Ajang penghargaan film animasi internasional Bucheon International Animation Festival (BIAF) 2020 yang diadakan di Korea Selatan telah mengumumkan para pemenangnya pada Senin (26/10) lalu. Berbagai film anime asal Jepang sukses meraih sejumlah penghargaan dalam gelaran tersebut.

Film apa saja yang memenangkan perhargaan?

Children of the Sea
©️2019 Daisuke Igarashi Shogakukan Children of the Sea Committee

Film pertama yang memenangkan penghargaan dalam BIAF 2020 adalah film anime Children of The Sea karya sutradara Ayumu Watanabe dan studio animasi 4°C. Film tersebut memenangkan Grand Prize untuk kategori International Competition – Feature Film dan meraih penghargaan spesial dalam kategori Music Prize – Special Mention. Masih dalam kategori yang sama, film anime karya sutradara Hiroyuki Imaishi serta studio XFLAG dan Trigger, Promare, memenangkan penghargaan Audience Prize.

Selain Children of The Sea dan Promare, ada pula sebuah film anime kolaborasi Jepang dan Indonesia yang berhasil memenangkan penghargaan dalam ajang tersebut. Film berjudul True North, sebuah film tentang kehidupan seorang anak lelaki di Korea Utara yang disutradarai Eiji Han Shimizu tersebut meraih penghargaan Special Distinction Prize dalam kategori International Competition – Feature Film.

Film-film anime lainnya dari Jepang yang memenangkan penghargaan dalam BIAF 2020 adalah film Ghost in The Shell: Ghost Chaser karya sutradara Hiroki Higashi yang mendapat penghargaan Jury Prize dalam kategori International Competition – VR. Film pendek hasil kolaborasi Jepang dengan Prancis dan Denmark yang disutradarai oleh Sarina Nihei, Polka-dot Boy, dan film pendek hasil kolaborasi Jepang dan Jerman yang disutradarai oleh Shoko Hara, Just A Guy, masing-masing memenangkan penghargaan Special Distinction Prize dalam kategori International Competition – Short Film.

Tentang Bucheon International Animation Festival

Bucheon International Animation Festival atau BIAF merupakan sebuah ajang penghargaan karya animasi dunia yang telah diselenggarakan sejak tahun 1999 silam. Karena gelaran ini merupakan Academy Award Qualifying Festival, berbagai karya animasi yang ditampilkan dan memenangkan gelaran ini bisa memiliki kesempatan untuk dinominasikan ke dalam ajang penghargaan film bergengsi dunia, Academy Awards atau Oscar.

Gelaran Bucheon International Animation Festival pada tahun 2020 menjadi gelaran ke-20 untuk ajang penghargaan karya animasi dunia yang satu ini. BIAF 2020 telah diselenggarakan pada tanggal 23 hingga 27 Oktober 2020 lalu.

Nawala Karsa NK Kurio