5 Rekomendasi Anime Horror Anti Mainstream Spesial Halloween 2020

Avatar
Anime Horror Halloween

Untuk menyambut musim Halloween 2020, kalian juga bisa merayakannya dengan menonton film horror. Bagi kalian pencinta anime, saya akan memberikan rekomendasi anime bergenre horor atau thriller yang bisa menjadi pilihan untuk menyambut Halloween.

Inilah 5 anime bergenre horror dan thriller cocok ditonton saat Halloween versi saya.

1. Junji Ito: Collection

Junji Ito' Collection Review - Spotlight Report

Diadaptasi dari serial manga legendaris karya Junji Ito, Junji Ito: Collection merupakan anthology anime yang menceritakan kisah horror, misteri, bahkan menyeramkan. Kisah yang diangkat dalam anime ini adalah kisah-kisah dari manga Ito Junji Kessaku-shu (Junji Ito Masterpiece Collection) yang terdiri dari 11 series. Anime ini diadaptasi oleh Studio Deen dan rilis pada 5 Januari 2018 dan terdiri dari 12 episode 2 episode OVA.

Menurut saya, anime ini sangat cocok bagi kalian pencinta horror apalagi ditonton saat musim Halloween. Mengapa? Manga Junji Ito sendiri terkenal dengan kengerian yang ditampilkan dengan apik, baik dari segi cerita maupun gambarnya. Namun sayangnya, versi animenya kurang memberikan chill dan visualnya pun agak kurang menyeramkan jika dibandingkan dengan manganya. Episode paling horror dan mengerikan menurut saya adalah kisah Slug Girl (episode 3) dan Marionette of Mansion.

2. Death Parade

Watch Death Parade Streaming Online | Hulu (Free Trial)

Apabila kebanyakan anime diadaptasi dari manga, light novel, atau game, Death Parade memberikan suguhan ide orisinil nan unik. Anime produksi Studio MadHouse ini memiliki premis cukup bagus dan menarik. Meskipun anime ini bergenre horror, tak jarang anime ini juga memberikan wejangan mengenai kehidupan.

Death Parade dimulai dengan dua orang terbangun di dalam sebuah bar misterius, di mana sang bartender meminta dua orang tersebut memainkan sebuah permainan maut yang nantinya menentukan mereka apakah mereka akan masuk surga atau neraka. Menurut saya, anime ini seperti menggambarkan bagaimana kehidupan kita setelah meninggal dan mempertanggungjawabkan dosa-dosa dan kesalahan kita di dunia.

Menang kalahnya kedua orang ini tidak akan berpengaruh karena keduanya sudah meninggal. Kemenangan juga tidak menjadi patokan bisa pergi ke surga, karena surga-neraka ditentukan dari perbuatan selama di dunia. Kedua orang kompetitor yang awalnya hanya bersenang-senang, kemudian menampilkan sisi gelap dalam diri mereka demi sebuah kemenangan. Setelah sisi gelap mereka terlihat, maka sang bartender yang bernama Decim akan menentukan nasib mereka, apakah dikirim ke surga atau ke neraka melalui lift ke alam baka.

3. Yami Shibai

Anime Horor Yamishibai Siap Kembali Tebar Kengerian - KINCIR.com

Bagi saya, Yami Shibai merupakan rekomendasi anime horror terbaik karena mengangkat premise yang berbeda dengan anime horror kebanyakan. Berbeda dari anime biasa, visual Yami Shibai ini menggunakan gaya Kamishibai, yaitu bercerita menggunakan gambar -gambar di atas kertas. Anime ini dibuat seolah kamu sedang melihat gambar-gambar di atas kertas bertumpuk yang membuat anime ini semakin seram. Tak hanya itu saja, anime ini juga sering memberikan jumpscare  dan musik yang mengangetkan.

Yami Shibai terdiri dari 7 season dengan masing-masing 12 episode berdurasi singkat 3-5 menit. Setiap episodenya, anime ini menampilkan urban legend dan misteri Jepang yang berbeda. Anime ini diawali dengan munculnya seorang pria tua dengan topeng kuning  di taman bermain anak-anak setiap jam 5 sore. Pria tua ini menceritakan kisah horor dari cerita mistis dan cerita rakyat Jepang dengan menggunakan metode Kamishibai.

Dari semua episode, menurut saya cerita yang paling seram adalah episode The Talisman Woman. Episode ini menceritakan seorang pemuda yang baru pindah apartemen dan merasa terganggu oleh kelakuan wanita di seberang kamarnya. Seperti namanya, wanita berjimat tersebut memberikan jimat-jimat ke dalam rumah pria tersebut. Tak tak tahan dengan perlakuan itu, Ia mencabut semua jimat yang ada di rumahnya. Alhasil sosok menakutkan mulai muncul di ruangannya.

4. Shiki

anak korban dari shiki

Shiki merupakan anime yang diadaptasi dengan judul yang sama karya Fuyumi Ono. Anime bergenre horror supernatural ini berhasil menciptakan visual yang mencekam, namun tetap unik dan keren. Anime produksi Studio Daume ini terdiri dari berjumlah 24 episode dan 2 episode spesial.

Anime ini menceritakan kehidupan masyarakat di desa Sotoba yang tenang,damai dan tentram. Bahkan masyarakatnya pun tidak menutup pintu rumah masing-masing karena desa Sotoba saking amannya.  Namun, hal aneh terjadi ketika keluarga Kirishiki yang kaya raya dan bergaya ala bangsawan Eropa tinggal di desa tersebut. Saking ramahnya, masyarakat di desa itu mengundang keluarga Kirishiki untuk bertamu di rumah mereka.

Tanpa mereka sadari, keluarga Kirishiki merupakan shiki/okiagari atau menurut saya lebih mirip vampir atau zombie hidup. Teror di desa ini dimulai ketika salah satu warga mati mengenaskan dan terdapat bekas gigitan di lehernya. Korban pun perlahan jatuh satu per satu dan meninggalkan teror di desa itu.

Pada awalnya, saya mengira anime ini merupakan anime horror biasa yang hanya bermodalkan jumpscare dan storyline yang cliche serta mainstream. Namun, di luar dugaan, anime ini cukup mengerikan dan visual yang ditampilkan pun disturbing. Model rambut dan ekspresi karakter tak biasa dan cukup aneh memberikan kengerian tersendiri bagi saya.  Tetapi, keanehan itulah yang membuat anime ini sangat unik dan tak hanya sekadar menampilkan visual yang imut-imut saja.

Tak hanya itu saja, anime ini juga sangatlah sadis dan cukup gore, bahkan darah yang muncrat di mana-mana pun sudah biasa ditampilkan di anime ini.

5. Kagewani

Kagewani: Shou (2016)

Kagewani adalah anime dengan tema suspense horror serta visual dengan gaya Kamishibai sehingga memberikan kengerian tersendiri bagi penontonnya. Alih-alih menampilkan pembunuh sadis, hantu, atau makhluk gaib, anime ini justru menampilkan monster sebagai elemen horror. Jadi, anime horror ini cocok kalian tonton saat musim Halloween 2020.

Kagewani adalah seri anime singkat berdurasi 8 menit yang ditayangkan di situs Ultra Super Anime Time yang merupakan tempat menampilkan anime berdurasi singkat. Anime produksi studio Tomovies disutradarai oleh Tomoya Takashima dan naskah yang ditulis oleh Hiromu Kumamoto. Desain karakter di anime ini dibuat oleh Ami Fujikawa serta Ryouma Hori dengan desain monster yang ditangani oleh Shunsaku Matsurida.

Anime ini bercerita tentang sebuah bencana yang cukup aneh di sebuah kota, di mana munculnya monster misterius dan berjumlah sangat banyak menyerang orang-orang, bahkan menjadikannya sebagai “mainan” mereka.

Banba Sousuke,  ilmuwan dari Kyou’ou Science University mengalami kontak dengan sosok makhluk hidup aneh yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Makhluk tersebut bernama Kagewani dan asal-usul makhluk tersebut tidak diketahui. Sebagai ilmuwan yang pernah mengalami masa lalu dengan makhluk tersebut, Banba Sousuke pun melakukan penyelidikan terhadap Kagewani.

Anime ini menyuguhkan kehadiran sekumpulan makhluk-makhluk misterius dan fenomenal, mulai dari makhluk menyerupai Yeti, cacing raksasa yang hidup dibawah tanah (bagaikan di film Tremor dan diceritakan layaknya film tersebut juga), hingga monster yang dapat menghilang tembus pandang,

Itulah 5 rekomendasi anime horror untuk kalian tonton di musim Halloween 2020. Apakah daftar diatas cocok buat kalian tonton? Atau kalian punya rekomendasi pribadi? Berikan tanggapan dan komentar kalian dibawah, ya!