Anak-anak yang menghabiskan masa kecilnya di era tahun 90-an akan selalu ingat nama Captain Tsubasa karya Yoichi Takahashi. Serial manga dan adaptasi anime-nya sangat populer baik itu di Jepang maupun di luar Jepang termasuk Indonesia. Namun, tanpa kita ketahui serial Captain Tsubasa digugat atas adanya kekerasan terhadap perempuan.

Anime Captain Tsubasa Digugat Karena Kekerasan Terhadap Perempuan

Nampaknya menurut beberapa penonton di Chille, ada satu adegan yang mereka sukai. Adegan tersebut menunjukan Jun Misugi, salah satu tokoh sentral, menampar Yayoi Aoba, teman sekaligus manager klub sepakbola Jun.

Konteks ceritanya, ketika pertandingan Jun melawan Tsubasa, Yayoi membeberkan kondisi kesehatan Jun kepada rivalnya tersebut. Jun yang sebenarnya memiliki masalah jantung, tidak bisa bermain sepakbola terlalu lama, akan tetapi ia merahasiakannya karena ingin lawannya tidak segan, Jun memiliki idealisme sportif yang tinggi, dan ingin agar Tsubasa mengerahkan kemampuannya.

Konteks Permasalahan

Dalam adegan yang cukup singkat antara Jun dan Yayoi, Jun lebih memilih untuk menggunakan cara fisik. Hal ini kemudian menjadi polemik ketika tayang di Chille.

Episode ini awalnya tayang pada July 2019, disiarkan oleh saluran televisi publik TVN. TVN digugat untuk membayar denda sebesar 5,11 juta Peso (sekitar 90 juta rupiah) apabila dinyatakan bersalah. Pada bulan ini, hasil sidang akhirnya menentukan bahwa TVN tidak bersalah dan bebas dari ancaman denda.

Informasi Lanjut Adegan Kekerasan Terhadap Perempuan di Anime Captain Tsubasa

Captain Tsubasa

Dilansir dari Yomiuri, keputusan tersebut ditetapkan karena Captain Tsubasa adalah animasi anak-anak yang tidak menjadikan kekerasan sebagai nilai jual utama. Dijelaskan juga bahwa alasan aksi tersebut, tidak didasarkan atas perbedaan gender.

“Captain Tsubasa bukanlah program yang mengandung kekerasan. Ini adalah cerita animasi yang menunjukan anak-anak dan dedikasi terhadap sepak bola, menunjukan perkembangan, dan kompetisi yang mereka lalui satu sama lain. Salah satu tokoh utama memiliki kondisi kesehatan yang ia rahasiakan, sementara perempuan yang ia anggap teman malah membocorkannya kepada rivalnya. Ia menamparnya dalam waktu kurang dari semenit, karena tokoh utama merasa temannya tersebut tidak berhak untuk memberitahukannya, karena ia tidak ingin temannya ikut campur lebih lanjut.”

Relasi antara Jun dan Yayoi, juga adalah salah satu relasi jangka panjang. Seiring cerita Captain Tsubasa berjalan, Jun dan Yayoi semakin mengarah pada hubungan yang bersifat romantis.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio