Quantcast

Beranda » Menurut Kita » Oregairu Season 3 Episode 4: Kodependensi dalam Hubungan Manusia

Oregairu Season 3 Episode 4: Kodependensi dalam Hubungan Manusia

Dalam episode 4 Oregairu Season 3, kita diberikan penjelasan hubungan kodependensi antara Hachiman, Yukino dan Yui. Apakah itu berbahaya?

Anime Oregairu atau Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru Season 3 telah memasuki episode 4. Di episode ini, kita akan melihat perbincangan penting yang terkait dengan hubungan antara Yukino, Yui dan Hachiman. Dan adanya sebuah istilah kodependensi yang menjadi kunci penting di Oregairu Season 3 episode 4 ini.

Seperti apa jalan cerita Oregairu Season 3 episode 4? Dan apa hubungannya dengan kodependensi? Yuk, kita cari tahu bersama!

Acara Prom SMA Sobu

Proyek besar membuat prom yang diinisasi oleh OSIS SMA Sobu melalui ketua OSIS Isshiki Iroha dan dibantu oleh Yukinohita Yukino tidak serta-merta berjalan mulus.

Ketika acara prom telah mendapatkan respon positif dari para murid dan persetujuan di atas kertas oleh sekolah. Asosisasi Orang Tua Murid yang dikepalai oleh Ibunda dari Yukinoshita Yukino menolak dengan tegas dan menyuruh membatalkan acara prom.

Yukino, sang anak tentu tidak sepakat dan berargumen dengan ibunya sendiri, bahkan sang Ketua OSIS pun terlihat lepas kendali hingga harus ditenangkan oleh Hiratsuka-sensei. Keadaan makin memburuk, Hachiman mulai mencoba melakukan tindakan heroiknya: dengan menginisasi bantuan terhadap Yukino dan OSIS dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Hikigaya Hachiman mungkin takut apa yang diusahakan oleh Yukinoshita Yukino, koleganya di Klub Relawan menjadi berantakan atau gagal. Hachiman tak ingin melihat Yukino kecewa terhadap apa yang diperjuangkannya.

Namun, Yukinoshita Haruno, kakak dari Yukino menolak dengan tegas gagasan Hachiman untuk membantu Yukino. Hubungan mereka tidak akan sehat jika Hachiman terus-menerus bertindak sebagai “Kakak” dari Yukino. Di mana setiap ada masalah, Hachiman selayaknya seorang “kakak” pasti akan membantu sang “adik” yang kesulitan sampai mati.

Haruno ingin Yukino mandiri, menjadi independen. Sehingga mampu menyelesaikan masalahnya dengan caranya sendiri.  Maka dari itu ia dengan keras menolak Yukino selalu bergantung kepada orang lain.

Sebelum Haruno menjelaskan istilah hubungan antara mereka bertiga, Yukino dengan cepat memotong suara kakaknya itu. Dengan wajah muram dan kesedihan yang tiada tara, Yukino sepakat dengan kakaknya.

Oregairu Season 3 Episode 4

Yukino pun meminta Hachiman untuk membiarkan dirinya dan OSIS untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Hachiman tak perlu ikut campur. Karena semakin sering Hachiman ikut campur dalam permasalahan Yukino, Yukinoshita Yukino menganggap dirinya menjadi semakin tidak berguna.

Konflik asimetris yang terdapat dalam pertemuan yang dipenuhi tensi tinggi pun tersudahi tanpa adanya kompromi. Pulangnya, Hachiman berjalan dengan Haruno, dan dengan tegas Haruno mengatakan istilah yang membuat tubuh Hachiman seketika membeku: Bahwa hubungan tidak sehat yang terjadi di antara mereka bertiga adalah kodependensi.

Kodependensi Menjadi Fokus Utama di Oregairu Season 3 Episode 4

Konsep kodependensi naik daun pada tahun 1980-an. Lebih populernya, istilah kodependensi disebut sebagai adiksi relasi atau ketergantungan dalam hubungan. Sialnya, ketergantungan itu dimaknai sebagai sesuatu yang negatif.

Dalam konteks kodependensi, orang yang dibergantungkan akan menjadi adiktif dan terus-menerus ingin dibergantungi. Sebaliknya, orang yang bergantung kepada orang lain akan terus sampai mati bergantung pada orang lain dan enggan untuk menjadi mandiri.

Kodependensi yang terjadi dalam hubungan antarmanusia pun menjadi destruktif, saling menghancurkan. Karena keduanya sama-sama mempunyai ketergantungan tanpa henti terhadap adiksi relasi itu.

