Baru-baru ini ramai diperbincangkan gambar yang diklaim dapat merusak ponsel Android jika gambar tersebut dipasang sebagai wallpaper.

Dikutip dari Android Central. Gambar tersebut memang terlihat seperti foto pemandangan pada umumnya, dengan danau yang dikelilingi pegunungan, pepohonan, dan bertepatan dengan momen matahari terbenam.

Tapi jangan tertipu dengan keindahan gambar tersebut, karena selidik punya selidik, gambar tersebut dapat merusak pengguna ponsel Android.

Berawal saat akun Twitter @UniverseIce mengunggah gambar tersebut disertai dengan caption yang menjelaskan bahwa gambar tersebut dapat merusak ponsel Android, khususnya pengguna ponsel Samsung.

Alhasil tidak sedikit netizen khususnya pengguna Android yang memakai ponsel Samsung dengan sengaja mengunduh dan menyetel gambar tersebut sebagai wallpaper,  yang dalam waktu singkat mereka tidak bisa menggunakan ponselnya dikarenakan system android UI pada ponselnya mengalami crash.

Ternyata tidak berdampak pada ponsel Samsung saja, bahkan android emulator pun tidak bisa menangani wallpaper “terkutuk” ini.

Tapi jika sebelumnya gambar tersebut diedit lebih dulu ataupun hanya meng-screenshot gambar tersebut lalu screenshot tersebut dijadikan sebagai wallpaper, maka gambar tersebut tidak akan membuat ponsel crash.

Tips Jika Terlanjur Menyetel Gambar Tersebut Sebagai Wallpaper

Namun tetap waspada ketika ada seseorang menawarkan kalian untuk memakai wallpaper tersebut karena saat ini rawan dijadikan konten prank. Ada beberapa tips bagi kalian yang sudah terlanjur memasang gambar tersebut sebagai wallpaper.

  1. Jika ponsel kalian masih bisa di-boot ke safe mode, kalian memiliki waktu yang cukup untuk mengubah setelah wallpaper tersebut
  2. Kalaupun ponsel kalian sudah tidak bisa masuk safe mode tapi memiliki fitur custom recovery, kalian bisa memakai fitur tersebut, namun tidak semua ponsel memiliki fitur tersebut. Tapi jika ponsel kalian menggunakan custom ROM atau telah di-root, kemungkinan sudah ter-install sehingga cukup memakai fitur tersebut lalu paksa wallpaper untuk di-reset ke mode default
  3. Jika semua cara diatas gagal, masuk mode bootloader dan lakukan factory reset.

Penjelasan Dibalik Wallpaper “Terkutuk”

Dikutip dari Android Authority, ada penjelasan mengapa gambar tersebut dapat membuat ponsel Android crash jika disetel sebagai wallpaper.

Berdasarkan wawancara Android Authority bersama Davide Bianco, salah satu dari pengembang POSP Custom ROM Project menjelaskan bahwa:

Masalah utama di sini adalah System UI hanya bisa meng-handle gambar dengan warna RGB saja. Sehingga jika memakai gambar dengan warna selain RGB sebagai wallpaper, akan mengakibatkan crash pada “ImageProcessHelper class”, variabel yang digunakan untuk mengakses suatu array yang melewati batas array.

Kabar baiknya, gambar tersebut tidak akan mempengaruhi sistem operasi Android 11 yang akan segera diumumkan tahun ini.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio