Media Nusantara Citra (MNC) akan menghadirkan inovasi terbaru untuk belanja dari rumah. MNC akan menghadirkan kode QR berbasis QRIS (QR Code Indonesian Standard) yang dapat dipindai untuk berbelanja selama iklan.

Cara Kerja QRIS di Layar MNC

MNC akan hadirkan QRIS di layar untuk solusi belanja di rumah saat iklan

MNC akan menaruh kode QR di layar selama iklan suatu produk di seluruh stasiun televisi terestrialnya (RCTI, MNCTV, GTV, iNews). Kode QR tersebut akan diarahkan ke layanan jual beli yang disediakan.

Untuk pembayarannya, pengguna dapat menggunakan sejumlah layanan e-money yang mendukung QRIS seperti SPIN, layanan e-money milik grup MNC. Selain itu, layanan serupa seperti GoPay, OVO, DANA dan LinkAja juga dapat digunakan.

Akan Hadir di Terestrial dan RCTI+

rcti+

MNC merencanakan inisiatif penayangan QRIS saat iklan dapat diterapkan di stasiun televisi terestrialnya pada bulan ini.

Selain di layar televisi terestrial, konsep belanja ini juga akan diterapkan di aplikasi RCTI+. QRIS direncanakan muncul di aplikasi tersebut pada kuartal ketiga tahun ini.

Tayangkan QRIS di Iklan, Dari Mana MNC Ambil Untung?

Inisiatif iklan teranyar seperti ini tentu saja menjadi sumber pendapatan baru bagi MNC. Lantas, bagaimana cara mereka mendapatkan penghasilan?

MNC akan mendapatkan database dan analitik, karena MNC mengendalikan seluruh traffic end to end. QRIS akan dibebankan premi kepada pengiklan dan bagi hasil pendapatan akan diterapkan untuk setiap produk yang terjual.

Pendapatan Iklan MNC Meroket Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 memberi keuntungan bagi MNC. Beralihnya pola periklanan dari luar ruang ke layar kaca membuat pendapatan iklan MNC mencapai Rp 1,81 triliun pada kuartal pertama 2020, tumbuh 3% dibanding kuartal pertama tahun 2019.

Sumber pendapatan MNC tidak hanya pada layar televisi saja. Grup usaha milik Harry Tanoesudibyo ini juga mendapat penghasilan dari layanan digital.

Bisnis Multichannel Network (MCN) milik grup MNC berhasil menarik lebih dari 3 miliar views dan 29 juta subscribers dalam 8 bulan beroperasi. Sementara itu, MNC telah mencapai kesepakatan iklan dengan Facebook yang akan membuat pundi iklannya semakin gemuk di tahun ini.

Nawala Karsa NK Kurio