Wow! Tarian Hare Hare Yukai dari Anime Haruhi Suzumiya Kembali Viral!

Seno Triadi
Tarian Lagu Anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya Hare Hare Yukai Meme

Kembali mencuat di Twitter, meme tarian lagu Hare Hare Yukai dari anime Haruhi Suzumiya yang populer di tahun 2006-an kembali terangkat di internet. Dikarenakan Aya Hirano, pemeran utama dari anime tersebut, menarikan kembali tarian meme tersebut, bagaimanakah fenomena ini terbentuk dan masih jadi meme hingga kini?

Fenomena Legendaris Hare Hare Yukai!

hare hare yukai ending

Hare Hare Yukai merupakan lagu tema penutup dari anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya produksi Kyoto Animation. Anime yang telah tayang pada 2006 silam menjadi sangat terkenal lantaran animasi penutup setiap episodenya disuguhkan tarian animasinya.

Semua karakter inti dari animenya, Haruhi Suzumiya, Mikuru Asahina, Yuki Nagato, Kyon dan Itsuki Koizumi, terlibat dalam tarian ini. Masing-masing karakter disuarakan oleh Aya Hirano, Yuko Goto, Minori Chihara, Tomokazu Sugita, dan Daisuke Ono.

Animasi tarian tersebut dikatakan terinspirasi dari beberapa video musik pada lagu grup idol di Jepang, Berryz Koubu. Walau demikian, lagu yang dikarang untuk penayangan anime tepat pada April 14 tahun lalu tetap terdengar catchy dan segar bagi penggemar pop kultur kala itu.

Viral dan Awet Selama 14 Tahun!

akiba 13 tahun silam

Kala anime Haruhi Suzumiya ditayangkan dan menampilkan ending animenya, seluruh penggemar pop kultur menanggap sangat baik meme tersebut. Banyak dari mereka menganggap bahwa tanpa adanya ide sekeuensi ini, Kyoto Animation tidak besar namanya hingga sekarang. Ada juga yang beranggapan bahwa jika kamu wibu pop kultur tidak mengetahui tarian ini, maka Kamu bukanlah wibu sejati.

Pasca animenya tayang, muncul banyak video dari para penikmat anime di Jepang peragaan dansa adegan penutup anime Haruhi Suzumiya tersebut.  Banyaknya peminat novel Haruhi Suzumiya hingga wibu jaman now sekalipun, lagu dan tarian ini mendapatkan predikat meme legendaris di komunitas pop kultur. Sampai-sampai flash mob dengan iringan lagu tersebut menjadi makanan sehari-hari para otaku di Akihabara, Jepang saking populernya.

Viralnya sekuensi anime tersebut menjadi dongkrak bagi franchise Haruhi Suzumiya tersendiri, yang terwakili dengan fenomena “Haruhiism”.

Banyak Versi dari Fans-nya lho!

Saking viralnya meme tarian tersebut, banyak cover lagu yang dimainkan oleh beberapa netizen. Termasuk diantaranya adalah Platina Jazz yang membawakan lagu dengan aransemen musik jazz untuk pecintanya. Untuk tariannya sendiri pun tak kalah viral, seperti pada contohnya dari lembaga pemasyarakatan Cebu, Filipina.

Bang Dream tidak ketinggalan untuk mengangkat lagi dengan aransemen berbeda. Dibantu oleh salah satu personil Elements Garden, lagu ini sempat dinyanyikan kembali oleh grup Hello! Happy World dengan bintang tamu Ran Mitake dan Aya Maruyama. Lagu ini sempat dirilis di Girls Band Party pada versi Jepangnya sebagai salah satu challenge songs dalam gimnya.

Aya Hirano Perkenalkan Hare Hare Yukai lagi!?

Aya Hirano kembali viral di internet lantaran mencetus kampanye tagar “Hare Hare Yukai di rumah aja”. Diunggah langsung ke setiap media sosialnya, para netizen bernostalgia kembali untuk bernyanyi dan menari bersama Hirano dalam lagu tersebut sebagai penghilang kebosanan karantina mandiri di tengah pandemi COVID-19.

Hirano juga mengunggah video berdurasi 10 menit di Instagram tutorial untuk menari Hare Hare Yukai dengan benar, jadi jangan sampai salah, ya Netizen!

Merespons cuitan tesebut, Tomokazu Sugita sebagai Kyon pun akhirnya ikut menari tarian viral legendaris tersebut. Dalam video terbarunya di AGRS, Ia memperagakan meme tersebut mengikuti irama musik meski mengeluhkan encok dan letih pasca selesai menarikannya.

Hingga artikel ini diangkat, sekitar 2.8 juta netizen menonton aksi Sugita tersebut di YouTube, sedangkan versi Hirano meraih 7.82 juta view di Twitter-nya sendiri.

Tak ketinggalan, Minoru Shiraishi, pengisi suara Taniguchi di animenya pun turut berpartisipasi dalam kampanye viral dengan meng-upload tariannya di YouTube.

Membludaknya tarian Hare Hare Yukai dari anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya di media sosial mengangkat kembali nama meme tersebut ke ranah internet. Bagi yang nostalgia dengan lagu maupun tarian ini, Kamu mau coba tidak?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.