Nostalgia Jaman Jebot? Ini Dia Judul-judul Terbaik dalam Library Nintendo Gameboy!

Adi Styadi
gameboy
Pixiv/users/5212

Entah apa jadinya Gameboy kalau Gunpei Yokoi tidak pernah bekerja untuk Nintendo. Desainer mainan itu adalah orang pertama yang menyadari peluang gim video yang bisa orang bawa dan mainkan di mana saja. Jaman sekarang, kita mengenal konsep tersebut sebagai konsol handheld.

Yokoi terinspirasi dari sosok seorang pebisnis yang memainkan kalkulator untuk mengisi kebosanan kereta. Ia kemudian menciptakan konsol handheld pertama di dunia: Game & Watch.

Yap, sebelum Gameboy, Game & Watch menjadi ‘bibit’ untuk konsol selanjutnya yang lebih canggih. Sebelum Gameboy rilis, Nintendo melihat beberapa kekurangan di Game & Watch.

Salah satunya: masing-masing perangkat cuma punya satu jenis permainan, membuat orang harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli konsol Game & Watch baru.

Hal ini kemudian yang Nintendo improve lewat Gameboy. Mengambil inspirasi dari Famicom (NES), Gameboy benar-benar menjadi ‘konsol tangan’. Pemain tinggal melepas cartridge untuk mengganti permainan. dan biaya untuk membeli gim baru tidak semahal membeli mesin konsolnya.

Game-Game Fenomenal untuk Nintendo Gameboy

Gameboy pertama kali rilis pada tahun 1989 dengan jeda beberapa bulan untuk wilayah Amerika. Konsol ini terus diproduksi hingga tahun 2003. Dengan lini hidup selama empat belas tahun. Dengan waktu selama itu, dukungan untuk Gameboy bahkan melebihi konsol-konsol rumah terlaris sekalipun.

gameboy
Artstation/Andy Melo

Gameboy punya ratusan, bahkan ribuan judul-judul gim populer yang bahkan masih eksis hingga hari ini. Semua itu berkat Nintendo yang terus menerus memperbarui Gameboy, mengikuti perkembangan jaman.

Melansir dari Nintendo Life, Berikut adalah sepuluh dari 50 judul game terbaik di Gameboy.

10. Super Mario Land 2: 6 Golden Coins

gameboy
Youtube / NintendoComplete

Kesuksesan Mario, si tukang ledeng tidak bisa diganggu gugat. Setelah Super Mario Land pertama mendapat pujian, Super Mario Land 2, berhasil meningkatkan berbagai aspek dalam permainan. Petualangan Mario jadi lebih lama, dengan kualitas grafis yang lebih baik dari prekuelnya.

9. Mario’s Picross

gameboy
Youtube / NintendoComplete

Secara natural, konsol handheld adalah alat yang tepat untuk game-game ringan untuk melewati waktu luang. Mungkin karena itu Mario’s Picross masuk 10 besar game terbaik di Gameboy, dengan 192 level, dan 64 time trial, gim ini dapat diminati oleh semua kalangan.

8. Pokemon Red and Blue

gameboy
Youtube / Mario98 Longplays

Yup, tentu saja Pokemon akan masuk dalam daftar ini. Gim RPG dengan fokus utama mengumpulkan monster-monster unik bermula sebagai gim Gameboy. Dengan dua versi gim yang punya monster eksklusif, anak-anak pada tahun 90-an akan bertemu teman-teman mereka, dan saling menukar pokemon melalui kabel.

Tahukah kamu, saat ini, Pokemon menjadi salah satu franchise dengan profit terbesar di dunia, bahkan melebihi Mickey Mouse!

7. Pokemon Yellow Version: Special Pikachu Edition

gameboy
Youtube / FCPlaythroughs

Jika Red dan Blue sukses mengenalkan core permainan Pokemon, animenya membuat franchise ini makin dikenal orang. Alih-alih tiga starter pertama yang jadi maskot Pokemon saat ini, Pikachu si tikus listrik justru merebut posisi penting tersebut.

Pokemon versi Yellow ini memiliki berbagai elemen yang dibuat lebih sesuai dengan animenya. Seperti Pikachu yang sekarang jadi startermu, dan tidak bisa berevolusi dan ditukar. Dua dekade kemudian, kita bisa melihat succesornya dalam bentuk Pokemon Let’s Go: Pikachu & Eeve.

6. Final Fantasy Adventure

gameboy
Youtube / NintendoComplete

Legend of Zelda adalah salah satu pionir dari game action-RPG, dan developer Square ingin menerapkan formula tersebut dalam game mereka. Maka, lahirlah Final Fantasy Adventure, yang beberapa tahun kemudian menjadi cikal bakal seri Legend of Mana (Seiken Densetsu).

5. Wario Land 2

Youtube / Gaming Historian

Siapa yang tahu kalau Wario, versi jahat dari Mario, akan punya penggemarnya sendiri bahkan hingga menghasilkan dua judul gim. Wario punya permainan yang berbeda dari Mario, dan terbukti mendapat tempat sendiri di hati para fans.

4. Wario Land: Super Mario Land 3

gameboy
Youtube / Gaming Historian

Prequel dari gim sebelumnya, Nintendo sukses memberikan Wario identitas sendiri dengan mekanisme permainan yang berbeda dari Mario. Fitur beragam serta presentasi visual dan musik unik membuat gim ini jadi salah satu permainan terbaik di Gameboy.

3. Donkey Kong for Gameboy

Youtube / AL82 Retrogaming Longplays

Beberapa tahun sebelum Gameboy, Nintendo sukses masuk ke pasar arcade dengan Donkey Kong. Saat itu, bisa memainkan judul arcade dalam genggaman tangan rasanya adalah mimpi jadi nyata. Nintendo mengisi Donkey Kong di Gameboy dengan 101 stages dan feeling visual dan musik ala arcade-nya.

2. Tetris

gameboy

Tidak heran melihat Tetris di jejeran gim teratas Gameboy. Dengan bundle yang bisa pemain dapat lewat pembelian Gameboy, Tetris menjadi permainan yang cocok dimainkan semua orang, tua atau muda.

1. The Legend of Zelda: Link’s Awakening

Adalah sebuah pengalaman mengejutkan ketika The Legend of Zelda: Breath of the Wild bisa dimainkan dalam genggaman tangan. Namun dua dekade sebelumnya, tim Nintendo berhasil menciptakan petualangan Link yang panjang untuk perangkat handheld.

The Legend of Zelda: Link’s Awakening mendorong perangkat Gameboy hingga batasnya. Sama seperti bagaimana Breath of the Wild serasa ajaib di Nintendo Switch.

Youtube / Retrogramer Stream

Nintendo menampilkan ketangguhan Gameboy yang mampu bertahan hingga belasan tahun. Pada akhirnya konsol inipun mendapat suksesor resminya dengan nama Gameboy Advance.

Dengan teknologi yang lebih mumpuni, Gameboy Advance (GBA) naik kelas dengan grafis 32 bit, dan langsung berwarna. Koleksi game di GBA juga semakin indah, dan beragam.

Dengan rumor terbaru tentang servis online Nintendo, ada kemungkinan kita bisa segera mencoba emulator GBA di Nintendo Switch. Siapa tahu?