Beranda » Regional » Viral Statement KPAI, Benarkah Berenang Dengan Lelaki Bisa Hamil?

Viral Statement KPAI, Benarkah Berenang Dengan Lelaki Bisa Hamil?

Netizen diramaikan dengan statemen viral dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia soal berenang dapat menyebabkan hamil. Benarkah demikian?

Netizen +62 diramaikan dengan sebuah tanggapan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) soal berenang dapat menyebabkan hamil. Namun, benarkah demikian?

Sempat Viral Soal Berenang Menyebabkan Hamil, KPAI Meminta Maaf

Melansir dari laporan CNN Indonesia, komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau disingkat KPAI Sitti Hikmawatty meminta maaf atas pernyataannya viral mengenai perempuan bisa hamil saat berenang di kolam bersama laki-laki.

Pada Jumat (21/2) lalu, ia sempat menerangkan kehamilan bisa tanpa penetrasi. Ia menganggap bahwa ada jenis sperma yang kuat yang bisa masuk ke sel telur perempuan dengan mediasi kolam renang. Namun Ia mengakui bahwa Ia mendapat misinformasi soal berita tersebut.

“Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat. Statement tersebut adalah statement pribadi saya dan bukan dari KPAI,” tutur komisioner yang membidangi Kesehatan, Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.

Penemuan Dari Snopes: “Tidak benar!”

Berita mengandung misinformasi tersebut sempat tersebar di ranah media sosial pada Februari 2016 lalu. Situs peneliti berita hoaks, Snopes, menyebutkan dalam sebuah artikel untuk membuktikan bahwa informasi yang didapat tersebut itu tidak benar.

Berikut penggalan dari berita hoaks tersebut:

Berdasarkan laporan dari surat kabar Tallahassee Herald pagi tadi, sekitar 16 remaja wanita berusia antara 13 hingga 17 tahun mendapati kehamilan mereka pasca sebuah pesta ulang tahun malam kemarin.

Seorang pria yang menghadiri pesta tersebut bernama Tommy Coulter secara tidak sengaja mengeluarkan air mani ketika berendam di kolam renang tanpa Ia beritahu terlebih dulu.

Hal ini mengakibatkan tragedi yang mulanya sebuah pesta ultah yang sederhana menjadi sebuah horor bagi sebagian besar wanita yang menjadi korban dari musibah tersebut. Setengah dari jumlah tamu wanita telah dihamili tanpa sebab pada pesta tersebut.

Bagi tuan rumah pesta ultah bernama Dallah Jennings, Ia bersyukur tidak berenang dalam kolam tersebut ketika insiden diatas terjadi.

“Semestinya acara kemarin itu adalah kejutan untuk merayakan ulang tahun yang ke-15. Bagi Saya, hadiah kejutan berupa sebuah bayi yang berada dalam kandungan itu adalah hadiah yang sangat tidak Saya inginkan,” ujar Dallah sembari lega akan terhindar dari keadaan naas tersebut.

Tidak Mungkin Seorang Wanita Berenang Bisa Hamil!

Berdasarkan analisis dari Snopes bertajuk, “Were 16 Girls Impregnated After a Teenager Ejaculated in a Pool?”, berita tersebut berakar dari sebuah situs satire atau fake news dari situs World News Daily Report.

Informasi palsu ini juga dikutip oleh beberapa portal berita serupa, yaitu Huzlers, Nigerian Info dan Not Allowed To. Berita ini awalnya telah diposting pada 26 Januari 2016 sebelum viral ke beberapa netizen Amerika Serikat dan kemudian seluruh dunia.

Snopes menambahkan, mengesampingkan soal ketidak mungkinan secara fisik terhadap seorang pria untuk mengeluarkan air mani. Mereka identifikasi kisah ini sebagai hoaks. Hal ini didasari dari situs asal muasal dari berita tersebut sering kali memuat berita yang terkesan nyeleneh secara konteks, begitu juga dengan beberapa artikel yang diposting.

Dalam kisah semacam ini, bukanlah pertama kali fenomena mengenai insiden ini terdengar di ranah masyarakat. Kisah seputar seorang pria menghamili wanita lain secara tidak disengaja hanyalah sebuah gosip dan cerita buatan belaka yang seringkali membuat salah kaprah bagi yang mengetahuinya. Kisah ini juga seringkali menjadi bahan joke antar teman dari kalangan usia sekolah.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!

Loading...