Broadcasted by Galau Jikan FM

Google Tampilkan Gambar Tempe Hari Ini, Apa Alasannya?

Google menampilkan gambar tempe di halaman pencarian mereka, apa ya alasannya?

Wahyu Nurramadan Widayanto
Halaman pencarian Google menampilkan gambar tempe

Hari ini (29/10), Google Doodle menampilkan gambar yang cukup unik, yaitu tempe. Bagi yang belum tahu, Google Doodle merupakan gambar yang muncul saat kamu membuka halaman awal pencarian Google.

Google Doodle memang sering kali menampilkan gambar-gambar yang unik dan menarik, tergantung situasi dan peringatan suatu hal penting di suatu hari.

Lalu, kenapa saat ini Google memilih gambar makanan ini? Apakah ada peringatan tertentu? Atau ada hal lain?

Peringatan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Tempe menjadi gambar yang muncul di halaman pencarian Google
Sumber foto: Kompas.com

Jika NawaReaders mencoba membuka mesin pencarian Google hari ini (29/10), kalian akan menemukan gambar unik, yaitu tempe.

Gambar yang ditampilkan tersebut merupakan hasil karya illustrator asal Semarang, yang bernama Reza Dwi Setyawan.

Untuk pemilihan gambar di Doodle tersebut, menurut Google, hal itu karena makanan fermentasi asal Indonesia tersebut usianya sudah mencapai 400 Tahun!

Bukan hanya itu, selain sudah berusia sangat tua, Tempe Mendoan, yang merupakan salah satu jenis tempe di Indonesia, juga secara resmi ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

Untuk peresmiannya, dilakukan tepat pada tanggal saat ini, setahun yang lalu.

Sekilas Mengenai Tempe

Tempe
Sumber foto: Kompas.com

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa saat ini tempe sudah berusia 400 tahun. Menurut informasi dari situs resmi Google, tempe pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an.

Mengenai lokasinya, berada di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah. Hal ini tercatat dalam Serat Centhini. Hasil dokumentasi ini, berupa tulisan dalam bentuk syair.

Meskipun pertama kali terdokumentasikan di Indonesia, saat ini tempe sudah menjadi bahan konsumsi masyarakat di seluruh dunia.

Biasanya, orang-orang menikmati tempe sebagai pengganti daging. Selain itu, makanan ini juga biasanya tersaji dengan dipadukan bersama nasi atau pun sayur.

Olahan Kedelai Penuh Nutrisi

Ada alasan mengapa makanan khas orang Indonesia ini sering kali menjadi pengganti daging. Selain rasanya yang nikmat, makanan olahan kedelai ini juga memiliki aneka manfaat, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak.

Bukan hanya itu, makanan ini juga memiliki aneka macam hal yang dibutuhkan manusia, seperti protein, serat, prebiotik, hingga vitamin B12.

Dengan pelbagai manfaat tersebut, tentunya membuat makanan berbahan dasar kedelai ini menjadi pilihan yang populer bagi masyarakat, bukan hanya Indonesia, namun juga dunia.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.