Pada Januari 2019 lalu, penerbit Shueisha merilis sebuah aplikasi bernama MANGA Plus untuk para penyuka manga di luar Jepang. Sejak dirilis, aplikasi yang menampilkan lebih dari 60 judul manga yang legal dan gratis telah menjangkau banyak penggemar manga Jepang di berbagai negara, memungkinkan mereka untuk mengakses manga dari sumber yang legal.

20 Negara dengan Akses Terbanyak

Editor Shonen Jump+ milik Shueisha, Yuuta Momiyama, mengungkapkan tren penggemar yang membaca manga melalui layanan MANGA Plus pada hari Selasa (14/10). Tren itu ia rangkum ke dalam daftar negara-negara yang paling banyak mengakses MANGA Plus sepanjang sebulan terakhir. Berikut adalah 20 negara yang masuk dalam daftar tersebut.

  1. Amerika Serikat
  2. Thailand
  3. Indonesia
  4. Meksiko
  5. Filipina
  6. Spanyol
  7. Malaysia
  8. Brazil
  9. Peru
  10. Jerman
  11. Italia
  12. Argentina
  13. Chile
  14. Kolombia
  15. Prancis
  16. India
  17. Kanada
  18. Inggris
  19. Vietnam
  20. Singapura

Manga Plus Dapat Dijangkau Para Penggemar Luar Jepang

Melalui daftar ini, dapat disimpulkan bahwa layanan MANGA Plus benar-benar telah menjangkau para penggemar manga di seluruh dunia. Tidak hanya penggemar di Asia saja, namun para penggemar manga di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa juga menggunakan layanan tersebut. Indonesia sendiri berada di peringkat ketiga dalam daftar tersebut.

Tren Pembaca dan Kepopuleran Serial Manga di MANGA Plus

Selain mengunggah daftar 20 negara yang paling banyak mengakses MANGA Plus, Momiyama juga mengungkapkan salah satu aspek dari tren pembaca yang menikmati MANGA Plus adalah chapter terbaru dari sebuah serial manga terkenal akan memiliki 1 juta pembaca yang mengikutinya dalam platform legal. Saat ini, serial manga yang paling diminati para pembaca di MANGA Plus adalah chapter ke-8 dari Monster karya Naoya Matsumoto dan SPYxFAMILY karya Tatsuya Endou.

Mengenai kepopuleran serial manga dalam MANGA Plus, Momiyama pernah berkata bahwa serial manga yang tidak diadaptasi menjadi serial anime atau film hampir tidak pernah populer di kalangan para pembaca di luar negeri. Momiyama berspekulasi mengenai aspek kepopuleran manga di layanan ini; serialisasi dalam MANGA Plus dipengaruhi oleh kualitas Shonen Jump+ dan ketiadaan manga yang muncul dari sumber ilegal.

Tertarik untuk membaca manga di MANGA Plus milik Shueisha? Kalian dapat mengaksesnya melalui situs resminya atau aplikasinya yang dapat diunduh di iOS App Store bagi para pengguna perangkat Apple dan Google Play Store bagi para pengguna perangkat Android.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio