KPAI: Ujian Chunin Anak STM Menjadi Pemicu Aksi Demo

Ujian Chunin Anak STM

Kalian mungkin sudah pernah mendengar mengenai anak STM (Sekolah Teknik Menengah) dan anak dari sekolah lain berpartisipasi dalam aksi demo beberapa hari yang lalu.

Dibalik panasnya aksi demo oleh siswa STM beserta siswa sekolah lain, ada hal yang lucu terjadi saat itu. Sampai pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun menuntut masalah ini dengan serius.

Postingan Meme Ujian Chunin Di Gedung DPR

Ujian Chunin Anak STM

Di sebuah postingan sosmed terdapat meme lucu yang berhubungan dengan demo beberapa hari yang lalu. Postingan tersebut tertulis “Memanggil semua basis! Ujian Chunin Di Gedung DPR”

Tentu saja postingan Ujian Chunin ini bertujuan hanya untuk bercanda dan hiburan semata. Melihat banyaknya golongan para mahasiswa-mahasiswi yang menyuarakan aspirasi mereka untuk aksi protes terhadap RUU KUHP baru oleh anggota DPR.

Tetapi, tidak semua orang berpikiran demikian terhadap postingan meme ini. Salah satunya adalah pihak Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menganggap postingan Ujian Chunin sebagai provokasi.

Ujian Chunin Pemicu Anak STM Dan Anak Sekolah Lainnya Ikut Demo

Bagi KPAI, postingan bergambar Ujian Chunin dianggap sebagai pemicu anak STM ikut demo bersama mahasiswa-mahasiswi di Gedung DPR.

Kemudian, pihak KPAI meminta kepada Kepolisian dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengusut masalah ini dengan serius.

Selain itu KPAI mendesak agar pihak polisi dan Kemenkominfo untuk mencari tahu pembuat sekaligus penyebar postingan bergambar Ujian Chunin yang telah memprovokasi para siswa STM.

Tanggapan Resmi Dari KPAI

(Sumber: Kompas)

Dilansir dari situs Suara, Komisioner Bidang Pendidikan KPAI yaitu Retno Listyarti di kantor KPAI memberikan tanggapannya mengenai postingan Ujian Chunin.

Retno meminta kepada Kominfo dan Cyber Crime Mabes Polri untuk melacak undangan aksi pelajar ke DPR. Pihak penyebar postingan Ujian Chunin harus dimintai tanggung jawab atas perbuatannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dianggap Serius, Baik Dari Pihak KPAI Maupun Para Anak Sekolah

Postingan Ujian Chunin terlalu dianggap serius oleh beberapa anak STM dan diluar dari sekolah tersebut. Jika saja mereka bisa tenang dan tidak terprovokasi, KPAI pasti tidak perlu turun tangan seperti ini.

Mari kita doakan saja masalah KPAI terhadap provokasi Ujian Chunin mengakibatkan anak-anak STM maupun dari sekolah lain yang ikut demo di DPR bisa cepat selesai.

Dan mereka pun bisa melanjutkan kegiatan sekolah mereka untuk menuntut ilmu. Agar kedepannya Indonesia bisa mendapatkan generasi yang lebih baik dibandingkan saat ini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.