Kita jarang mendengar adanya produksi kolaborasi luar Jepang yang terbilang maju dan terdepan, selain dari kawasan Asia Timur. Namun, beberapa tahun terakhir tersebut banyak proyek animasi tersebut yang tak kalah serunya dibanding produksi Jepang. Salah satunya adalah film anime bertemakan Arab Saudi berjudul The Journey.

The Journey, Ceritakan Peradaban Arab Pra-Islam!

Ini merupakan film anime kolaborasi dari Manga Productions dan Toei Animation akan segera rilis beberapa bulan kedepan. Setelah melewati produksi panjang, Manga Productions merilis sebuah cuplikan trailer untuk proyek kolaborasi mereka dengan Toei Animation, yaitu Al-Rihla (The Journey,  الرحلة ). Film tersebut disebutkan akan tayang di Arab Saudi mulai musim panas tahun ini.

Film anime The Journey juga akan tersedia dalam sulih suara versi Jepang untuk pemutaran ke negara tersebut. Untuk tanggal pemutaran filmnya, The Journey akan tersedia di bioskop Jepang pada (25/6) mendatang.

Film tersebut mengangkat tema peradaban Arab 1500 tahun lalu, tepatnya di masa kehidupan masyarakat Arab sebelum Islam. Dilansir dari Comic Natalie, anime film ini berseting di Mekah, Arab Saudi, tepat pada saat pasukan Abrahah mencoba menyerang kota Mekah. Seorang protagonis dari anime tersebut dikonfirmasikan dari cuplikan trailer akhir Februari lalu bernama Aws bin Jubair.

Seiyuu yang Terlibat, dari Arab Saudi hingga Jepang

the journey film anime
Sumber: Manga Productions Twitter Official

Beberapa pengisi suara untuk versi Jepang yang akan menyuarakan karakter di film ini adalah sebagai berikut (romanisasi masih sementara):

  • Tooru Furuya sebagai Aws bin Jubair
  • Kotono Mitsuishi sebagai Hind
  • Yuichi Nakamura sebagai Nizar
  • Hiroshi Kamiya sebagai Zurara
  • Kazuya Nakai sebagai Musab
  • Takaya Kuroda sebagai Abrahah

Selain dari lini pengisi suara dari Jepang, beberapa pelaku industri dari Arab Saudi turut andil dalam proyek film Manga Production tersebut. Mereka yang terkonfirmasi yaitu Nassar Al-Nassar, Abdo Chahine dan Rasha Rizk.

Mengenai Proyek Al-Rihla

the journey film anime
(Sumber: Manga Productions Twitter Official)

Ar-Rihlah (The Journey) merupakan produksi bersama Manga Productions dari Arab Saudi dengan Toei Animation, Jepang. Manga Productions sendiri merupakan studio animasi di bawah organisasi MiSK Foundation, organisasi dari pimpinan Pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman.

Proyek film tersebut telah terlaksana sejak tahun 2017, kala itu Manga Production menyetujui Kerjasama dengan Toei untuk pembuatan film anime Arab Saudi pertama. Proyek tersebut menunjuk Kobun Shizuno sebagai sutradara, yang pernah menyutradarai beberapa film Detektif Conan dan trilogi film anime Godzilla. Sebuah cuplikan teaser awal telah tersedia lewat YouTube Manga Productions pada (20/5/2019), yang memperkenalkan beberapa adegan dari dalam film animenya.

Nawala Karsa NK Kurio