Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Diam-diam Handal! Yuk, Kenalan Sama T91 dari Girls Frontline

Walaupun dirinya kurang diapresiasi para fans, Tactical Doll T91 sebenarnya punya kegunaan sangat penting dalam gimnya, lho!

Seno Triadi
girls frontline T91 cover
Gambar log masuk gim Girls' Frontline server Taiwan pada ulang tahun ketiga. Dari kiri ke kanan: T77, WA2000, T65 dan T91. | Longcheng Tianxia

Dalam Girls Frontline (GFL), sejumlah Tactical Dolls atau T-Doll berperan vital dalam kesuksesan misi dalam gimnya.

Tentu saja strategi dan peletakan sejumlah T-Doll yang tepat memainkan faktor penting agar dapat menyukseskan sebuah misi dengan selamat.

Salah satu jenis T-Doll terpenting adalah senapan serbu, atau Assault Rifle (AR), yang mana merupakan ujung tombak dari segala operasi.

Kali ini, penulis akan mengulik sedikit tentang profil seputar senapan serbu yang dapat sorotan sebentar, tetapi penting di Girls Frontline, yaitu T91.

T91 dari Girls Frontline, Senapan Serbu Asal Taiwan

girls frontline t91
T91 memiliki sejumlah kemampuan yang sangat optimal pada operasi malam. | Gambar tangkapan: Kanal YouTube 응기잇 (https://www.youtube.com/watch?v=ucMs6kTGBxU)

Mengenai T91 dari Girls Frontline ini, ia merupakan salah satu karakter yang merupakan inspirasi dari senjata produksi Tentara Taiwan.

Senapan tersebut adalah senapan serbu di dunia nyata yang kini masih aktif digunakan oleh Tentara Pertahanan Republik China (atau Taiwan).

Jenis senapan ini didasarkan pada senapan serbu T86, menggabungkan fitur dari senapan M16 dan AR-18 dengan fitur yang lebih modern.

T-Doll ini sebenarnya bukan barang baru sebab unit ini sudah ada sejak lama.

Apalagi, unit ini rilis terbatas hanya untuk server Taiwan saja, sejak servernya buka kepada publik pada Rabu (18/1/2017) lalu.

T-Doll T91 sempat disorot ketika ada seorang pemain Girls Frontline menjual kursi yang mirip dengan custom skin-nya, Januari 2020 silam.

Siapakah Seiyu dari T91?

girls frontline t91
Bentuk penuh seragam eksklusif Tahun Baru Imlek untuk T91 (kiri), yang disuarakan oleh Kokido Shiho (kanan) | Sumber: Twitter resmi Girls Frontline (kiri), MyAnimeList Shiho Kokido (kanan)

Kokido Shiho menyuarakan karakter T91 ini, yang pernah memerankan sejumlah karakter dalam beberapa anime.

Seiyu ini sebenarnya belum banyak punya peran penting, di samping menyuarakan karakter Olminu dalam Drifters, dan Ishimoto Miki dalam Sekkou Boys.

Kokido perankan juga beberapa karakter gim seperti Harley Quinn dalam Batman: Arkham Knight dan The Powerpuff Girls 2016 sebagai Princess.

Strategi Efektif Penggunaan

T91 bisa NawaReaders dapatkan melalui konstruksi layaknya ingin mendapatkan unit T-Doll Assault Rifle di Girls Frontline.

Pada unit ini, kamu perlu menunggu selama 3 jam 48 menit, atau dapat menggunakan item khusus untuk langsung selesaikan konstruksinya.

Untuk memakai T91 sendiri lebih cenderung pada peningkatan serangan kepada unit sub machine gun (SMG), dengan posisi di depan barisan.

Keaktifan T-Doll ini lebih efektif apabila menggelar operasi pada malam hari. T91 memiliki skill bernama Annihilation Focus (N).

Selama malam hari, skill ini meningkatkan damage sebesar 120% (50% selama siang hari) dan laju serangan critical sebesar 50% (25% selama siang hari) selama 8 detik.

Setelah digunakan, skill ini harus menunggu 16 detik untuk cooldown untuk maksimal level-nya.

Berkontribusi untuk menyumbang buff damage yang bagus, T91 bersinergi baik dengan unit T-Doll off-tank.

Cakupan buff tile-nya yang unik memberikan buff off-tank yang bermanfaat untuk AR lain seperti OTs-14 tanpa melepaskan buff.

Yang Perlu Komandan Perhatikan

snowy plum blossom
Seragam eksklusif Tahun Baru Imlek untuk T91, Snowy Plum Blossom. | Mica Team, Longcheng Tianxia. Sumber: Twitter Girls Frontline (https://twitter.com/girlsfrontlinee/status/1355102523577700357)

Meski demikian, ada sejumlah aspek yang perlu NawaReaders perhatikan apabila ingin memanfaatkannya secara efisien.

T91 menunjukkan preseden yang kuat untuk night doll, sementara serangan multiplier-nya lebih lemah dari OTs-14 dan 9A-91.

Belum lagi uptime-nya yang lebih lama berbanding dengan beberapa unit AR lainnya.

Oleh karena itu, tetap susun strategi secara efektif dalam menggunakan T91 ini bersama SMG favorit kalian.

Siapa tahu, unit ini malah yang jadi seringkali kamu gunakan untuk sejumlah misi malam juga!

Dan, begitulah sedikit profil seputar salah satu T-Doll jenis AR dari Girls Frontline, T91! Semoga saja karakter ini bisa tampil di media adaptasi lainnya, termasuk proyek anime GFL selanjutnya!

Tentang Girls Frontline

gfl anime
Visual perdana untuk anime musim pertama Girls’ Frontline. | Sunborn Network Technology, Mica Team. Gambar: Situs resmi anime Girls’ Frontline (http://www.gf-anime.com/)

Shoujo Zensen (Girls Frontline) merupakan gim gawai dari pengembang Tiongkok Mica Team dan Sunborn Games.

Gim ini rilis pada Jumat (20/5/2016) lalu di Tiongkok, dengan Digital Sky China sebagai penerbitnya.

Menemui kesuksesannya, Girls Frontline membuka server untuk negara-negara tetangganya yaitu Taiwan, Hong Kong dan Korea pada tahun 2017 silam.

Setelah itu, server internasional pun terbuka untuk umum pada 2018, kala itu bertepatan dengan ulang tahun kedua server Tiongkok.

Pemain berperan sebagai Komandan dari firma militer swasta, Griffin & Kruyger, yang bertugas menghadang T-Doll musuh dari faksi Sangvis Ferri.