Sejak pembentukannya pada tahun 1981 lalu, studio animasi Kyoto Animation atau Kyoani telah membuat berbagai program anime yang menarik hati. Terutama yang ditayangkan pada tahun 2000-an hingga sekarang. Meskipun sempat terkena musibah kebakaran, namun studio yang kerap disebut KyoAni ini bisa bangkit dan telah menayangkan sebuah film terbaru dan menghidupkan kembali film-film yang telah dirilis sebelumnya.

10 Anime Studio Kyoani yang Disukai Penggemar

Dalam rangka perilisan film Violet Evergarden: The Movie, layanan survei asal Jepang, Voice Note, membuat sebuah jajak pendapat dari 200 pria dan wanita mengenai program-program dari KyoAni yang paling mereka sukai. Responden survei tersebut cukup beragam, mulai dari remaja hingga orang dewasa yang akan memasuki usia 50-an.

Daftar Anime Disukai Penggemar

Setelah survei tersebut rampung, telah ada 10 judul program sebagai program-program terbaik dari studio Kyoto Animation yang disukai oleh para penonton di seluruh Jepang. Berikut adalah 10 judul program yang masuk dalam daftar tersebut.

10. Lucky Star

Lucky Star
Lucky Star. | Sumber: Funimation

Anime dari studio Kyoto Animation atau Kyoani bergenre komedi yang satu ini memang lumayan populer pada era 2000-an karena kekonyolan para karakternya yang mengocok perut. Serial anime yang diangkat dari manga berjudul sama karya Kagami Yoshimizu ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2007 dan telah diadaptasi menjadi gim, light novel, dan lain-lain.

9. Clannad: After Story

Clannad After Story

Serial franchise Clannad selalu menempati daftar anime yang sering membuat banyak orang menangis dan tersentuh hatinya oleh karena tingkah laku Tomoya, Nagisa, dan teman-teman mereka. Dalam serial ini, Tomoya harus membesarkan anaknya dengan Nagisa, Ushio, sendirian. Perjuangan Tomoya menerima Ushio sebagai anaknya rupanya membuat banyak orang terenyuh.

8. Nichijou

anime studio kyoani Nichijou
Nichijou. | Sumber: Reddit

Dengan segmen seperti Helvetica Standard yang disukai dan sempat menjadi meme pada beberapa waktu lalu, serial komedi absurd satu ini telah menarik hati banyak penggemar anime sejak perilisannya pada 2011 lalu. Anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Keiichi Arawi ini disutradarai oleh Tatsuya Ishihara dan terdiri dari 26 episode.

7. Full Metal Panic!

Full Metal Panic

Dalam posisi ke-7, ada Full Metal Panic!, sebuah serial anime terkenal di era 2000-an pula. Full Metal Panic! merupakan salah satu program anime pertama dari KyoAni yang dikenal publik dan telah mengudara pada tahun 2000 hingga 2005.

6. Free!

Free Anime

Siapa yang tidak tahu Free!? Serial bertema besar olahraga yang memiliki 5 orang pemuda sebagai tokoh utamanya ini telah memperoleh banyak penggemar sejak perilisannya pada tahun 2013, terutama penggemar wanita. Anime ini merupakan sekuel light novel berjudul High Speed! karya Kouji Ouji, yang menerima penghargaan dalam kontes Kyoto Animation Award pada 2011.

5. Hibike! Euphonium

Hibike Euphonium

Anime yang memiliki judul alternatif Sound! Euphonium ini merupakan salah satu program anime modern dari KyoAni yang disukai banyak orang. Dengan dinamika kehidupan para karakternya yang terjalin dengan baik serta sentuhan musik orkestra yang menjadi tema utama dalam anime ini, Hibike! Euphonium menjadi sebuah anime yang seru untuk diikuti.

4. Hyouka

Hyouka

Sejak perilisannya, Hyouka memang telah menjadi salah satu anime dari KyoAni yang paling populer hingga sekarang. Anime yang dirilis pada tahun 2012 ini merupakan adaptasi dari serial light novel berjudul sama karya Honobu Yonezawa. Serial light novel Hyouka kini juga telah tersedia dalam bahasa Indonesia.

3. Violet Evergarden

anime studio kyoani Violet Evergarden

Sama seperti serial Clannad, Violet Evergarden juga membuat para penontonnya terharu karena motivasi Violet yang begitu murni untuk menolong para kliennya, dan juga cerita dari masing-masing klien Violet yang terkadang memiliki kepahitan di dalamnya. Visualnya yang jernih dan cerita yang menyegarkan membuat banyak penonton menyukai serial ini.

2. K-ON!

K-ON

Anime bergenre slice of life tentang kehidupan Klub Musik Ringan ini menjadi salah satu anime produksi KyoAni yang diingat, apalagi jika penggemarnya telah mengikuti serial ini sejak tahun 2010 lalu. Kekonyolan Yui cs dan lagu-lagu yang muncul dalam serial ini membuat K-ON! menjadi sebuah anime yang terus diingat oleh para fans.

1. Suzumiya Haruhi no Yuutsu / The Melancholy of Haruhi Suzumiya

anime studio kyoani Suzumiya Haruhi no Yuutsu The Melancholy of Haruhi Suzumiya

Siapa sangka anime yang menempati posisi pertama dalam survei ini adalah salah satu anime yang dikenal karena tarian Hare Hare Yukai pada 2006, Suzumiya Haruhi no Yuutsu. Serial anime ini diangkat dari light novel berjudul sama karya Nagaru Tanigawa dan telah diadaptasi menjadi media lainnya, seperti manga dan gim. Baru-baru ini, perilisan volume terbaru dari serial light novel-nya telah diumumkan dan akan terbit pada 25 November 2020 nanti dalam format e-book.

Itulah 10 judul anime Kyoto Animation yang disukai oleh para pemirsa di Jepang!

Film Anime Violet Evergarden: The Movie Meraih Kesuksesan Besar!

Berbicara soal Violet Evergarden, film terbarunya berjudul Violet Evergarden the Movie berhasil sukses di bioskop Jepang. Film anime ini berhasil menjual sebanyak 560.000 tiket pada 10 hari pertamanya. Tidak hanya itu, film Violet Evergarden: The Movie juga berhasil meraup keuntungan sebesar 810 juta yen pada hari Minggu (28/9).

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa baca artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio