Lima Tahun Nintendo Switch, Ini Rekomendasi Games dari Nawala Karsa!

Adi Styadi
Nintendo Switch

Nintendo Switch telah merayakan ulang tahun kelima konsol tersebut. Setelah pengumuman dan perilisan resmi pada tahun 2017, konsol dengan konsep hybird ini mencuri perhatian gamer seluruh dunia. Siapa sangka bahwa lima tahun kemudian, Switch jadi andalan Nintendo setelah kegagalan WiiU, bahkan jadi inspirasi konsol baru milik Valve!

Switch hadir dengan layar tablet sentuh berukuran 6.2 inci. Kontrollernya bahkan lebih unik, berbeda dengan handheld generasi sebelumnya yang menyatu dengan badan konsol, gamer dapat memakai Joycon sebagai dua kontroller berbeda.

Kedua joycon juga lengkap dengan teknologi keren seperti IR motion cameragyro, serta HD rumble. Fitur ini membuat developer Nintendo Switch bebas berkreasi dalam menciptakan mekanisme dalam permainan mereka.

Sementara, kartu grafik Nvdia Tegra X1 menjadi rahasia grafik cantik yang bisa Nintendo Switch tampilkan. Tidak heran kalau gamer sering membandingkan Switch dengan handheld PSVita dari generasi sebelumnya.

Pasalnya, kedua perangkat punya kemampuan render grafik yang mendekati kualitas konsol.

Namun apa artinya sebuah konsol tanpa library judul permainan yang berkualitas? Zelda: Breath of the Wild menjadi judul yang memukau para gamer dan menunjukan kualitas kemampuan Switch.

Seiring tahun, semakin banyak judul-judul berkualitas untuk Nintendo Switch. Baik judul eksklusif seperti PokemonAnimal Crossing, dan Fire Emblem, hingga port dari konsol lain seperti DoomSkyrim, dan The Witcher 3.

Nah, dari 5 tahun yang sudah berlalu, Nawala Karsa bakal mengkompilasi beberapa judul gim terbaik yang bisa kamu mainkan di Switch! Langsung cek aja, yuk!

The Legend of Zelda: Breath of the Wild, First Party Terbaik di Nintendo Switch

Sekarang, ketika orang membicarakan Zelda, mereka akan langsung ingat pada sebuah judul open world yang serasi dengan konsol terbaru milik Nintendo.

Breath of the Wild membawa judul Zelda dalam dunia yang jauh lebih luas dari seri-seri sebelumnya, pemain tidak lagi berpaku pada jalan cerita linear, melainkan mereka bebas untuk menjelajahi daratan tepat pada menit-menit pertama mereka memulai permainan.

Tidak lupa juga dengan mekanisme gliding yang membuat eksplorasi jadi jauh lebih menyenangkan. Kesuksesan game ini akhirnya menginspirasi developer untuk mengadopsi mekanisme serupa, seperti dalam Genshin Impact, dan Immortals Fenyx Rising.

Breath of the wild nintendo switch
©Nintendo

Ring Fit Adventure, Bikin Badan Jadi Sehat!

Jika ada justifikasi untuk membeli sebuah konsol gaming, hadirnya game olahraga bisa jadi yang terbaik. Sudah lama gaming identik dengan kegiatan yang minim gerakan, namun dengan teknologi dari Switch, muncul judul-judul yang memaksa pemain untuk berkeringat.

Nintendo Switch ring fit
Nintendo

Ring Fit Adventure jadi judul pertama yang memanfaatkan sensor gerakan dari joycon untuk tujuan olahraga. Avatar pemain akan bergerak ketika pemain menggerakan kaki, belum lagi dengan set-set aerobik yang harus pemain lakukan untuk mengalahkan musuh.

Selain Ring Fit Adventure, ada juga judul-judul lain seperti Fitness Boxing dan Knockout Home FitnessGame-game olahraga ini mampu membawa Nintendo Switch ke derajat mainstream, bukan hanya penggemar video gim, tapi juga orang dewasa.

The Witcher 3, Port ‘Ajaib’!

Grafik tidak selalu jadi nilai jual utama konsol Nintendo, karena itu ketika muncul rumor kalau The Witcher 3 akan masuk ke Switch, banyak orang meragukan hasil port-nya nanti.

Nintendo Switch the witcher 3
©CD Projekt Red

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Walau jarak rendering, resolusi, dan kualitas model memang harus disesuaikan, gamers dapat memainkan The Witcher 3 dengan FPS konsisten dan grafik yang presentable.

Belum lagi dengan pembaruan terbaru, gamers dapat melakukan cross-saving bila sebelumnya mereka sudah membeli The Witcher 3 di Steam atau GoG.

Dengan waktu permainan yang mencapai lebih dari 50 jam, The Witcher 3 punya banyak konten untuk gaming on the go.

The Witcher 3 Switch
©CD Projekt Red

Animal Crossing: New Horizons, Game Nyaman Bagi Semua Orang

Video gim tidak harus selalu berkaitan dengan aksi, memperkuat diri demi melawan boss terakhir, atau memenangkan kompetisi dari pemain lain. Ada kalanya gamer ingin bersantai dalam dunia kecil mereka, sambil sesekali mengunjungi teman untuk bermain bersama.

Animal Crossings New Horizons
©Nintendo

Pesona inilah yang Animal Crossing tawarkan. Bermula dari judul yang rilis di GameCube, ke Wii, 3DS, dan Switch ini, pemain bebas mengatur pulau dan rumah mereka. Mereka dapat memancing, membangun rumah, atau mengunjungi pulau buatan orang lain.

Belum lagi, Animal Crossing: New Horizons rilis pada awal situasi pandemi, membuat banyak orang mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Mario Kart 8 Deluxe, Jagoan Dari WiiU Hadir di Switch!

Walau tidak bisa dikatakan berhasil, Nintendo WiiU pernah memiliki daftar game bagus yang sayang untuk dilewatkan. Tentunya, Mario Kart 8 adalah salah satunya. Melanjutkan tradisi gim balapan yang ‘merusak pertemanan’, keputusan Nintendo untuk membawa versi deluxe dari gim ini berbuah manis.

Mario Kart 8 DX
©Nintendo

Mario Kart 8 Deluxe menambahkan mode-mode favorit yang sebelumnya absen dari versi WiiU. Salah satunya adalah battle mode. Versi deluxe juga punya lebih banyak pilihan karakter, dan aksesibilitas untuk membantu non-gamer untuk bermain.

Hingga 2021, Mario Kart 8 Deluxe menduduki peringkat pertama game Switch yang paling laris.

5 tahun umur Nintendo Switch, konsol ini membuktikan kalau pasar gaming handheld belum mati. Sebaliknya, kemampuan untuk bermain kapan saja dan di mana saja seperti jadi petunjuk arah industri kedepannya.

Tahun ini, kita bisa melihat awal kesuksesan Steam Deck, beberapa tahun kedepan, bisa jadi Sony memutuskan untuk kembali terjun di pasar handheld? Siapa tahu?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.