Pada beberapa waktu lalu, situs ranking goo.jp mengadakan sebuah survei yang ditujukan kepada para pembaca setia Weekly Shonen Jump. Survei tersebut bertema serial manga apa saja yang diserialisasikan dalam Weekly Shonen Jump dan dapat membuat para pembaca menangis. Dari survei ini, telah terkumpul 10 serial manga populer yang dapat membuat pembaca terenyuh. Kira-kira, apa saja ya, serial manga itu?

10. Yakusoku no Neverland

weekly shonen jump manga yakusoku no neverland

Dalam posisi ke-10, ada serial manga Yakusoku no Neverland atau The Promised Neverland. Serial ini bercerita mengenai perjuangan Emma dan teman-temannya, Norman dan Ray, untuk kabur dari Grace Field House yang tidak seindah kelihatannya setelah melihat salah satu teman mereka, Conny, terbunuh di gerbang rumah penjagalan berkedok panti asuhan itu. Mungkin, perjuangan Emma dan kawan-kawan inilah yang membuat pembaca menangis.

9. Wing-Man

Wing Man

Serial manga klasik bergenre science fiction ini rupanya menjadi salah satu serial manga yang dapat membuat pembaca Weekly Shonen Jump menangis. Wing-Man mengisahkan kehidupan Kenta Hirono, seorang pemuda yang sangat menyukai serial sentai superhero dan menciptakan sesosok superhero untuk dirinya sendiri yang bernama Wingman. Saat ia bertemu dengan Aoi Yume, seorang putri dari dunia lain bernama Podreams, ia dapat mengubah khayalan superhero-nya menjadi kenyataan.

8. Hadashi no Gen

Hadashi no Gen

Serial manga yang memiliki nama lain Barefoot Gen ini merupakan salah satu manga klasik dari Weekly Shonen Jump dan memiliki banyak fans dari perilisan awalnya pada tahun 1973 hingga 1987, bahkan sampai sekarang. Serial ini berkisah mengenai kehidupan Gen Nakaoka, seorang lelaki yang tinggal di Hiroshima pada masa akhir Perang Dunia II dan menjalani kehidupan yang keras di sana.

7. Haikyuu!!

Haikyuu

Salah satu manga bergenre sports ini juga telah merebut perhatian banyak fans semenjak perilisannya dan setelah adaptasi animenya mengudara di televisi. Selain karena komedinya, serial yang berkisah mengenai perjuangan Shoyo Hinata, Tobio Kageyama, dan tim bola voli SMA Karasuno ini memang dapat membuat beberapa pembaca menangis karena usaha dan kerja keras Hinata cs untuk dapat menjadi pemain bola voli yang handal.

6. Naruto

weekly shonen jump manga Naruto

Siapa yang tidak tahu anime ini? Naruto merupakan salah satu serial manga yang menjadi gerbang untuk para penyuka anime dan manga Jepang untuk menyelami hal tersebut lebih dalam. Serial manga yang dibuat oleh Masashi Kishimoto ini mengikuti perjalanan Naruto Uzumaki, seorang bocah lelaki yang ingin menjadi Hokage, dari kanak-kanak hingga dewasa.

5. Gintama

Gintama weekly shonen jump manga

Serial komedi yang menampilkan kehidupan sehari-hari Sakata Gintoki, Shinpachi Shimura, dan Kagura ini telah menarik hati dan tentunya telah menghibur pembaca selama 16 tahun terakhir ini. Selain diadaptasi menjadi serial anime, Gintama juga telah diadaptasi menjadi serial novel ringan dan juga film anime. Film anime terbaru Gintama, Gintama The Final, akan dirilis pada 2021 nanti.

4. Slam Dunk

Slam Dunk

Slam Dunk merupakan sebuah serial manga yang digarap oleh mangaka legendaris Takehiko Inoue. Serial yang adaptasi animenya pernah muncul dalam saluran Animax ini mengisahkan mengenai Hanamichi Sakuragi, seorang pemuda urakan yang tergabung dalam tim bola basket SMA Shohoku. Ia berjuang untuk menjadikan nama SMA Shohoku bersinar melalui tim bola basketnya bersama dengan teman-temannya, dan juga mendapatkan hati Haruko Akagi, perempuan yang ia sukai. Serial manga Slam Dunk juga telah diterbitkan di Indonesia.

3. Ansatsu Kyoushitsu

Ansatsu Kyoushitsu

Serial manga yang berada dalam posisi ketiga ini adalah sebuah serial yang sangat populer dan serial animenya terus diikuti hingga sekarang. Manga yang memiliki judul lain Assassination Classroom dan digarap oleh Yuusei Matsui ini mengisahkan murid-murid kelas 3-E dari SMP Kunugigaoka. Mereka ditugaskan untuk membunuh wali kelas mereka sendiri, sesosok alien yang diberi nama Koro-sensei.

2. Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba weekly shonen jump manga

Serial manga yang adaptasi film animenya sedang merajai tangga box office Jepang ini merupakan favorit baru dari para pembaca Weekly Shonen Jump dan dapat membuat mereka menangis. Kimetsu no Yaiba bercerita mengenai Tanjiro Kamado, seorang lelaki yang menjadi pemburu iblis untuk mengembalikan adiknya, Nezuko, menjadi manusia kembali.

1. One Piece

One Piece weekly shonen jump manga

Dalam posisi pertama ranking ini adalah manga ONE PIECE yang digarap oleh Eichiro Oda. Serial yang telah muncul dalam Weekly Shonen Jump sejak tahun 1999 ini telah berhasil menjadi salah satu best-selling manga sepanjang masa di Jepang dan memiliki fanbase yang loyal. Serial ini mengisahkan Monkey D. Luffy, seorang pria muda yang memiliki ambisi menjadi Raja Bajak Laut.

Nah, itulah ke-10 manga dari Weekly Shonen Jump yang dapat membuat pembaca menangis. Kalau kalian, adakah manga lainnya dari majalah manga yang satu ini dan dapat membuat kalian menangis? Tulis pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio