Kejadian kebakaran Studio Kyoto Animation atau KyoAni pada tahun 2019 memberikan luka yang cukup dalam bagi keluarga korban dan semua orang. Setelah menjalani perawatan, Aoba sang pelaku pembakaran tersebut akhirnya buka bicara mengenai alasan dari tindakannya.

Alasan Tindakan Aoba, Pelaku Pembakaran Studio Kyoto Animation

Beberapa waktu yang lalu sebelum dirawat intensif, Shinji Aoba telah mengatakan kepada media berita alasan kenapa dia melakukan tindakan pembakaran Studio KyoAni. Dia mengatakan bahwa Studio KyoAni melakukan plagiatisme terhadap salah satu karya tulis novel dirinya saat mengikuti perlombaan di studio tersebut.

Setelah menjalani perawatan karena luka bakar, Aoba memberikan penjelasan lanjut terkait masalah ini. Dirinya mengatakan karya yang ditiru oleh Studio KyoAni terdapat pada salah satu scene berdurasi 2 menit yang ada di anime Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu.

Adegan scene yang dimaksud Aoba adalah momen saat karakter yang ada di anime tersebut sedang berbelanja membeli daging murah di supermarket. Aoba mengakui bahwa adegan tersebut sangat mirip dengan adegan yang ada di karya tulis novel dirinya saat mengikuti lomba Studio KyoAni.

Konfirmasi Pihak Studio Kyoto Animation

Hideaki Hatta Kyoto Animation
Presiden Kyoto Animation Hideaki Hatta, saat ditemui dalam Jumpa Pers hari Jumat (19/7).

Sementara itu, pihak Studio KyoAni membenarkan bahwa Shinji Aoba pernah mengirim karya tulis novel dalam sebuah perlombaan dari mereka. Namun, untuk adegan yang dimaksud Aoba tersebut tidak mengindikasikan bahwa studio ini meniru adegan dari novel miliknya.

Anime Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu yang tayang pada tahun 2018 merupakan adaptasi dari light novel karya Kotoko Ayano. Adegan yang diklaim oleh Aoba merupakan adegan paling umum dan lumrah terjadi di kehidupan sehari-hari di Jepang.

Satu Tahun Lebih Insiden Pembakaran

Peringatan Pembakaran Studio Kyoto Animation
Peringatan insiden 18 Juli, kebakaran di studio Kyoto Animation | FOTO: Nawala Karsa, NHK, Japantimes, Nippon 24 News

Sudah satu tahun lebih insiden pembakaran Studio KyoAni terjadi. Tepatnya pada 18 Juli 2019, insiden besar terjadi di kota Kyoto, Jepang. Pagi itu, gedung ‘Studio 1’ dimana para animator serta staf Kyoto Animation lainnya bekerja dilalap si jago merah.

Kebingungan sempat mencuat di kalangan penggemar Studio KyoAni saat itu. Apa yang menyebabkan peristiwa yang sangat miris itu terjadi? Sejumlah dugaan di sosial media tersapu habis setelah sebuah kabar berhembus: “Seseorang membakar Studio KyoAni.”

Untuk mengetahui kronologi insiden pembakaran Studio Kyoto Animation atau KyoAni oleh Shinji Aoba, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio