Setelah 30 tahun lamanya berdiri, akhirnya McDonald’s Sarinah Thamrin berhenti operasionalnya. berikut juga akan dijelaskan sejarah singkat tentang McDonald’s pertama di Indonesia ini.

Dari laman Facebook McDonald’s Indonesia, memberi kabar kalau McDonald’s Sarinah Thamrin akan berhenti secara permanen pada tanggal 10 Mei 2020 pada jam 22:05 WIB.

Alasan pemberhentian salah satu restoran McDonald’s ini karena permintaan dari manajemen gedung Sarinah yang akan segera merenovasi dan merubah strategi bisnisnya. Pihak McDonald’s akan merelokasi tempat bekerja para karyawannya tersebut ke berbagai restoran McDonald’s.

Postingan McDonald's Indonesia

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana,” Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia dilansir dari Kumparan, (8/05/2020).

Sejumlah Reaksi Netizen Mengenai Penutupan Restoran McDonald’s Sarinah

Netizen Indonesia sangat menyayangi penutupan McDonald’s pertama ini. Dan tidak dipungkiri juga McDonald’s yang pertama di Indonesia ini menyimpan sejuta kenangan mereka yang pernah mampir ke restoran tersebut.

Saya kecil dan besar di jakarta..
dulu saya waktu kecil sepulang jalan2 dari kota tua atau monas sm orang tua, selalu mampir ke mcd di sarinah. dengan adanya bnyk mainan2 anak2 waktu itu, sehabis makan dri situ sy selalu bawa plg souvenir mcd,..
mksh bnyk mcd, kamu membuat masa kecil sy bahagia ❤️

-Ricky Lim

tempat makan yg nyaman asik aelalu rame krn 24 jam.. dan rmh saya di sebrang sarinah thamrin ( rumah susun kebon kacang ). pulang sekolah SD selalu mampir beli ice cone sm temen2.. ningkring dr siang sampe sore… hampir setiap hari ke MCD.. skrg di tutup permanen.. 😢😢

-Githa Bayanangka Hanggono

Wuih.. McD pertama di Indonesia?? Harusnya wajib dilestarikan tu.. Pasti banyak kenangan yg ada disana..

-Sugeng

Inget waktu kecil makan disini setiap abis main ke monas atau olahraga di senayan waktu dulu msh tgl di Benhil, dan seneng banget bisa beli ice cream cone yg baru launching klo ga salah waktu itu harganya Rp 500..

-Poetri Kurniawan Agustine

Sejarah Singkat Restoran McDonald’s Pertama di Indonesia

Restoran ini berdiri tepatnya pada tanggal 23 Februari 1911 di gedung Sarinah Thamrin Jakarta Pusat. Pada awalnya McDonald’s ini didirikan melalui kerjasama antara Bambang Rachmadi pengusaha Indonesia dengan McDonald’s. Saat itu Bambang Rachmadi berhenti dari jabatannya Presiden Direktur Panin Bank dan ingin menjadi wiraswasta.

Baru pada 3 Juni 2009, hak waralaba McDonald’s Indonesia pindah tangan dari PT Bina Nusa Rama milik Bambang Rachamadi ke PT Rekso Nasional Food yang merupakan anak perusahaan Rekso Group. Oleh karena itu pada tanggal 1 Oktober 2009, McDonald’s Sarinah Thamrin berubah menjadi TonyJack’s  diikuti dengan 12 gerai lainnya yang dimiliki Bambang Rachmadi. Pada tahun 2011, McDonald’s Sarinah Thamrin buka kembali karena TonyJack’s tutup dan tempatnya ditenderkan untuk McDonald’s.

Nawala Karsa NK Kurio