Hidetaka Miyazaki: “Saya dan FromSoftware Lagi Bikin Gim Baru”

Kira-kira game apa yang akan Miyazaki garap kedepannya, Apakah sekuel Elden Ring, ataukah Souls-like lainnya?

Matias Arvino Andrhasa
Game Baru FromSoftware

Mengutip dari situs 4Gamer Jepang, pada Jumat (24/6) lalu, mereka mewawancarai Kepala FromSoftware dan mendapatkan kabar bahwa Miyazaki Hidetaka sedang meracik game baru. Miyazaki mengkonfirmasi bahwa FromSoftware memiliki beberapa game dalam pengembangan.

Gim ini sendiri sudah berjalan bersamaan dengan pengembangan Elden Ring, dan saat ini Miyazaki sedang mengawasi perkembangan gim ini.

“Sebagai sutradara, judul selanjutnya sudah dalam proses, jadi saya ingin menghindari spoiler di sana,” kata Miyazaki tentang rencananya.

Anehnya, dia menambahkan bahwa dia ingin membuat “fantasi dengan tingkat abstraksi yang lebih tinggi daripada karya-karya sebelumnya.”

Meskipun tampaknya tema jenis ini lebih merupakan hal yang kontras dan sangat jauh dari apa yang sedang Miyazaki kerjakan.

Game Terbaru yang Tidak Miyazaki Awasi Langsung

Gambar: Malenia – Elden Ring

Dari deskripsi Pipeline Studio, kita dapat berasumsi bahwa proyek FromSoftware yang saat ini mendekati tahap akhir, tetapi tidak Miyazaki sutradarai.

Dia hampir pasti tidak akan punya waktu untuk mengarahkan proyek lain bersamaan dengan Elden Ring, yang merupakan game terbesar FromSoftware yang pernah ada.

Dengan kata lain, kita mungkin tidak akan melihat gim atau proyek lainnya yang akan Miyazaki sendiri arahkan, seperti Elden Ring.

Pria yang ternama dengan waralaba Souls tersebut membahas pendekatannya terhadap proyek yang orang lain sutradari dalam wawancara yang sama.

“Saya hanya membuat konfirmasi minimal, dan saya mencoba untuk tidak melihat terlalu banyak,” katanya.

“Saya pada dasarnya adalah seorang sutradara, jadi ketika saya menyentuh judul yang sedang dalam pengembangan, saya akan memikirkannya (dan membicarakannya). Tapi dalam hal ini, saya bukan sutradara, saya tidak menjadi visi, dan saya tidak bisa bertanggung jawab sampai akhir. Jadi saya merasa bahwa pembicaraan ekstra akan memiliki banyak efek negatif pada gim dan proyek.”

Secara garis besar, game baru besutan FromSoftware kali ini masih di bawah nama pengembang ini, namun bukan Hidetaka Miyazaki yang mengawasinya. Namun, Tentunya hal ini bukan pertama kali dalam sejarah pengembang satu ini.

Kami mengambil salah satu contohnya yaitu Dark Souls 2, di antara trilogi Dark Souls ini, hanya Dark Souls 2 saja yang tidak beliau arahkan.

Bahkan gim ini masih hidup sampai detik ini sejak perilisannya di April 2015 lalu.

Dalam 2~3 bulan ini saja, pemain dari Dark Souls 2 masih pemain mainkan hingga lebih dari 1000 orang perbulannya.

Jadi kami rasa seharunya ini bukanlah menjadi sebuah masalah bagi FromSoftware.

Armored Core yang Menjadi Rumor

Game Baru FromSoftware
Gambar: Seri Armored Core

Beberapa bocoran menunjukkan bahwa FromSoftware menggarap seri game terbaru Armored Core, dan dari kebocoran tersebut, yang mencakup banyak tangkapan layar, tampaknya cukup jauh.

Ini hanya spekulasi, tetapi mengingat sejarah Miyazaki, masuk akal jika orang lain mengarahkan kebangkitan Armored Core yang belum terkonfirmasi saat ini.

Sementara Miyazaki memimpin yang orang duga-duga adalah gim Souls-like lainnya.

Berbicara tentang seri Armored Core sendiri, ini adalah gim mecha besutan FromSoftware.

Jika NawaReaders tahu, gim ini sendiri mirip sekali secara konsep maupun mekaniknya seperti gim Daemon x Machina besutan Marvelous dan XSEED Games.

Entah game terbaru apa yang akan FromSoftware berikan, baiknya tetap kita nantikan dan turunkan ekspetasi serendah mungkin untuk menghindari kekecewaaan.

Namun, apapun itu kita sebagai penikmat gim juga hanya bisa percayakan saja kepada FromSoftware.