Pada hari Rabu (2/9/2020), manga Yotsuba chapter 106 baru saja dirilis. Kisah kali ini akan menceritakan tentang pengalaman Yotsuba yang pertama kali datang ke tempat pangkas rambut khusus wanita.

Spoiler Alert Artikel berikut berisi spoiler dari isi cerita seri Yotsuba&!

‘Tempatnya keren, ya!’

Manga Yotsuba chapter 106 Yotsuba&!
FOTO: ASCII Media Works / Kiyohiko Azuma

Pada halaman pertama pada chapter terbaru manga Yotsuba&!, terlihat Yotsuba dan ayah angkatnya, Yousuke Koiwai tengah duduk di dalam tempat pangkas rambut dan salon Margarita. Disana, Yotsuba nampak terkesan dengan tempat tersebut.

Ia menatap pada salah satu pencukur yang tengah memotong rambut salah satu pelanggan. Kepada ayahnya, Yostuba menyebut bahwa tempat tersebut sangat mewah, berbeda dengan tempatnya biasa bercukur yakni rumahnya sendiri.

Terlebih, Yotsuba juga terpesona dengan para pencukur yang memiliki banyak gunting di kantongnya.

Yotsuba ingin jadi Pencukur Rambut?

Manga Yotsuba chapter 106 Yotsuba&!
FOTO: ASCII Media Works / Kiyohiko Azuma

Terkagum-kagum dengan hal tersebut, Yotsuba menyebut bahwa ia ingin menjadi seorang tukang cukur. Namun, ayahnya menyebut bahwa ia tidak cocok untuk menjadi tukang cukur dan menyarankannya agar menjadi pelanggan biasa lalu duduk diam.

“Duduk diam, ya?” ujar Yotsuba. Gadis berambut hijau dengan kuncir clover tersebut menyebut bahwa ia tidak dapat duduk diam seperti itu dan akan mudah bergerak dengan sendirinya.

Ia pun mendapat giliran untuk mencukur. Yotsuba duduk tenang dengan menggunakan jubah pelanggan pencukur rambut sembari menatap pelanggan lainnya serta salah satu buku yang terdapat pada meja didepannya.

Saat ditawari untuk membaca buku bergambar, ia lebih menginginkan membaca buku tentang makanan yang ada didepannya. Dengan cover buku bergambarkan Sushi, dengan polosnya ia menyebutkan kepada sang pencukur rambut bahwa ia menyukai Sushi.

‘Aku terlihat lebih cantik sekarang!’

Manga Yotsuba chapter 106 Yotsuba&!
FOTO: ASCII Media Works / Kiyohiko Azuma

Dalam chapter manga ke-106 tersebut, terlihat Yotsuba bersama ayahnya kembali ke rumah dengan berjalan kaki. Melewati salah satu kaca toko, ia menatapi dirinya yang telah mencukur rambut seraya berkata “Aku terlihat cantik sekarang.”

Indahnya dirinya juga membuat ayahnya, sekaligus hal-hal yang ada disekitarnya terlihat lebih indah.

Dalam perjalanan pulang, ia menunjuk salah satu toko di seberang jalan. Toko tersebut merupakan toko roti yang baru saja dibuka. Tanpa menunggu lama, Yousuke memutuskan untuk mengunjungi toko tersebut sembari membeli sesuatu untuk dibawa pulang bersamanya untuk dimakan di rumah.

Meski demikian Yotsuba, sembari menangis, merasa kecewa bahwa roti yang ia makan saat ini tidak sesuai bayangannya, yang penuh dengan isi krim didalamnya. Roti tersebut kosong melompong. Meskipun begitu, ia tetap memakannya lantaran rasanya yang tidak terlalu buruk.

Membuat buku bersama bapak

Manga Yotsuba chapter 106 Yotsuba&!
FOTO: ASCII Media Works / Kiyohiko Azuma

Menggambar menggunakan watercolor, Yotsuba menggambar Fuuka yang tengah memegang es krim sembari melihat rerumputan. Meskipun gambar yang dibuatnya tidak mirip sama dengan yang ia paparkan, ayahnya menyebut bahwa gambar tersebut cukup membuatnya rileks.

Tak lama, Yotsuba berpikir jika ia dapat menjadi salah satu pembuat buku bergambar. Namun, ia kebingungan. Bagaimana caranya untuk membuat sebuah buku? Bermodalkan pemotong kertas dan penggaris, ia diajarkan untuk membuat buku secara manual.

Tentu bukan buku yang sesungguhnya. Buku yang dimaksud tersebut merupakan hasil lipatan-lipatan kertas yang telah dipotong dan diukur agar dapat memiliki ukuran yang sesuai. Yotsuba dengan girangnya memuji cara sang ayah membuat lipatan-lipatan tersebut.

Dan dengan demikian, Yotsuba kembali menggambar. Kali ini, pada ‘buku’ yang dibuat ayahnya tersebut.

Tentang manga Yotsuba

Manga Yotsuba (kadang ditulis Yotsubato, Yotsuba to, atau Yotsuba&!) merupakan manga karangan yang dibuat oleh Kiyohiko Azuma, mangaka serupa yang turut membuat seri yonkoma atau 4-koma Azumanga Daioh.

Manga ini sendiri telah menerima penghargaan dari sejumlah institusi. Salah satunya adalah Osamu Tezuka Culture Award tahun 2016, Japan Media Arts Festival 2006 bagian Excellence Award for Manga.

Seri manga tersebut diterbitkan pada majalah Dengeki Daioh melalui penerbit MediaWorks di Jepang, yang kini berganti nama menjadi ASCII Media Works. Volume manga Yotsuba kini telah mencapai volume ke-14.

Di Indonesia, hak penerbitan manga Yotsuba dipegang oleh Elex Media Komputindo. Volume perdana manga karangan Kiyohiko Azuma tersebut terbit pertama kali di nusantara pada tanggal 6 Mei 2015 dengan jumlah 232 halaman, dan menggunakan kertas jenis koran.

Berikut adalah sinopsis dari manga Yotsuba versi Elex Media Komputindo:

Hai, namaku Yotsuba Koiwai. Umurku 5 tahun. Aku baru pindah ke rumah baru bersama ayahku. Jumbo, teman ayahku yang besaaar juga ikut membantu. Di sebelah rumah baruku ada 3 kakak perempuan. Kak Asagi yang cantik, Kak Fuuka yang sigap, dan Kak Ena yang pintar. Aku suka sekali dengan lingkungan baruku larena ada ayunan, eskalator, juga AC yang belum pernah kulihat!

Informasi Hak Cipta Segala gambar serta isi cerita yang ada dalam artikel ini memiliki hak ciptanya tersendiri. Nawala Karsa ID menghormati hak cipta dari tiap individu, kelompok, perusahaan, dan lain-lain.
Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio