei mendatang akan ditunda akibat pandemi COVID-19.

Perilisan Live Action Grand Blue Ditunda

Sempat akan dirilis di Bioskop pada 29 Mei mendatang, pihak produksi Grand Blue Dreaming mengumumkan bahwa mereka akan menunda perilisan hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Film ini merupakan adaptasi dari manga komedi karya Kenji Inoue dan Kimitake Yoshioka.

Episode Terbaru Shokugeki no Soma Ditunda

Situs resmi komite produksi Shokugeki no Soma mengumumkan bahwa penayangan penayangan episode ke-3 dan seterusnya bakal tertunda akibat pandemi COVID-19. Mengutip dari Yaraon, stasiun televisi Tokyo MX dan BS11 bakal menayangkan ulang anime tersebut.

Jadwal penayangan Food Wars! secara ulang oleh Tokyo MX dan BS11 adalah sebagai berikut:

  • Episode 1 : 24 April
  • Episoded 2 : 1 Mei
  • Episode 3 : 8 Mei

Film Anime Violet Evergarden Gagal Tayang

Violet Evergarden The Movie
Violet Evergarden The Movie – Kyoto Animation 2020

Sempat akan ditayangkan pada 24 April di bioskop-bioskop Jepang, penayangan film anime Violet Evergarden diumumkan bakal ditunda, ujar pihak Kyoto Animation.

Penundaan tayang film tersebut merupakan yang kedua serta yang terpanjang sejauh ini, sebab tidak memiliki tanggal pasti yang jelas untuk penayangannya.

Stand By Me 2 Doraemon Ditunda

Situs resmi komite franchise Doraemon mengumumkan bahwa mereka akan menunda penayangan sekuel film Stand By Me: Doraemon. Anime tersebut awalnya akan ditayangkan pada 7 Agustus, namun penayangannya sendiri ditunda lantaran film Doraemon lainnya harus diputar.

Film yang menggantikan slot perilisan Stand By Me adalah Doraemon The MovieNobita dan Dinosaurus Baru, yang sedianya akan ditayangkan pada 6 Maret silam namun terunda akibat wabah COVID-19.

COVID-19 Pengaruhi Industri Anime

cover headline laporan nhk world anime vs virus

Lembaga Penyiaran Publik Jepang NHK menyebut bahwa pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak sektor industri di Jepang, tak terkecuali industri produksi anime. Melalui laporan khususnya, NHK World Japan menghadirkan segmen mengenai kerasnya perjuangan industri anime melawan virus tersebut.

Berita tersebut telah ditayangkan lewat program berita NHK World, Newsline In Depth pada akhir Maret 2020 lalu. Video tentang laporan selengkapnya dapat anda saksikan disini. Untuk ringkasan segmen dapat anda baca disini.

Masih Banyak Lagi yang Ditunda dan Dibatalkan!

Pandemi COVID-19 di Jepang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Sejak kasus pertama ditemukan di perfektur Kanagawa pada 16 Januari, hingga saat tulisan ini diturunkan (18/4) tercatat 5,822 kasus positif virus COVID-19, dengan korban meninggal sebanyak 136 orang dan 918 orang dinyatakan sembuh.

Akibat pandemi ini, sejumlah kegiatan terpaksa ditunda bahkan dibatalkan. Tak terkecuali event besar Olimpiade 2020 yang diundur ke tahun 2021, menjadi olimpiade musim panas modern pertama yang diselenggarakan di tahun ganjil.

Daftar film, anime, manga, dan majalah Jepang yang ditunda ini akan terus kami perbaharui secara berkala. Apabila anda mempunyai informasi terkini terkait Anime, Film, Manga, dan Event Jepang yang ditunda atau dibatalkan jadwalnya, anda bisa mengirimkannya di kanal #anime kami di Channel Discord Nawala Karsa serta bergabung melalui link berikut.


Informasi terkini mengenai COVID-19 di Indonesia, kunjungi tautan berikut ini

Loading...