Pada hari Jumat lalu (6/11), kreator serial kartun animasi Scooby-Doo, Ken Spears, meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Brea, California, Amerika Serikat. Berita ini membuat para penggemarnya sedih dan turut berduka.

Kreator Kartun Terkenal Scooby-Doo Ken Spears Meninggal Dunia

Dilansir dari The Hollywood Report, anak lelaki mendiang, Kevin, mengatakan bahwa sang ayah meninggal dunia karena komplikasi dari penyakit Lewy body dementia yang dideritanya.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Warner Bros. Animation and Cartoon Network Studios, Sam Register, turut mengungkapkan belasungkawa. “Warner Bros. Animation merasa sedih setelah mengetahui kabar berpulangnya Ken Spears dan kami mengirimkan pemikiran terhangat kami kepada orang-orang yang dicintainya,” kata Register.

Sosok Inovator Dalam Dunia Animasi Kartun

Register juga mengungkapkan bahwa Ken Spears merupakan “inovator sejati” yang memiliki talenta dalam menyebarkan tawa dan menceritakan sebuah kisah serta menggunakan itu untuk terus menghibur penonton.

“Anda tidak dapat menemukan sebuah layar di dunia yang tidak pernah menayangkan sebuah versi dari Scooby-Doo,” tambah Register. “Kami terus terinspirasi oleh karya-karyanya di Warner Bros. Animation dan merasa terhormat untuk meneruskan warisan dari para karakter yang dicintainya.”

Tentang Ken Spears

Lahir dengan nama lengkap Charles Kenneth Spears pada tanggal 12 Maret 1938, Ken Spears merupakan seorang penulis acara televisi, produser, dan editor suara asal Amerika. Ia dikenal sebagai co-creator berbagai serial animasi terkenal, termasuk Scooby-Doo, bersama dengan partner kreatifnya, Joe Ruby.

Kariernya sebagai editor suara dimulai ketika Spears mulai bekerja di perusahaan milik ayahnya, yaitu Hanna-Barbera Productions. Di sana, ia bertemu dengan Joe Ruby dan mereka memulai kerja sama sebagai penulis untuk beragam program televisi, baik animasi dan live action, yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

kreator scooby doo meninggal

Spears dan Ruby merancang serial franchise Scooby-Doo dan para karakter dalam acara tersebut pada tahun 1960-an. Program pertama dari Scooby-Doo, Scooby-Do, Where Are You!, ditayangkan pada September 1969 di saluran televisi CBS. Meskipun program original Scooby-Doo ini hanya bertahan selama dua musim, serial ini pun jadi terkenal. Dan tentus saja program kartun ini memiliki banyak follow-up yang terus muncul hingga hari ini.

Selain Scooby-Doo, Spears dan Ruby juga menciptakan berbagai program animasi lainnya seperti Fangface, The Plastic Man Comedy-Adventure Hour. Selain itu dirinya juga turut partisipasi dalam program animasi terkenal Alvin and the Chipmunks dan juga adaptasi dari komik Superman. Spears dan Ruby mengerjakan berbagai program animasi di berbagai studio, dan kini karya-karya mereka telah dikompilasikan menjadi DVD dan dapat dinikmati dalam platform digital.

Nawala Karsa NK Kurio