Gila! Ufotable Dipastikan Gelapkan Pajak Sebanyak 400 Juta Yen!

JEPANG – Dilaporkan oleh Weekly Bunsen seperti yang dikutip dari Livedoor, studio Ufotable dipastikan melakukan penggelapan pajak. Pajak yang digelapkan tidak tanggung-tanggung, sebab, terdapat 400 juta Yen yang digelapkan oleh studio produksi anime Fate/Stay Night ini.

Sebelumnya Weekly Bunsen melaporkan bahwa telah terjadi dugaan penggelapan pajak di studio tersebut. Menurut survei ‘Gasashi’ dari Biro Perpajakan Regional Tokyo yang dimulai dari tanggal 12 Maret lalu, telah ditemukan bukti bahwa telah terjadi penggelapan dana melalui badan amal terkait kegiatan lelang amal untuk gempa Tohoku di tahun 2011. Pelanggaran tersebut dapat dikenai hukuman penjara lebih dari 10 tahun.

Biro Perpajakan melakukan pencarian di kafe milik Ufotable di Kōenji dan Tokushima, serta studio animasi di Shimoigusa, di Suginami, Tokyo. Menurut laporan itu, Hikaru Kondo, pendiri perusahaan, wakil direktur dan presiden Ufotable diduga langsung menerima sebagian dari pendapatan yang diperoleh dari penjualan barang studio.

Kondo Sempat Berdiam Diri di Rumahnya!

Masih dari sumber yang sama, dikabarkan bahwa Kondo sempat bersembunyi di rumahnya selama beberapa hari saat laporan penyelidikan dibeberkan dan tengah berkonsultasi dengan para pengacaranya hampir setiap hari. Namun kabarnya, ia telah kembali melakukan aktifitasnya seperti biasa di studio Suginami, Tokyo, dua minggu lalu.

Dilansir dari Anime News Network, Kondo mendirikan Ufotable pada tahun 200, dan studio ini sendiri dikenal karena memproduksi anime Fate, termasuk Fate/Stay Night. Di tahun 2019, film karya Ufotable yaitu Fate/Stay Night: Heavens Feel II tengah ditayangkan di bioskop CGV di seluruh Indonesia.

Ufotable Fate
Seri Fate yang diproduksi Ufotable

Perusahaan ini sendiri juga menjual berbagai barang dan merchandise dari seluruh anime yang telah mereka produksi, dan tengah menjalankan sejumlah kafe di sejumlah kawasan di Jepang yang juga menjual merchandise tersebut. Ufotable sendiri juga mengelola suatu event anime di kawasan Tokushima, yaitu Machi Asobi. Gelaran tersebut telah dihadiri hingga 1 juta pengunjung sejak digelar pada tahun 2009.

Kini, hingga menunggu waktu saja. Apakah nantinya Ufotable akan dihukum berat hingga menutup studio mereka? Ataukah mungkin akan ada kata ‘damai’ dalam hal tersebut? Kita liat saja nanti.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.