Lapar Di Kala Ngabuburit? Ini Sejumlah Masakan Lezat ala Anime Bstation!

Seno Triadi
anime kuliner bstation

Meski Ramadan mau berakhir, ada sejumlah judul anime yang setidaknya menggugah selera NawaReaders di kala tanggung menunggu waktu buka. Banyak scene dalam anime tersebut menunjukkan animasi sakuga-nya bagaimana sebuah hidangan yang kedengaran simpel menjadi sebuah presentasi yang membuat yang puasa tergoda. Barangkali inilah yang ditampilkan oleh judul-judul anime bernuansa kuliner tersedia bagi para pengguna BStation, platform nonton anime dari BiliBili!

Tidak salah, judul-judul anime yang Bstation tawarkan ini tidak kalah seru berbanding yang ada saat meunggu ngabuburit! Nah, berikut ini adalah sejumlah hidangan dari anime bernuansa kuliner yang bisa kalian tonton cara buatnya, hanya di BStation!

1. Transforming Furikake Gohan dari Food Wars! Shokugeki no Soma

Transforming furikake gohan adalah menu paling ikonik dari Shokugeki no Soma. Hidangan ini dibuat oleh tokoh utama Sōma Yukihira pada tes ujian masuk Akademi Kuliner Tōtsuki dan menu ini merupakan menu rahasia dari restoran ayahnya.

Hidangan klasik dan sederhana ini cocok sebagai menu sahur atau menu untuk anak kos, karena cara memasaknya yang cukup mudah. Kamu hanya butuh dua bahan utama, kaldu ayam dan telur. Buat kaldu ayam terlebih dahulu dan dinginkan di kulkas selama beberapa jam.

Potong puding kaldu menjadi kotak-kotak kecil, letakkan di atas nasi putih dan telur dadar, lalu biarkan hingga potongan kaldu meleleh dan meresap ke dalam nasi. Resep ini bisa NawaReaders modifikasikan sesuai apa yang kalian mau.

Untuk musim kelima Food Wars, anime ini menyajikan menu yang dibuat langsung oleh chef ternama asal Jepang bernama Yuki Morisaki, yang bisa kamu tonton lewat pranala ini!

2. Omu Soba dari Isekai Izakaya: Japanese Food From Another World

NawaReaders pastinya kenal banget dengan yang namanya omurice, bagaimana jika isinya adalah mie?

Omu soba yang bisa kamu tonton di episode sebelas Isekai Izakaya ini tidak menggunakan nasi, tapi mie yakisoba. Tentu saja tak perlu susah-susah membuat soba dari nol, karena versi instannya bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket, begitu juga dengan sausnya.

Kamu hanya perlu menggoreng mie siap saji dengan saus, sayuran dan lauk protein pilihanmu, seperti sosis, ayam, atau daging sapi saikoro. Selimuti mie dengan tangkupan telur dadar lembut nan fluffy yang sudah kamu masak dengan hati-hati.

Perlu kamu perhatikan seberapa panasnya kompor yang kamu gunakan, jadi nanti bisa kamu atur tingkat kematangannya, ya!

Isekai Izakaya Nobu adalah novel ringan bertema isekai karya Natsuya Semikawa yang diilustrasikan oleh Kururi. Serial anime ini diproduksi oleh Sunrise, yang sekarang berganti nama menjadi Bandai Namco Filmworks.

Setiap akhir episode, ada segmen khusus berupa tutorial memperagakan langsung cara memasak menu spesial dari episode tersebut. Yang penasaran apa yang anime ini sajikan setiap episodenya, langsung tonton episode pertamanya di sini!

3. Salmon Jamur Goreng Mentega dari Today’s Menu for the Emiya Family

menu emiya family

Pengen menu buka puasa yang lebih fancy?  Foil-baked salmon and mushrooms dari episode kedua Today’s Menu for the Emiya Family bisa jadi inspirasimu.

Anime ini menampilkan menu modern hasil kreasi Shirō Emiya yang menggunakan bahan unik namun tetap terjangkau. Tak hanya untuk keluarganya, keahlian Shirō ini sudah tersohor sehingga rumah mereka seringkali dikunjungi banyak tamu dari seluruh penjuru kota.

