Salah satu perusahaan game konsol terbesar di dunia, Nintendo baru saja merilis grafik penjualannya game konsol dan handheld selama 20 tahun terakhir melalui visualisasi grafik. Seperti apa grafik penjualan game konsol danĀ handheld perusahaan game ini? Yuk, kita cari tahu bersama!

Grafik Penjualan Game Konsol & Handheld Nintendo Dalam 20 Tahun

Dalam grafik tersebut, kita bisa melihat bahwa sejatinya game konsol dan handheld perusahaan ini telah mengalami banyak pasang surut sebagai sebuah perusahaan yang besar. Dalam grafik tersebut juga terhitung dari awal abad ke-20 di pasar konsol hingga awal rilisnya Nintendo Switch pada tahun 2017. Kalian bisa lihat sendiri grafik penjualannya dibawah ini.

Nintendo Konsol
(Sumber: Nintendo, dibuat oleh Visual Capitalist)

Jika disimak kembali pada visualisasi di atas, sejak dirilisnya Game Boy pertama kali sejak tahun 1989. Terhitung permainan konsol tersebut berhasil menjual total sebanyak 118.5 Juta. Konsol ini tercatat sebagai permainan konsol pertama yang dimiliki oleh perusahaan ini.

Setahun berselang, Nintendo SNES mengalami kemunduran total penjualan yang cukup banyak. Total dari penjualan yang didapatkan oleh Nintendo SNES adalah 49.1 Juta. Nilai ini cukup jauh jika dibandingkan dengan penjualan yang dihasilkan oleh keluaran yang pertama.

Setelahnya lagi, Nintendo berhasil mengembangkan permainan konsol mereka. Tetapi mereka kembali mengalami grafik penjualan yang naik turun. Penjualan terkecil sejak awal kemunculan Nintendo terjadi pada tahun 2001 dengan keluaran permainan konsol Nintendo GameCube. Permainan konsol tersebut hanya mampu menjual sebanyak 21,7 Juta saja.

Rekor-Rekor Penjualan

Selayaknya sebuah perusahaan hebat, Nintendo tetap mengalami bangkit walaupun grafik penjualan brandnya tidak selalu naik setiap saat. Terhitung pada tahun 2004, Nintendo DS berhasil menjual produknya dengan total sebanyak 154 juta. Nintendo DS juga menjadi permainan konsol yang paling banyak dijual sementara.

Tidak hanya memiliki produk yang paling banyak terjual, Nintendo juga memiliki satu produk yang menjadi produk paling sedikit terjual. Nintendo Wii U menjadi satu produk yang paling sedikit terjual, dengan total penjualan hanya sebanyak 13,6 Juta sejak awal dirilisnya pada tahun 2012 lalu.

Nintendo Switch, Harapan Baru Nintendo

Nintendo Switch

Permainan konsol yang menjadi andalan Nintendo baru-baru ini, Nintendo Switch, menjadi harapan yang masih memiliki jalan panjang bagi pihak Nintendo. Hingga saat ini, Nintendo Switch baru mengumpulkan angka 68,3 Juta penjualannya sejak awal perilisan pada tanggal 3 Maret 2017 lalu. Sekedar informasi, Nintendo Switch juga memiliki versi ringannya, yaitu Nintendo Switch Lite yang dirilis pada tanggal 20 September 2019 lalu.

Grafik naik turun dari penjualan perusahaan game konsol Nintendo sangatlah seru untuk disimak. Jika dilihat-lihat kembali, grafik penjualan produk manakah yang paling kalian gemari?

Penulis: Ida Bagus Indra Dewangkara

Nawala Karsa NK Kurio