Jika kalian baru bermain GTA Online dari Rockstar Games, kalian pasti suka dengan tentang bisnis di GTA Online. Bisnis merupakan salah satu metode bagi pemain untuk mendapatkan uang yang banyak di GTA Online. Namun, salah – salah beli, bisnis bisa jadi investasi yang merugikan bagi pemain baru. Jangan khawatir, saya akan merekomendasikan urutan tips cara bisnis GTA Online bagi pemain baru!

Tips Cara Bisnis GTA Online: Office (Vehicle Warehouse)

tips bisnis gta online

Properti bisnis yang kalian harus beli pertama kali ika uang kalian sudah cukup adalah office. Belilah office yang paling murah karena lokasinya tidak begitu berpengaruh.

Jika kalian memiliki GTA Online Criminal Enterprise Starter Pack, kalian akan mendapatkan office secara gratis. Setelah membeli office, akses komputer kalian dan belilah vehicle warehouse (yang paling murah tidak masalah). Jika kalian tidak memiliki uang, tidak perlu upgrade office dan warehouse karena fungsinya tidak terlalu penting dan kebanyakan adalah kosmetik.

Setelah membeli vehicle warehouse, kalian sekarang bisa melakukan misi import/export. Intinya, kalian akan diberikan misi untuk mencuri satu mobil dengan kualitas acak (standard, middle, top range) dan kalian harus membawanya ke warehouse. Setelah itu, kalian bisa melakukan modifikasi pada mobil tersebut di warehouse kalian dan menjualnya dengan harga yang cukup mahal.

Tips Bisnis GTA Online untuk Office:

  • Top range vehicle memiliki profit margin yang cukup tinggi. Untuk memastikan kalian mendapat misi dengan vehicle top range, simpan 10 standard range dan 10 middle range vehicle di warehouse kalian dan jangan kalian jual.
    Kemungkinan kalian mendapatkan top range vehicle akan melonjak tajam.
  • Jika kalian menjual mobil, pastikan pilih upgrade dengan biaya paling tinggi, karena profit yang dihasilkan juga semakin tinggi.
  • Jangan bermain di lobi solo saat menjual, pastikan ada minimal 1 orang lain di lobi. Ini dikarenakan kalian akan diserang oleh NPC saat menjual mobil tersebut.
    Hal ini bisa dihindari jika kalian memiliki helikopter cargobob untuk membawa mobilnya via udara.

Tips Cara Bisnis GTA Online: Bunker

tips bisnis gta online

Bunker merupakan salah satu bisnis pasif terbaik di game GTA Online. Bunker juga merupakan bisnis yang solo-friendly.
Pastikan kalian melakukan upgrade pada business staff dan equipment untuk bunker (security tidak usah jika tidak punya uang). 

Warning: Jika kalian mendapat Bunker gratis dari criminal enterprise, jangan upgrade bunker itu. Posisinya sangat jauh dan tidak efektif untuk menjual ke kota dan kemungkinan kalian tidak akan bisa menyelesaikan misi delivery-nya. Tabunglah sedikit uang dan belilah Chumash Bunker karena lokasinya yang mudah untuk delivery ke kota.

Tips Bisnis GTA Online untuk Bunker:

  • Jika kalian belum melakukan upgrade staff dan equipment, kalian bisa melakukan steal supply untuk mengisi supply bunker kalian. Namun, jika bunker kalian sudah di upgrade, pertimbangkanlah untuk membeli supply karena waktu yang kalian hemat bisa kalian gunakan untuk hal lain seperti VIP work.
  • Full bar supply akan menghasilkan 2 bar stock untuk dijual, usahakan stock kalian tidak pernah lebih dari 2 bar jika bermain solo. Ini dikarenakan kalian akan mendapatkan lebih dari 1 kendaraan untuk delivery jika stock kalian melebihi 2 bar.
    Stock supply lebih dari setengah full juga menambah kemungkinan bunker kalian untuk diserang.

Motorcycle Club

MC Bisnis merupakan bisnis yang cukup bagus terutama jika kalian memiliki teman bermain. Kalian diharuskan memiliki motorcycle club sebelum bisa membeli bisnisnya (bisa kalian dapatkan gratis dengan criminal enterprise starter pack). Berikut rekomendasi dan tips untuk memilih bisnis MC.

Tips Bisnis GTA Online untuk Motorcycle Club:

  • Pastikan kalian membeli bisnis Coke > Meth > Cash Counterfeit secara berurut dan upgrade semuanya (kecuali security). Jika kalian belum upgrade, kalian bisa melakukan steal supply sampai kalian bisa upgrade dan kemudian belilah supply untuk memproduksi stock.
  • [HIGHLY RECOMMENDED] Belilah lokasi bisnis coke, meth, dan cash kalian di sekitar lokasi Sandy Shores atau Alamo Sea. Pastikan semua bisnis kalian berlokasi di bagian atas peta dan semuanya berdekatan.
    Ini dikarenakan kalian bisa menjual stock kalian dengan lebih mahal ke sisi bagian map lain (Jika kalian menjual dari Sandy Shores, maka kalian  mendapat harga mahal jika menjual ke kota bagian bawah, dan jika bisnis kalian di kota, kalian akan mendapat harga mahal jika menjual ke Sandy Shores atau Paleto Bay bagian atas).
    Dan mengingat geografis dari peta, delivery dari Sandy Shores ke kota lebih mudah dibanding dengan kalian mengirim bisnis kalian dari kota ke lokasi bagian atas peta.
  • Pastikan kalian memiliki teman untuk membantu menjual stock dikarenakan banyak dari misi motorcycle club memiliki delivery vehicle lebih dari 1.

Nightclub 

bisnis gta online

Nightclub merupakan bisnis end game, alias bisnis yang kalian beli setelah kalian sudah memiliki banyak bisnis lain. Ini dikarenakan selain biaya upgrade-nya yang cukup mahal, kalian tidak akan mendapat uang yang maksimal jika kalian hanya memiliki nightclub tanpa bisnis lain.

Nightclub mengandalkan produksi dari bisnis MC kalian serta bisnis office kalian untuk menghasilkan produksi stock. Lakukan equipment upgrade dan staff upgrade, lalu beli semua technician dan assign ke masing masing bisnis yang kalian punya.

Tips Bisnis GTA Online untuk Nightclub:

  • Tidak usah terlalu memperdulikan night club popularity, ini dikarenakan pemasukan utama kalian yang besar adalah dari penjualan stock. Sedangkan penghasilan dari nightclub popularity bisa terbilang kecil.
  • Jika kalian sudah meng-upgrade seluruh staff, equipment, serta technician dan memiliki banyak bisnis lain, nightclub dapat menghasilkan uang hanya dengan kalian log in dan AFK.

Itulah panduan bisnis di GTA Online untuk kalian yang baru saja memainkan game ini!

Nawala Karsa NK Kurio