Hari Senin (11/01) merupakan hari dimana episode ke-5 anime Shingeki no Kyojin: The Final Season yang berjudul “Declaration of War” resmi tayang. Namun antusias episode ini justru berdampak buruk bagi beberapa kalangan orang.

Hashtag Declaration of War Shingeki no Kyojin Bikin Netizen Takut

Shingeki no Kyojin Declaration of War, Attack on Titan Declaration of War, #Declaration of War

Di waktu yang bersamaan, netizen yang mengikuti anime tersebut menunjukkan rasa hype dengan menggunakan hastag atau tanda pagar (tagar) #DeclarationOfWar pada cuitan yang diunggah. Sontak tagar tersebut sempat menjadi trending di sosial media Twitter.

Namun siapa sangka bahwa tagar tersebut juga sempat menimbulkan ketakutan bagi netizen yang tidak mengikuti anime tersebut, seolah-olah deklarasi perang secara harfiah terjadi di suatu negara.

Sebagian netizen Amerika Serikat sempat dibuat takut dengan trending-nya tagar tersebut seolah ada deklarasi perang di suatu negara. Terlebih tagar tersebut trending di waktu yang berdekatan setelah insiden unjuk rasa. Insiden yang dimaksud adalah kerusuhan pendukung presiden Donald Trump di Capitol Building, Washington D.C, Amerika Serikat.

Tagar tersebut juga sempat digunakan oleh netizen Amerika Serikat untuk mengecam kerusuhan yang terjadi di Washington D.C. Seperti pada akun Twitter @xCarlosEMendez yang mengunggah cuplikan video kerusuhan. Video tersebut merupakan bentuk respon pada cuitan akun presiden Donald Trump yang kini telah di-suspend sosial media “burung biru” tersebut.

Respon Beragam Netizen

Melihat momen tersebut, netizen membuat berbagai meme-meme yang mengilustrasikan kepanikan netizen yang tidak mengikuti anime-nya setelah trending-nya tagar #DeclarationOfWar. Seperti pada cuitan akun Twitter @AyxBlm.

Pada cuitan tersebut tidak sedikit netizen membagikan keluh kesahnya setelah terkejut melihat tagar #DeclarationOfWar menjadi trending. Hal ini seolah-olah akan terjadi peperangan dalam waktu dekat. Seperti pada cuitan akun Twitter @jasminilar_23 di bawah ini.

Selain itu, netizen juga membuat berbagai macam meme yang menggambarkan reaksi warga Amerika Serikat ketika melihat tagar tersebut. Kalian bisa lihat sendiri cuitan-cuitan yang diunggah netizen dibawah ini.

Walau demikian, ada juga netizen yang mengingatkan untuk menggunakan tagar tersebut dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahpahaman ke netizen yang tidak mengikuti anime tersebut. Seperti pada cuitan akun Twitter @phichithamster.

Setelah yang terjadi di Suriah, Amerika Serikat, China apakah kalian berpikir tidak apa untuk mempopulerkan #DeclarationOfWar

Saya paham kalau itu lucu, dan tagar itu dipakai penggemar AoT untuk bersenang-senang tapi mohon setidaknya pastikan cuitan yang diunggah masih ada kaitannya dengan AoT dan tidak melenceng ke hal lain.

Terimakasih

7 Foreshadowing Serial Shingeki no Kyojin Tanpa Kita Sadari!

Shingeki no Kyojin Foreshadowing, Attack on Titan Foreshadowing

Serial Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan karya mangaka Hajime Isayama telah mendekati akhir cerita. Baik itu adaptasi manga dan anime, kedua adaptasi tersebut akan segera berakhir. Namun tanpa kita sadari, Hajime Isayama telah memberikan banyak sekali foreshadowing atau petunjuk tanpa kita sadari dan sering terlewat di manga dan anime Shingeki no Kyojin.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio