Broadcasted by Galau Jikan FM

Tips Interaksi Komunitas Seru Ala Mobile Legends Bang Bang!

Adi Styadi
Mobile Legends Bang Bang

Semua brand pasti ingin punya komunitas yang besar dan solid. Perlu perjuangan keras dan waktu lama untuk mewujudkannya, belum lagi mempertahankan komunitas tersebut. Komunitas memberikan inspirasi untuk berkembang dan membuat brand jadi lebih baik. Oleh karena itu, aspek ini menjadi cermin nilai sebuah brand.

Akan tetapi pemberian promosi dan diskon tidak selalu jadi jawaban total untuk membentuk komunitas yang setia. Brand perlu mempunyai nilai tambah dan dukungan terhadap anggota komunitas, singkatnya, komunikasi mereka harus bersifat dua arah.

Mobile Legends Bang Bang, atau lebih terkenal sebagai MLBB adalah gim MOBA populer untuk ponsel pintar. Dengan Moonton sebagai developer, gim satu ini berhasil menggaet ribuan pemain, dan di Indonesia sendiri, ada 300 pemimpin komunitas dari seluruh negeri.

Mobile Legends Bang Bang
JOOX

Bagaimana Mobile Legends mempertahankan komunitas sebanyak itu? Salah satunya, adalah kegiatan luring yang mereka gelar secara berkala. Ada turnamen, lomba, dan sebagainya.

Akan tetapi, ketika pembatasan sosial terjadi, mereka perlu menyesuaikan beberapa hal untuk tetap menjaga kegiatan tetap berjalan. Salah satunya, menggunakan media virtual.

JOOX Room Jadi Solusi MLBB

Iman Nuseha, Spesialis Komunikasi MLBB berbagi pengalaman dan tips untuk mempertahankan hubungan baik dengan komunitas. Salah satunya, adalah dengan memanfaatkan fitur interaktif baru milik JOOX bernama JOOX Rooms.

Mobile Legends Bang Bang
JOOX

Fitur ini memberikan akses ke ruang virtual di mana anggota dapat berinteraksi menggunakan audio atau video.

1. Akses dan Kesempatan Komunikasi Langsung

Semua orang dapat mengakses fitur Rooms, dan membuka ruang untuk mengajak teman-teman berkumpul secara virtual. Dalam ruangan tersebut mereka bisa berbicara santai sambil mendengar lagu kesukaan mereka.

“Pertemuan virtual lewat Rooms jadi kegiatan populer komunitas Mobile Legends. Kami dapat bertemu dan ngobrol, bahkan membicarakan tentang update terbaru Mobile Legends terhadap para pendengar,” jelas Iman.

Pengguna juga bisa mengatur privasi Rooms tersebut untuk pembicaraan yang bersifat internal.

2. Ciptakan Suasana Menyenangkan Selama Pertemuan Virtual

Tentunya pertemuan yang seru tidak bisa berdiri sendiri. Karena itu, JOOX menyematkan berbagai fitur untuk membuat ruang virtual tidak garing.

Selain fitur mendengarkan lagu, ada juga fitur gratis lain untuk seru-seru bareng. Rooms mode karaoke misalnya, yang berisi lagu-lagu baru dan seru. Salah satunya adalah ‘We Better Than Me‘, lagu tema dari Mobile Legends.

Yuanita Agata, Kepala Marketing JOOX menjelaskan kalau fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan audiens.

3. Terhubung dan Berkembang Bersama

Dengan menerapkan komunikasi yang efektif terhadap audiensbrand dapat mengundang lebih banyak orang dalam komunitas, dan mempertahankan hubungan yang sudah ada.

“Kami senang mengenalkan komunitas Mobile Legends kepada siapapun dan memberi tahu manfaat keseruan dari bermain gim.” Kata Iman.

Bagi Iman, setiap membuat JOOX Rooms, topik yang mereka bicarakan adalah tutorial dan mekanik dari Mobile Legends. Selain itu, mereka juga membuka peluang untuk anggota lain untuk berbagi tips-trik, maupun kemampuan selain bermain gim. Contohnya? Karaoke.

Dengan komunikasi yang interaktif antara moderator dan anggota, Mobile Legends berkomitmen untuk terus mendukung komunitas mengembangkan bakat, baik dalam gaming atau non-gaming.

Siapa saja bisa bergabung dengan Komunitas Mobile Legends di JOOX Rooms mulai 11 April hingga 11 Mei 2022. Setiap ngabuburit jam 4 sore dan usai Sholat Tarawih jam 9 malam, akan diputar lagu ‘We Better Than Me‘ yang juga tersedia di platform JOOX.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.