Broadcasted by Galau Jikan FM

Kimetsu no Yaiba Masuk Daftar Gendai Yougo no Kiso Chishiki 2020

Nadia Theresa Johari
Gendai Yougo no Kiso Chishiki 2020

Penerbitan Jiyuu Kokuminsha rutin menggelar sebuah acara tahunan bertajuk “Gendai Yougo no Kiso Chishiki”. Acara ini memiliki arti “Kata-kata yang Harus Diketahui dalam Masyarakat Modern” dan memberikan penghargaan kepada sejumlah buzzword atau kata populer yang ada di Jepang. Salah satu daftar yang masuk di Gendai Yougo no Kiso Chishiki adalah Kimetsu no Yaiba!

Kimetsu no Yaiba Masuk Daftar Gendai Yougo no Kiso Chishiki 2020

Pada 2020, Jiyuu Kokuminsha telah menyusun peringkat Top 10 Kata-Kata Terpopuler yang muncul dalam budaya populer tahun 2020 di Jepang. Beberapa kata yang ada dalam daftar ini adalah kata-kata yang berhubungan dengan pandemi COVID-19 di Jepang, tapi ada beberapa kata lainnya yang hadir karena kesuksesannya, seperti anime Kimetsu no Yaiba dan gim Animal Crossings dari Nintendo.

Berikut adalah daftar kata-kata yang masuk dalam peringkat Top 10 Kata-Kata Terpopuler dari penerbit Jiyuu Kokuminsha.

10. Fuwa-chan

Fuwa-chan

Fuwa-chan adalah seorang YouTuber dan kreator konten asal Jepang yang baru-baru ini terkenal dengan konten-kontennya di kanalnya, Fuwa-chan TV, dan telah memperoleh 750.000 subscribers. Fuwa-chan mulai terkenal ketika namanya sempat disebutkan oleh Rino Sashihara, mantan anggota grup AKB48, sebagai seorang komedian yang ia yakini dapat sukses di masa depan.

9. Solo Camp

Solo Camp

Sesuai dengan arti katanya, solo camp adalah kegiatan berlibur dan berkemah sendirian alih-alih mengajak teman. Ini merupakan salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan sembari menjaga jarak dan meredam penyebaran COVID-19 di Jepang. Situs-situs perkemahan di Jepang juga mulai menyediakan peralatan berkemah untuk mendukung tren ini.

8. Go To Campaign

Go To Campaign

Go To Campaign merupakan sebuah kampanye yang diadakan oleh pemerintah Jepang untuk membangkitkan kembali ekonomi Jepang di masa pandemi. Kebijakan ini terutama berlaku dalam industri hiburan, kuliner, dan pariwisata Jepang. Tiga kegiatan utama dalam kampanye ini adalah Go To Travel, Go To Eat, dan Go To Event.

7. Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba

Serial manga yang digarap oleh Koyoharu Gotouge menjadi salah satu serial manga yang paling populer di Jepang saat ini. Dengan penjualan volume manga yang fantastis dan juga kesuksesan film animenya, Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen, judul Kimetsu no Yaiba pun jadi dikenal masyarakat Jepang.

6. Online something something / Online maru maru

Online something something Online maru maru

Kata online something something atau online maru maru merupakan sebuah frasa yang digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan secara daring selama masa pandemi. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa acara yang informal seperti minum-minum atau acara formal seperti wawancara kerja.

5. Amabie

Amabie

Amabie adalah sebuah makhluk mitologi Jepang yang pertama kali muncul pada era Edo. Makhluk mitologi ini sempat kembali populer di Jepang setelah merebaknya pandemi di Jepang. Dikatakan bahwa Amabie dapat memprediksi panen berlimpah dan wabah penyakit (pandemi).

4. Abe no Mask

Shinzo Abe no Mask

Dalam posisi keempat, ada kata populer Abe no Mask. Abe no Mask sendiri merujuk pada kebijakan yang diberlakukan oleh mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yaitu memberikan masker kepada setiap rumah tangga di Jepang.

3. Animal Crossing: New Horizon

Animal Crossing New Horizon

Siapa yang tidak tahu gim Animal Crossings: New Horizon? Gim yang dirilis oleh Nintendo pada Maret 2020 ini banyak menarik hati para gamer karena ilustrasinya yang menggemaskan. Gim ini juga menjadi populer dan sempat dijadikan banyak meme oleh para warganet.

2. Crash Landing on You

Crash Landing on You

Drama Korea yang sempat populer juga di Indonesia, Crash Landing on You, meraih posisi kedua dalam daftar ini. Drama yang bercerita tentang kisah cinta seorang pengusaha fashion kaya raya dari Korea Selatan dengan seorang tentara dari Korea Utara ini rupanya juga menjadi salah satu drama yang populer di Jepang dengan judul Ai no Fujichaku (愛の不時着).

1. Social Distancing / Sanmitsu (3密)

Social Distancing Sanmitsu3密

Dalam posisi pertama, ada social distancing atau sanmitsu, yaitu tiga larangan dari pemerintah setempat yang bertujuan untuk meredam penyebaran COVID-19 di Jepang (kalau di Indonesia, mungkin sama dengan 3M). Sanmitsu ini terdiri dari mippei (himbauan untuk memperhatikan sirkulasi udara dalam ruangan), misshuu (dilarang berkerumun), dan missetsu (dilarang berdekat-dekatan dan selalu menjaga jarak).

Nah, inilah ke-10 kata populer yang termasuk dalam daftar Gendai Yougo no Kiso Chishiki tahun 2020. Dengan melihat kata-kata ini saja, kita dapat tahu apa saja yang populer di Jepang pada tahun 2020 dan dapat menjadi pengetahuan mengenai sebenarnya apa saja yang terjadi di 2020.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.