Lalu bagaimana dengan hubungan antara anggota Klub Relawan? Mengapa hubungan mereka disebut sebagai kodependensi? Tentu, itu adalah opini pribadi dari Yukinoshita Haruno berdasarkan pengamatannya terhadap masalah yang dihadapi mereka bertiga.

Perjalanan hubungan antara mereka bertiga memang dikontruksi dengan realitas sosial yang kompleks. Naik dan turun, saling berbeda pandang hingga pertengkaran dalam hubungan mereka pun tak terlewati.

Tapi karena hal tersebut terjadi, Hachiman, Yukino hingga Yui pun memahami bahwa mereka bertiga saling melengkapi satu sama lain. Sehingga mereka merasa nyaman dengan keadaan yang ada. Dan itulah yang tidak disukai oleh Yukinoshita Haruno, karena kebergantungan itulah yang menghambat sang adik, Yukino untuk menjadi independen.

Kodependensi atau Bukan, Jawaban itu Ada di Tangan Hikigaya Hachiman

Oregairu Season 3 Episode 4

Kobaran api yang dipantik oleh Haruno dengan mengecap hubungan mereka bertiga adalah kodependensi tentu bukan hanya sebuah gertakan, melainkan ultimatum kepada mereka bertiga. Bahkan, Yukino sepertinya paham dengan apa yang diutarakan kakaknya sehingga membuat keputusan untuk menyudahi hubungan seperti itu di antara mereka.

Terbukti dengan tidak mengikutsertakan Klub Relawan dalam acara prom, dan malah bertindak sebagai individu yang mengemban tanggungjawab sendiri, Yukino mencoba selangkah maju untuk mengakhiri hubungan tidak sehat di antara mereka selagi mencoba untuk mengejar mimpinya.

Yukino mungkin sudah paham, bahwa seorang kodependen cenderung mengutamakan terwujudnya kebahagiaan serta kepentingan orang lain daripada diri sendiri, bahkan tidak jarang seorang kodependen sampai mengorbankan dirinya sendiri.

Kriteria ini menurut Yukino ada di dalam diri seorang Hachiman. Hachiman memang mempunyai tangan magis yang tidak segan mengotorkan tangannya sendiri demi orang lain. Bagi Hachiman, menyakiti dirinya adalah kelaziman, dan sudah menjadi hal yang lumrah baginya untuk tersakiti. Tetapi, Hachiman tidak menyadari bahwa ketika ia tersakiti, Yukino dan Yui pun juga ikut tersakiti atas apa yang menimpanya.

Oregairu Season 3 Episode 4

Yukino yang menyadarinya tentu membulatkan tekad untuk bisa menyelesaikan permasalahannya. Menyudahi hubungan tidak sehat antara mereka bertiga yang dianggapnya menyakiti satu sama lain, sekaligus mampu mencapai tujuannya.

Tapi, walaupun begitu, bukan berarti hubungan mereka benar-benar bisa disebut sebagai hubungan kodependensi yang tidak sehat. Banyak faktor yang akan mengubah hubungan antara mereka bertiga dalam sisa episode yang ada dalam seri Oregairu Climax ini.

Dalam kata lain, kodependensi yang disematkan kepada mereka bukan sesuatu yang absolut dan mutlak. Jawaban ketulusan yang masih dinantikan tentu adalah kunci untuk bisa membuka hubungan yang sebenarnya di antara mereka bertiga. Oleh karena itu, Hikigaya Hachiman lah yang bertanggungjawab mencari jawabannya.

Lalu Apa yang Bisa Kita Pelajari di Oregairu Season 3 Episode 4?

Manusia adalah makhluk sosial yang sudah sangat jelas tidak sempurna. Sebagai makhluk sosial, sudah pasti manusia membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya.

Bergantung kepada orang lain adalah hal yang lumrah, dan karena itulah setiap kejadian bergantung kepada orang lain tidak bisa disebut sebagai kodependensi. Hubungan antara Hachiman, Yukino dan Yui adalah suatu hal yang wajar dalam hidup berkelompok, mengecap hubungan berkelompok dengan istilah kodependensi tentu belum dipastikan benar.

Tetapi, pelajaran yang bisa kita petik adalah bahwa memang kita harus melihat situasi di mana saat kita harus bergantung kepada orang lain, dan saat di mana kita harus menjadi mandiri serta independen. Kodependensi tercipta karena manusia dengan manusia lainnya tidak melihat potensi yang ada di dalam dirinya masing-masing, sehingga melupakan kualitas individu yang masing-masing manusia miliki.

Selama kita mampu mengetahui dan peka terhadap diri kita sendiri, dan memahami waktu yang tepat ketika membutuhkan untuk bergantung dengan orang lain. Maka setidaknya kita telah menjadi bijak dan terhindar dari hubungan tidak sehat yang disebut sebagai kodependensi.

Loading...