Broadcasted by Galau Jikan FM

Kebanggaan Wibu! Yuk, Kenalan dengan Karakter Indonesia Hetalia World Stars

Masih dalam semarak HUT ke-77 RI, yuk, kita kenalan dengan personifikasi negeri tercinta lewat karakter Indonesia dari Hetalia World Stars ini!

Fida Zalfa L.Y.
Indonesia Hetalia World Stars
Fanart Indonesia dari manga Hetalia World Stars | FOTO: @ Twitter / Wi_draw | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Karakter Indonesia sempat ramai diperbincangkan terutama ketika penayangan serial adaptasi anime Hetalia World Stars mengudara.

Hetalia World Stars sendiri merupakan manga buatan Himaruya Hidekaz. Manga ini bercerita tentang negara-negara di dunia sebagai manusia.

Hetalia World Stars adalah manga terakhir dari waralaba Hetalia. Sebagai salah satu negara, Indonesia pun tidak luput dijadikan karakter.

Namun, seperti apa, sih, karakter Indonesia dalam manga ini? Mau tahu fakta-fakta uniknya juga? Yuk, langsung saja simak artikel ini!

Kemunculan Karakter Indonesia Hetalia World Stars

Thailand (kiri), Indonesia (tengah), Filipina (kanan) dalam Anniversary Book Comic Market 45 | FOTO: @ Hetalia fandom / Hidekaz Himaruya | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Visual Indonesia dari Hetalia World Stars pertama kali muncul dalam Anniversary Book Comic Market 45 yang rilis pada Senin (28/12/2020).

Akan tetapi, Indonesia sendiri baru debut di chapter 371 manga tersebut pada Kamis (15/04/2021).

Hingga saat ini, Indonesia telah muncul antara lain di chapter 372, chapter 373, chapter 375, chapter 376, chapter 377, chapter 378, chapter 382, chapter 398, dan chapter 429.

Profil Indonesia Hetalia World Stars

Indonesia Hetalia World Stars
Penampilan Indonesia di manga Hetalia World Stars | FOTO: @ Hetalia fandom / Hidekaz Himaruya | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Nama Indonesia diberitahukan pada chapter 373. Di akhir chapter yang sama juga, terdapat profil karakter Indonesia, yakni:

Dia adalah negara kepulauan yang pertumbuhan pesatnya telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

Dia santai dan ramah, tetapi malu-malu dengan cara yang ganjil.
Dia suka memulai percakapan dengan, “Mau ke mana?”

Dia sangat menyukai makanan manis, bahkan di antara semua negara Asia Tenggara yang menyukai makanan manis.

Menurutnya tempat-tempat gelap itu menakutkan.
Bahkan ketika sesuatu yang buruk terjadi, Tidak apa-apa!

Catatan: tidak apa-apa di sini ditulis “tidak apa-apa” dalam bahasa Indonesia.

Awalnya Dikira Akan Jadi Perempuan

Sketsa seorang wanita dengan bendera Indonesia oleh Himaruya | FOTO: @ himaruya.blog61.fc2 / Hidekaz Himaruya | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Sebelum visual akhir karakter Indonesia dirilis, Himaruya-sensei membuat gambar seorang wanita dengan bendera Indonesia.

Tak sedikit yang mengira ini visual karakter Indonesia. Namun, sebenarnya Himaruya-sensei hanya membuat gambar seseorang yang dia temui di Indonesia.

Sementara itu, tulisan di gambar tersebut berbunyi:

“Saya menerima banyak permintaan dari fan Indonesia untuk menggambar Indonesia-san. Saya melihat Indonesia sebagai orang yang berkemauan keras.

Orang Indonesia itu ceria, tetapi juga pemalu di beberapa titik; saya merasa ada banyak orang Indonesia yang pandai mencari tempat dengan makanan enak.”

Indonesia dan Sepeda Motor

Indonesia Hetalia World Stars
Indonesia menaiki sepeda motornya (kiri) dan Indonesia menunjukkan foto dirinya dengan sepeda motornya di gawainya yang berlayar retak (kanan) | FOTO: @ Hetalia World Stars / Hidekaz Himaruya | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Saat Filipina meminta Indonesia untuk mengatakan rahasia pertumbuhan ekonominya, kata Indonesia, “Kurasa kau bisa bilang … memberi hadiah pada diri sendiri?”

Indonesia kemudian bilang bahwa dia membeli sepeda motor sambil menunjukkan foto dirinya bersama sepeda motornya di gawai.

Gawai Indonesia terlihat retak-retak. Namun, kata Indonesia, dia baik-baik saja. “Aku masih bisa menggunakan aplikasi seperti KASKUS dan Whatsapp.”

Indonesia terlihat menaiki sepeda motornya saat mengobrol dengan Malaysia serta sempat terlihat terjebak macet saat mengendarai sepeda motornya.

Fakta Unik Indonesia Lainnya

Berurutan dari kiri ke kanan adalah Singapura, Thailand, Indonesia, dan Filipina | FOTO: @ Twitter / hima_kaz | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Di chapter 373, Indonesia terbata-bata saat menyampaikan pidato pembukaan karena tidak pandai dalam hal formal seperti itu.

Di chapter 398, Indonesia paling menyukai Islandia. Nomor dua setelahnya adalah Malaysia.

Di chapter 429, Indonesia disebut sebagai produsen minyak sayur terbesar.

Makanya, Indonesia adalah salah satu karakter yang paling banyak di-request.

Ketika Italia berkunjung, Indonesia berkata ingin membangun tempat pariwisata yang bisa dinikmati orang dari seluruh dunia.

Manga Hetalia World Stars sendiri telah diadaptasi menjadi anime 15 episode pada 2021 lalu. Anime ini dapat ditonton di Muse Indonesia ataupun Bstation.

Mari kita doakan semoga adaptasi anime Hetalia World Stars berlanjut sehingga kita dapat melihat karakter Indonesia dalam versi animenya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.