Pada Jumat (20/11), Kimetsu no Yaiba: Mugen Train atau Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen mendapatkan penghargaan dalam ajang Japan Record Awards.

Kimetsu no Yaiba: Mugen Train Raih Penghargaan Japan Record Awards

Dalam acara tersebut, diumumkan pula bahwa lagu tema film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen mendapatkan penghargaan. Acara spesial tersebut setara dengan Grammy Awards yang ada di Amerika.

Lagu tema untuk film Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen, “Homura”, menjadi salah satu dari 10 pemenang penghargaan Excellent Work Award. Ini merupakan sebuah penghargaan spesial dalam Japan Record Awards.

Penghargaan spesial ini diberikan kepada orang-orang dan sejumlah karya yang telah menarik perhatian publik. Dengan pendapatan box office yang tinggi dan lagu yang telah menduduki peringkat pertama dalam tangga lagu populer, “Homura” bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

LiSA Dinominasikan untuk Grand Prix

Salah satu kategori penghargaan bergengsi dalam ajang Japan Record Awards adalah Grand Prix. Selain mendapat penghargaan Excellent Work Award, lagu “Homura” yang dibawakan oleh penyanyi perempuan asal Jepang, LiSA, juga dinominasikan untuk Grand Prix.

Lagu “Homura” milik LiSA akan bersaing dengan sembilan lagu lainnya yang juga dinominasikan untuk penghargaan tersebut. Kesembilan lagu tersebut adalah “I’m Here” dari Daichi Miura, “Ai wo Kudasai – Don’t You Cry” dari JUNretsu, “Ashiato” dari Little Glee Monster, “Kousui” dari Eito, “Sekaijuu no Rinjin” dari grup idola Nogizaka46, “Neko ~The First Take Ever” dari DISH//, “Hanarete Itemo” dari grup idol AKB48, “Haha” dari Kiyoshi Hikawa, dan “Fantasista” dari Da Pump.

Ajang penghargaan Japan Record Awards ke-62 akan ditayangkan oleh saluran TBS. Acara ini bekerja sama dengan Japan Composer’s Association pada tanggal 30 Desember 2020 mendatang.

Tentang Japan Record Awards

Japan Record Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang ditujukan untuk menghargai pencapaian para musisi Jepang dalam industri musik Jepang. Sama seperti ajang penghargaan Grammy Awards, para pemenang Japan Record Awards ditentukan pula oleh organisasi para musisi dan komposer/ Para juri tersebut dinamakan Japan Composer’s Association.

Ajang penghargaan yang satu ini dibagi menjadi beberapa kategori. Dua di antaranya adalah penghargaan New Artist Award dan Best New Artist. Ada empat musisi baru yang akan mendapat penghargaan New Artist dan satu di antara mereka akan mendapat penghargaan Best New Artist.

Kategori lainnya meliputi Best Vocal Performance, Best Album, Excellence Album, Best Composer, Best Arranger, Best Lyricist. Selain itu ada Planning, Achievement, Lifetime Achievement, dan Japan’s Composer Association Award. Kategori Excellent Work Award adalah sama dengan kategori Song of The Year yang sering muncul dalam beragam ajang penghargaan musik lainnya.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio