Marak Artis Pamerkan Saldo Bank 1M, Ditjen Pajak Siap Ciduk!

Banyaknya artis yang memamerkan jumlah saldo banknya yang mencapai miliaran rupiah membuat ditjen pajak 'terpicu' untuk memantau mereka.

Ditjen pajak mengawasi artis yang memiliki saldo bank miliaran
Nawala Karsa - Ilustrasi Ditjen Pajak Siap Menagih Pajak Pada Artis Yang Memiliki Saldo Bank Hingga Miliaran Rupiah.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa belakangan ini sedang viral para artis memamerkan saldo bank mereka mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Namun siapa sangka bahwa trend tersebut dapat ‘memancing’ Ditjen Pajak untuk menagih pajak pada masyarakat yang memiliki saldo miliaran rupiah di banknya.

Dikutip dari Kompas, Direktur Jendral (Ditjen) Pajak Suryo Utomo mengatakan, dalam proses mengambil pajak, otoritas fiskal tidak memandang dari mana asal seseorang mendapatkan pendapatan wajib pajak berasal. Apabila orang tersebut memiliki pendapatan di Indonesia di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) atau sebesar 54 juta rupiah per bulan, maka diwajibkan untuk membayar pajak.

Youtuber, kalau dia orang Indonesia, dapat penghasilan di Indonesia, atau pun dia penjual online, penjual di pasar, selama di atas PTKP dia wajib bayar PPh (Pajak Penghasilan) secara self assesement,” ujar Suryo. Ia menambahkan bahwa jika para selebriti tersebut tidak bersedia untuk membayar pajak, pihak Ditjen Pajak (DJP) telah memiliki data-data perbankan selebriti dengan saldo diatas satu miliar rupiah.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Automatic Exchange of Information (AEoI) yang terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39 tahun 2017 tentang Tata Cara Pertukaran Informasi. “Kalau enggak setor, bisa dilihat datanya di Pak Irawan (Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP), ada atau enggak,” tambahnya.

Maraknya Artis Memamerkan Jumlah Saldo Bank!

artis pamer saldo atm
Artis Pamer Saldo ATM (Tribun Pontianak)

Belakangan ini banyak artis memamerkan saldo bank yang ada di rekening milik mereka dengan jumlah nominal ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Dikutip dari Tribun Pontianak, diketahui artis yang pertama kali melakukan aksi pamer tersebut adalah Barbie Kumalasari di akun YouTube Uya Kuya. Yang kemudian diikuti oleh artis lainnya seperti Raffi Ahmad, Ria Ricis, Nikita Mirzani, dan artis lainnya.

Melihat hal itu, Tamara Bleszynski mengkritik mereka yang memamerkan jumlah saldo ATMnya. Awalnya Tamara hanya memasang emotikon jempol ke bawah, yang diteruskan oleh komentar berikut.

“Bangga dgn menunjukan saldo ATM dan pihak2 yg menyiarkan Saldo Atm2 org adalah (emotikon jempol ke bawah),” tulisnya di akun resmi Instagramnya.