Eiichiro Oda Sakit, Perilisan Chapter Terbaru One Piece Ditunda

Nadia Theresa Johari
manga one piece

Pada Jumat (2/10), melalui akun Twitter resmi mereka, departemen editorial majalah manga Weekly Shonen Jump milik penerbit Shueisha mengumumkan bahwa mangaka Eiichiro Oda sakit, menyebabkan chapter terbaru dari manga legendaris One Piece tidak akan terbit pada edisi ke-44 dari majalah tersebut seperti yang telah direncanakan.

Sakit secara tiba-tiba

Alasan dari ditundanya perilisan chapter terbaru manga One Piece ini adalah karena mangaka One Piece, Eiichiro Oda, tengah mengalami “penyakit yang datang secara tiba-tiba” dan kondisi kesehatan yang buruk. Meski begitu, departemen editorial Weekly Shonen Jump juga menjelaskan bahwa saat ini Oda telah sembuh dan sudah kembali untuk mengerjakan chapter terbaru One Piece.

Edisi ke-44 dari majalah Weekly Shonen Jump akan diterbitkan pada hari Senin minggu depan (5/10). Meskipun tidak sempat dirilis pada edisi ke-44, One Piece akan kembali menyapa para penggemarnya dalam edisi ke-46 Weekly Shonen Jump yang akan dirilis pada tanggal 17 Oktober mendatang.

Penundaan-Penundaan Chapter sejak awal

Sebelumnya serial manga One Piece juga telah mengalami beberapa kali penundaan perilisan chapter terbaru pada musim semi 2020 lalu yang disebabkan oleh penyebaran COVID-19 di Jepang. Oda juga telah mengingatkan para pembaca bahwa kemungkinan akan ada penundaan-penundaan lainnya di masa depan karena para stafnya sedang menata ulang tempat kerja mereka agar sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Tentang One Piece

Sebelum diumumkan sakit, Eiichiro Oda mulai menggambar serial One Piece dan diterbitkan pula oleh penerbit Shueisha melalui majalah Weekly Shonen Jump pada tanggal 19 Juli 1997. Bahkan pada tahun ke-23 semenjak debutnya di Weekly Shonen Jump, serial manga dan anime One Piece terus diminati orang dan menjadi salah satu anime yang membuat Jepang mendunia dan industri anime semakin dikenal.

Karena gaya menggambar Oda yang unik dan ceritanya yang seru sekaligus menghibur, tidak heran One Piece menjadi serial manga dan anime yang amat terkenal dan populer. Hingga bulan April 2020, penjualan manga One Piece telah mencapai angka 390 juta kopi di Jepang dan 80 juta kopi di lebih dari 42 negara. Total ada 470 juta manga One Piece yang terjual di Jepang dan di seluruh dunia.

Mengenai kapan berakhirnya serialisasi One Piece, Oda sebelumnya telah berkomentar bahwa ia berencana akan menyelesaikan masterpiece-nya tersebut dalam waktu empat hingga lima tahun mendatang.

 

Saat berita ini diturunkan, sempat ditulis bahwa Oda-sensei sedang mengalami masa pemulihan. Seharusnya kalimat yang ditulis adalah “Oda telah sembuh dan sudah kembali untuk mengerjakan chapter terbaru One Piece.” Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.