Setelah diumumkan akhir tahun lalu oleh tim riset properti intelektual (PEROs) milik Toei. Anime pendek berjudul URVAN ditayangkan lewat kanal Youtube resmi milik Toei. Dalam film animasi pendek ini, kota Sasebo, yang terletak di prefektur Nagasaki disulap dengan gaya cyberpunk dan menjadi tempat bermain untuk dua orang karakter misterius.

Film animasi ini diproduksi oleh Fukase Shintaro (Getsumen to Henki Mina), dengan Umezawa Atsutoshi sebagai storyboard. Umezawa sebelumnya memiliki beberapa pengalaman dalam menulis storyboard dari beberapa seri Digimon, serta File of Young Kindaichi. Kedua karakter didesain oleh Sachi Suzuki, sementara Takanashi Yasuharu yang juga membuat musik untuk serial Fairy Tail ikut ambil bagian dalam proyek ini.

Menampilkan kota Sasebo dalam atmosfir misterius yang keren

Dalam URVAN, berbagai tempat wisata dan tempat kunjungan menarik dipromosikan dalam gaya genre cyberpunk. Ada dua karakter yang nampak mempunya peran berkebalikan. Satu adalah perempuan misterius yang mengubah pemandangan kota menjadi bergaya cyberpunk, sementara satu karakter lagi mengembalikan kota tersebut pada versi dunia nyata-nya.

Dilansir dari PR Timesurvan sendiri merefrensikan kata kuno yang berarti ‘arwah’, dan menjadi kata asal untuk ‘obon’ atau ‘ura-bon-e. Obon sendiri adalah tradisi menghormati orang yang sudah meninggal, menurut adat istiadat Jepang.

Nampaknya dua karakter tersebut melambangkan dunia orang hidup dan dunia orang mati, yang saling berdampingan satu sama lain.

Produksi anime URVAN alami kendala akibat pandemi

Proses pengambilan gambar dari anime URVAN sempat mengalami kendala. Hal ini disebabkan oleh adanya state of emergency yang ditetapkan pemerintah Jepang akibat pandemi COVID-19. Untuk mengatasinya, staff anime bekerja sama dengan anggota Departemen Humanitarian dan Turis Internasional milik Universitas Internasional Nagasaki untuk mengambil berbagai foto lanskap dan foto detail dari berbagai lokasi.

Staff anime juga bekerja secara remote, mengandalkan program video konferensi Zoom, dan servis berbagi file Box untuk menyelesaikan proyek animasi. Cara ini merupakan metode produksi baru yang diterapkan dalam dunia animasi.

Tentang Sasebo, kota perkapalan Jepang

Sasebo adalah kota inti dari prefektur Nagasaki yang terkenal atas industri perkapalannya. Saking pentingnya kota ini dalam pembangunan angkatan laut Jepang, beberapa anime seperti Haifuri dan Kancolle, merefrensikan Sasebo selama beberapa kali dalam serinya.

Tempat-tempat wisata spesial disana salah satunya adalah Taman Nasional Saikai, dan taman bermain Huis Ten Bosch.

Nawala Karsa NK Kurio