Update Minecraft Caves and Cliffs Part 2 Segera Tiba!

Riestario Kurnia Thodiansyah
minecraft Caves and Cliffs update header

Dalam blog mereka, pengembang gim Mojang memastikan bahwa update gim Minecraft bagian 2, yakni Caves and Cliffs, akan memberikan perubahan pada gunung dan gua yang kalian kenal dan sukai. Pembaruan pembuatan medan, puncak yang lebih tinggi, dan sistem gua yang lebih kompleks.”

Namun mereka juga menambahkan bahwa beberapa fitur dan barang yang telah ditunda, mencatat bahwa mereka tidak akan ada di pembaharuan 1.19 yaitu The Wild Update tetapi “diletakkan di rak” sampai mereka menemukan cara untuk menambahkannya dengan cara yang terbaik.

Hal – hal yang telah dikonfirmasi tidak akan ditambahkan di pembaharuan 1.18, Caves and Cliffs Bagian 2 adalah Arkeologi, Tanduk Kambing, dan Bundel. Namun terdapat kabar baik juga, yaitu akan ditambahkannya lilin!

Pembaharuan akan dirilis di semua konsol, di versi Bedrock dan versi Java secara bersamaan pada 30 November 2021 secara gratis.

Apa saja yang ada di Caves and Cliffs Bagian 1 ?

minecraft caves part 1

Mengutip dari Nintendo Life, terdapat makhluk, barang, blok, dan hal lainnya yang hadir di pembaharuan bagian 1. Hal – hal tersebut adalah Blok Batu Tetes (Dripstone), Batu Tetes Runcing.

Ada pula Blok Kecubung (Amethyst), Tembaga, Axolotl, Kambing, Penangkal Petir, Cumi Bercahaya, Teropong, Kaca Berwarna, Batu Tulis Dalam (Deepslate), Butiran Salju, Perunggu Mentah, Besi Mentah, Emas Mentah, dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa fitur pun juga ditambahkan dalam update Caves and Cliffs di Minecraft, seperti fitur pembuatan Jalur Tanah (yang sebelumnya Jalur Rumput) dapat dibuat menggunakan sekop di Blok Tanah, Podzol, Mycelium, ataupun Tanah Kasar.

Adapun fitur lain seperti Kereta Tambang dan Rel yang bisa digunakan di air, Bola Pengalaman terkadang akan berfusi, dan perubahan harta karun yang terdapat di kapal yang karam ataupun di Poros Ranjau (Mineshaft)

Terdapat juga penghargaan baru yang pemain bisa temukan saat bermain seperti “The Cutest Predator” bila menangkap seekor Axolotl di sebuah ember, “Glow and Behold” bila membuat tanda bercahaya, “Light as a Rabbit” bila berjalan di butiran salju dengan sepatu kulit, dan penghargaan-penghargaan lainnya.


Penulis: Riestario Kurnia Thodiansyah