Sutradara Sunao Katabuchi Umumkan Proyek Film Anime Terbarunya

film anime sunao katabuchi

Pada Kamis (25/3), akun resmi Twitter untuk perusahaan produksi anime CONTRAIL mengungkapkan bahwa perusahaan ini terdiri dari para staf yang terlibat dalam produksi film anime Kono Sekai no Katasumi ni (In This Corner of the World). Mereka juga mengumumkan bahwa sutradara film tersebut, Sunao Katabuchi, tengah merencanakan sebuah proyek film anime terbaru.

Tampilkan gambaran Jepang di era Heian

Para staf CONTRAIL sendiri mengungkapkan bahwa proyek film anime terbaru yang digarap oleh Sunao Katabuchi ini belum memiliki judul. Namun, konsep untuk film anime ini telah ditentukan, yaitu Sunao Katabuchi ingin menampilkan suasana masyarakat Jepang di kota Kyoto pada 1.000 tahun yang lalu.

Agar mendapat ide film tersebut dengan jelas, Sunao Katabuchi ingin agar para penonton memiliki pemikiran terhadap seperti apa masyarakat Jepang pada 1.000 tahun yang lalu. Rencananya, ia akan menampilkan era Heian, yaitu sebuah era dimana Kyoto menjadi ibukota Jepang serta kesusastraan Jepang berkembang pesat. Novel pertama di dunia, The Tale of Genji karya Murasaki Shikibu, pertama kali diterbitkan pada era ini.

Meski era Heian termasuk sebagai sebuah era dimana kebudayaan Jepang berkembang pesat, ada beberapa hal buruk yang tidak ikut didokumentasikan dalam berbagai karya sastra Jepang. Contohnya seperti penyebaran wabah penyakit yang melanda masyarakat pada saat itu.

Sebagai langkah awal, baru-baru ini, Sunao Katabuchi telah mengadakan serangkaian acara talk show yang membahas mengenai gambaran yang biasanya terbersit dalam benak banyak orang ketika mendengar kata era Heian. Staf CONTRAIL menyatakan bahwa salah satu acara dari rangkaian talk show tersebut dapat disaksikan melalui platform Nico Nico Douga dan program hanya tersedia dalam bahasa Jepang.

Tentang Sunao Katabuchi

Sunao Katabuchi adalah seorang sutradara, penulis skrip, dan juga storyboard artist asal Jepang. Ketika ia menjadi seorang mahasiswa di Nihon University, Katabuchi berpartisipasi dalam tim penulis untuk film Sherlock Hound yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki, salah satu co-founder Studio Ghibli dan juga sutradara ternama. Kariernya di dunia perfilman dimulai ketika ia memasuki Telecom Animation Film setelah lulus kuliah.

Ia bergabung dengan Studio 4°C pada tahun 1999 dan ikut memproduksi film Princess Arete yang dirilis pada 2001 dan memenangkan serangkaian penghargaan. Sunao Katabuchi juga pernah bergabung dalam studio animasi Madhouse dan ikut serta dalam produksi berbagai anime seperti Black Lagoon.

film anime sunao katabuchi

Nama Sunao Katabuchi mulai semakin dikenal ketika ia menyutradarai film anime Kono Sekai no Katasumi ni atau In This Corner of The World yang dirilis pada November 2016.

Film yang disutradarai Sunao Katabuchi ini mendapat sambutan meriah dari para penggemar film dan anime di seluruh dunia, termasuk saat sempat ditayangkan di Indonesia. Film Kono Sekai no Katasumi ni juga memperoleh berbagai penghargaan dari seluruh dunia.