Broadcasted by Galau Jikan FM

Ini Baru Rekor! Gamer Elden Ring Ini Selesaikan Gimnya Cuma Setengah Jam!

Adi Styadi
Elden
copyright: FromSoftware

Komunitas speedrunner selalu tertantang untuk menyelesaikan berbagai judul permainan dalam waktu singkat. Hal turut berlaku pada judul-judul souldborne keluaran From Software yang terkenal dengan tingkat kesulitannya yang menantang.

Mulai dari Demon Souls, Bloodborne, serta Dark Souls, ketiga judul tersebut terkenal tidak kenal ampun dalam gaya bermain player. Salah timing dalam menghindar sedikit, maka pemain harus mengulang lagi dari checkpoint.

Namun, Elden Ring hadir dengan sedikit perubahan yang membuat gim ini lebih accesible. Dengan desain dunia yang lebih terbuka dan skilloverpowered’, kritik mengatakan kalau judul ini cocok bagi orang-orang yang tertarik mencoba gim souls untuk pertama kali.

Speedrunner Elden Ring, Maksimalkan Glitch dan Desain Permainan

Seorang Speedrunner bernama Distortion2 mengunggah video sesi permainannya ke kanal YouTube-nya. Dalam sesi tersebut ia berhasil menamatkan cerita Elden Ring dalam waktu permainan 19 menit sejak ia mulai menciptakan karakter dan menyelesaikan area tutorial.

Elden

Kemudian, Ia menggunakan beberapa trik eksploitasi glitch dalam versi patch 1.02 untuk membuatnya terlempar ke beberapa area dalam permainan. Mulai dari berpindah tempat (warp), dan memperoleh item yang ia butuhkan untuk mengalahkan boss.

Distortion2 tidak cuma bergantung pada eksploitasi permainan, tapi juga skill platforming dan gameplay yang mendukung. Dia mengaku kalau untuk bisa menapai run sembilan belas menit itu, ia harus melakukan percobaan selama lebih dari 15 jam.

Berdasarkan situs Speedrun.com, sebelum Distortion2, sudah ada pemain lain bernama SpiceeTV yang menyelesaikan Elden Ring dalam 25 menit dengan metode yang serupa.

Waktu speedrun tersebut terhitung lebih cepat, bila membandingkan dengan judul Dark Souls 3 yang rekornya ada pada 31 menit. Dark Souls 3 sendiri punya desain yang lebih linear, dan jumlah Boss lebih banyak untuk pemain selesaikan sebelum sampai ke akhir cerita.

Elden Ring memang punya desain yang lebih luas, dan menawarkan berbagai rute yang bisa pemain pakai untuk menyelesaikan cerita. Dari 50 total boss yang ada, pemain cuma perlu mengalahkan 13 boss dalam mode permainan normal.

Distortion2 sendiri hanya perlu mengalahkan dua boss, sebelum berpindah ke tempat terakhir dan mengalahkan Elden Beast.

Nah, adakah dari NawaReaders punya impian jadi speedrunner Elden Ring setelah baca artikelnya? Adakah dari kalian yang punya rekor gercep selesaikan gim lainnya?

Salurkan jawabanmu melalui kolom komentar di media sosial Nawala Karsa, ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.