Untuk memasak menu ini, kamu membutuhkan salmon segar, wortel, bawang bombay, jamur dan mentega. Letakkan semua bahan yang sudah dibumbui di atas kertas aluminium foil dan panggang di atas wajan.

Salmon yang lembut dipadukan dengan tekstur renyah wortel akan jadi kombinasi yang sempurna.

Tonton bagaimana Shirō menyiapkan masakan ini step by step di Bstation lewat pranala ini!

4. Nasi Goreng Emas dari Cooking Master Boy

cooking master boy

Siapa antara kalian yang belum kenal komik Master Cooking Boy di IndonesiaSerial yang berlatarkan kehidupan masyarakat Tiongkok pada abad ke-19 ini menceritakan dimulainya “Era Perang Memasak”.

Saat itu, para koki papan atas dengan masing-masing gaya memasak bersaing untuk menjadi koki terbaik di Tiongkok. Saat itu koki adalah profesi yang paling dihormati oleh semua orang.

Di episode pertama, Liu Mao Xing, tokoh utama sekaligus koki termuda berumur tiga belas tahun menyajikan hidangan sederhana yang membuatnya juara: golden fried rice aka nasi goreng emas! Mao Xing mempertunjukkan keahlian masak bergaya Tiongkok yang berhasil membuat juri terkesan, sementara penonton juga dibuat meneteskan air liur.

Tentunya kamu tidak akan kesulitan dalam memasak menu sederhana ini. Tapi, Mao Xing punya rahasia yang bisa membuat nasi gorengnya lebih istimewa, yaitu melumuri nasi dengan kuning telur sebelum digoreng.

Jika kamu berhasil memasaknya dengan benar, salah satu tipsnya memakai wok bersuhu tinggi, nasi gorengmu akan berwarna cantik bak emas yang mewah dengan aroma telur yang menggoda.

Kamu bisa menonton bagaimana menegangkannya kompetisi ini di Bstation melalui link streaming ini.

5. Roti isi buah dari Kiyo in Kyoto

kiyo in kyoto

Pengen menu takjil yang manis? Fruit sando atau sandwich buah Jepang yang cantik dari Kiyo in Kyoto akan mencuri hati seluruh penghuni rumah dengan mudah.

Anime yang memiliki judul Juru Masak Para Maiko ini adalah salah satu anime bertema makanan yang paling estetis dan tidak akan membuatmu bosan. Anime ini bercerita tentang Kiyo dan Sumire, sepasang teman dari kecil, yang pindah ke Kyoto untuk menjadi maiko.

Selama masa pelatihan, Kiyo menemukan hobi dan bakatnya dalam memasak. Koki atau maiko, mana ya yang akan dipilih Kiyo sebagai karirnya?

Nah, buat bikin sandwich takjil ini sebenarnya simpel saja! Cukup siapkan dua lembar roti tawar, oleskan krim dan tambahkan potongan buah seperti strawberry, jeruk, kiwi, dan lainnya.

Kemudian tangkupkan roti dan potong diagonal sehingga irisan dan warna buah-buahan akan nampak estetis memanjakan mata. Kamu juga bisa ajak saudara atau adikmu untuk ngabuburit membuat dessert yang mudah ini.

Diamkan fruit sando di kulkas selama beberapa jam, jadi akan ada sensasi dingin yang menggigit ketika disantap saat bedug magrib tiba.

Ada Judul Lain Ingin Kamu Tonton?

Nah, itu tadi lima hidangan spesial dari anime bertema makanan dan kuliner yang bisa kamu contoh untuk menu berbukamu selama sisa Ramadan ini!

Selain itu, Bstation juga punya DEAIMON, Lucky Belly Doodle, donghua Cinderella Chef dan Foodie Boy’s Classic of Mountains & Seas yang tak kalah menggiurkan. Semua anime bertema kuliner ini bisa kamu layari hanya di platform anime gratis legal, Bstation, selama lisensinya masih ada, ya!